Loading...

Tips Meninggalkan Rumah Saat Mudik

Penulis: Nuzulia Rubrik: Fun, Wisata

Tips Meninggalkan Rumah Saat MudikTERUSKAN.COM – Mudik merupakan tradisi masyarakat Indonesia, terutama saat akan menyambut hari raya.

Musim mudik adalah saat yang dinanti oleh banyak orang, karena pada kesempatan ini seseorang dapat berlibur, mengambil jedah, kembali ke kampung halaman untuk berkumpul bersama keluarga, sahabat, dan handai taulan.

Banyak yang harus dipersiapkansaat hendak mudik. Mulai dari menabung jauh-jauh hari, berburu tiket bagi yang menggunakan alat transportasi umum, apalagi tiket promo, hingga mempersiapkan pernak-pernik lebaran untuk keluarga di kampung halaman.

Loading...

Namun bukan itu saja, ada persiapan yang huga tidak kalah pentingnya, yaitu keamanan rumah yang akan ditinggal mudik. Karena keadaan rumah yang kosong (tidak hanya saat mudik saja) sangat rawan terhadap hal-hal yang negatif, seperti tindak kejahatan ataupun kebakaran.

Apa saja yang harus kita perhatikan sebelum meninggalkan rumah untuk mudik? Berikut ulasannya.

1. Amankan barang berharga

Simpan barang berharga anda seperti perhiasan dan surat-surat penting di tempat yang aman. Jika perlu simpan benda-benda yang berharga tersebut di bank. Namun, jika Anda tidak menyimpan di bank, Anda bisa menitipkannya pada kerabat yang tidak mudik.

2. Nyalakan lampu teras rumah Anda

Kalau perlu pasang lampu bertimer agar tidak menimbulkan kesan bahwa rumah sedang kosong. Berhentilah berlangganan koran sejenak. Koran-koran yang menumpuk di depan rumah bisa menjadi penanda jika rumah sedang kosong dan menarik para pelaku tindak kejahatan.

3. Pastikan semua alat elektronik dan kompor dalam keadaan mati

Cabut kabel televisi, magic jar, komputer, dan alat-alat eletronik lainnya dari stop kontak. Matikan pula adaptor.

Hal ini untuk menghindari terjadi hubungan arus pendek yang dapat menimbulkan kebakaran. Cek sekali lagi kompor gas di dapur Anda sebelum berangkat. Cabut selang regulator dari tabung gas. Bila perlu kosongkan dan matikan kulkas.

Selain untuk keamanan, hal-hal tersebut bisa juga dilakukan untuk menghemat pemakaian listrik.

4. Kunci semua pintu dan jendela

Pastikan semua pintu dan jendela tertutup dan terkunci rapat-rapat. Cek sekali lagi sebelum berangkat.

5. Titipkan rumah pada tetangga dekat

Katakan berapa lama Anda akan mudik. Minta tolonglah pada tetangga Anda untuk sesekali mengecek rumah Anda, kalau perlu minta tolonglah pada tetangga Anda untuk mematikan dan menghidupkan lampu teras agar rumah tak terkesan kosong tak berpenghuni.

6. Titipkan binatang peliharaan Anda

Jika perlu titipkan binatang peliharaan anda di tempat penitipan hewan.

Jika Anda memelihara binatang peliharaan seperti ikan, Anda juga bisa minta tolong pada tetangga dekat Anda untuk sekaligus memberi makan binatang peliharaan Anda.

7. Memasang CCTV

Jika perlu untuk menambah keamanan rumah saat anda tinggalkan mudik, Anda bisa memasang kamera CCTV di rumah anda, agar setiap saat anda dapat memantau kondisi rumah anda. Anda dapat memasang kamera CCTV di halaman depan rumah Anda, ruang tamu, dan kamar tidur.

Semoga bermanfaat!

(photo: www.cancercenterlm.org)