Loading...

7 Cara Melindungi Bulu Mata Anda dari Kerusakan

Penulis: Ulfah Rani Rubrik: Wanita

7 Cara Melindungi Bulu Mata Anda dari KerusakanTERUSKAN.COM – Seperti halnya dengan rambut, bulu mata juga merupakan salah satu bagian tubuh yang dapat rusak bahkan hilang jika tidak diberi perawatan khusus.

Make-up dan praktek kecantikan lainnya dapat memberi pengaruh dan menyebabkan masalah pada bulu mata Anda.

Nah, hal tersebut sebenarnya dapat Anda atasi dengan beberapa cara guna menghindari terjadinya kerusakan pada bulu mata Anda, seperti yang dilansir dari amerikanki berikut ini:

Loading...

Batasi penggunaan maskara

Menggunakan maskara setiap hari secara rutin rupanya dapat berdampak buruk bagi bulu mata, meskipun alasannya masih kurang jelas.

Para ahli kecantikan merekomendasikan kepada para wanita untuk membatasi penggunaan maskara, sesekali bebaskan bulu mata Anda dari produk kecantikan yang sering Anda gunakan.

Penggunaan maskara selama dua puluh empat jam mungkin tetap akan terasa nyaman, tetapi ini bisa sangat merusak bulu mata Anda.

Maka dari itu, sebaiknya carilah maskara yang mengandung vitamin E dan minyak esensial lain yang baik untuk kesehatan bulu mata Anda. Pertimbangkan memakai bulu mata primer, carilah primer yang mengandung pro-keratin.

Dan jangan lupa untuk menghapus maskara sebelum tidur, guna mengurangi kemungkinan rusaknya bulu mata Anda.

Hindari produk maskara yang sudah lama

Jika Anda menggunakan maskara, jangan biarkan penggunaannya lebih dari tiga hingga enam bulan. Maskara tua dapat menjadi sumber bakteri yang bisa mennimbulkan infeksi dan menyerang bulu mata Anda sehingga menyebabkan kerusakan.

Jika Anda tidak dapat menjalani hari tanpa maskara, setidaknya usahakan untuk selalu menggunakan produk baru yang masih segar.

Melembabkan bulu mata

Percaya atau tidak, bulu mata Anda juga membutuhkan kelembaban seperti halnya kulit. Tersedia beberapa produk kecantikan yang dibuat khusus untuk melembabkan bulu mata, tetapi Anda juga dapat membuatnya sendiri.

Minyak jarak, Vaseline, dan Vitamin E adalah bahan penting yang terkandung dalam serum bulu mata. Vaseline sangat efektif untuk melembabkan bulu mata dan mendorong pertumbuhannya menjadi lebih baik.

Kurangi pemakaian bulu mata palsu

Bulu mata palsu bisa menjadikan Anda tampak lebih menawan dan membuat kesan sempurna di mata siapa saja, sayangnya produk ini juga menyebabkan banyak kerusakan pada bulu mata Anda yang sesungguhnya.

Lem yang digunakan untuk menjaga bulu mata palsu dapat menyebabkan iritasi yang dapat mempengaruhi folikel rambut dari waktu ke waktu. Jangan pernah menggunakan bulu mata palsu terutama ketika Anda tidur.

Lentikkan dengan lembut

Jika Anda harus melentikkan bulu mata Anda, lakukan dengan lembut. Cara terbaik adalah untuk menghindari proses pengeritingan bulu mata jika Anda bisa, tetapi jika tidak bisa, usahakan untuk memberikan bulu mata Anda perhatian ekstra dengan menyikatnya secara lembut setiap hari.

Cara ini akan merangsang pertumbuhan dan jagalah agar bulu mata tetap lembab dengan mengoleskan minyak.

Jangan menggosok mata

Jangan pernah menarik-narik bulu mata Anda dan jangan menggosok mata Anda ketika terasa gatal. Dermatologis merekomendasikan bahwa menepuk mata bila terasa gatal akan lebih baik daripada menggosok.

Selain itu, sangat disarankan agar Anda selalu menjaga kebersihan tangan Anda sebelum menyentuh mata, karena bisa saja bakteri menempel pada kulit disekitar mata dan membuat bulu mata Anda menjadi rusak.

Gunakan putih telur

Protein yang besar dalam telur sangat baik untuk kulit dan rambut, termasuk bulu mata Anda.

Campurkan satu putih telur dengan minyak jarak dalam jumlah yang sama, aduk campuran tersebut hingga merata lalu oleskan pada garis bulu mata Anda dan biarkan sampai mengering. Diamkan selama kurang lebih 15 menit lalu bilas dan tepuk mata Anda hingga mengering.