Loading...

7 Tips Mengatasi Rasa Malas di Hari Libur

Penulis: Amanda Rubrik: Wanita

7 Tips Mengatasi Rasa Malas di Hari LiburTERUSKAN.COM – Bagi Anda yang memiliki aktivitas padat di setiap harinya, mungkin hari libur adalah hari yang paling ditunggu-tunggu, karena di hari itulah Anda dapat terlepas sejenak dari beban pekerjaan seperti biasanya.

Tak jarang pula di hari libur, orang memilih bermalas-malasan seperti bangun siang, menonton TV seharian, atau menghabiskan waktu di tempat tidur dan lain sebagainya.

Padahal, jika Anda masih berusia produktif, sebaiknya tidak bermalas-malasan karena tidak akan memberi manfaat positif.

Loading...

Mau tahu cara untuk berhenti bermalas-malasan di hari libur? Ini dia ulasannya.

1. Jangan Tidur Seharian

Yang paling banyak dilakukan orang di hari libur adalah tidur-tiduran seharian. Memang rasanya tidak ada yang lebih nyaman dari hal yang satu ini, namun tidur-tiduran seharian merupakan salah satu kebiasan buruk yang patut Anda ubah.

Pada dasarnya, tidur 7 hingga 8 jam saja cukup untu mengganti energi Anda, sehingga melanjutkan tidur setelah jam tersebut sangat tidak sehat.

2. Bersih-bersih

Salah satu hal yang dapat Anda lakukan setelah bangun tidur dan ingin berhenti bermalas-malasan adalah dengan membereskan tempat tidur.

Hal ini biasanya membuat seseorang akan segera melakukan aktivitas lainnya yang lebih bermanfaat dan membuat badan bergerak.

3. Berpakaian dan Sarapan

Setelah bangun pagi, usahakan langsung mandi, berpakaian dan sarapan. Terus-menerus di tempat tidur biasanya akan melewatkan waktu sarapan Anda yang sangat bermanfaat.

Dengan berpakaian dan sarapan, Anda dapat memiliki energi lebih untuk melakukan kegiatan lainnya yang lebih bermanfaat daripada malas-malasan.

4. Rencanakan Kegiatan Lebih Awal

Jika Anda tahu bawa esok hari adalah hari libur, sebaiknya rencanakan segera kegiatan apa yang ingin Anda lakukan.

Hal ini untuk menghindari kekosongan ide atau rencana di hari libur yang biasanya berakhir dengan malas-malasan saja di rumah.

Rencanakan dengan matang apakah Anda ingin menghabiskan hari libur dengan keluarga atau kerabat.

5. Berolahraga atau Melakukan Gerakan Ringan

Jika Anda super sibuk, mungkin jarang-jarang Anda menemukan waktu yang lowong untuk berolahraga.

Karena itu jika Anda memiliki hari libur, isi dengan kegiatan olahraga seperti pergi ke tempat fitnes, atau lakukan gerakan-gerakan ringan seperti berjalan di sekitar rumah, yoga di rumah dan lain sebagainya.

6. Tetaplah Produktif

Terutama bagi Anda yang berusia muda, isilah hari libur Anda dengan kegiatan-kegiatan yag produktif seperti menjalankan hobi Anda dan lain sebagainya.

Hal ini dimaksudkan agar manfaatnya juga dapat Anda rasakan, seperti bertambahnya pengalaman dan wawasan. Selain itu, masa muda begitu sia-sia jika dihabiskan dengan malas-malasan saja bukan?

7. Ide-ide Seru

Biasanya orang tidak akan memilih untuk bermalas-malasan jika ada acara atau kegiatan seru yang akan dilakukan.

Anda juga dapat mencobanya dengan mengajak beberap teman atau anggota keluarga beraktivitas seru seperti piknik bersama, masak di rumah dan lain sebagainya.

***

Ternyata tidaklah sulit mengisi hari libur dengan kegiatan atau aktivitas yang jauh lebih bermanfaat daripada sekedar bermalas-malasan saja.

Jadilah orang yang produktif dengan memanfaatkan waktu lebih baik karena Anda sendiri yang akan merasakan manfaatnya.

Have an active holiday!

(photo: http://justindupre.com)