Loading...

4 Tips Berpuasa Bagi Ibu Hamil

Penulis: Nanie Rubrik: Kesehatan, Wanita

TERUSKAN.COM – Puasa adalah ibadah yang wajib dilakukan oleh setiap umat muslim di bulan suci Ramadhan. Umat muslim diwajibkan menahan rasa lapar dan dahaga dari terbitnya fajar hingga terbenamnya matahari.

Bagi orang yang sehat atau tidak berkebutuhan khusus, hal itu tentu bukanlah masalah yang berarti, justru menahan godaan saat berpuasa itulah tantangannya.

Namun bagi seorang ibu yang sedang hamil, tentu akan berbeda. Ada sedikit kendala saat berpuasa karena kebutuhannya. Ibu hamil tidak boleh sampai kekurangan gizi atau kekurangan cairan saat berpuasa karena dapat mebahayakan pertumbuhan janin yang sedang dikandungnya.

Loading...

Oleh karena itu, diperlukan trik-trik khusus agar ibu hamil dapat berpuasa dengan lancar dan tidak mengganggu kesehatannya.

4 Tips Berpuasa Bagi Ibu Hamil

1. Konsultasi dengan dokter

Sebelum memutuskan untuk ikut menjalankan ibadah puasa, seorang ibu hamil sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kandungan atau bidan setempat, tempat si ibu biasa memeriksakan kondisi kandungannya.

Apakah ada masalah atau tidak jika berpuasa? Jika ada gangguan dokter mungkin akan memberikan vitamin atau obat-obatan untuk menguatkan kandungan si ibu selama berpuasa.

Namun, jika gangguan tersebut tidak dapat dielakkan, sebaiknya ditinjau kembali keputusan untuk ikut serta berpuasa.

2. Kurangi aktivitas

Selama menjalankan ibadah puasa, jangan terlalu banyak melakukan aktivitas-aktivitas berat yang dapat menguras energi. Perbanyak waktu istirahat.

Segera batalkan puasa jika merasakan gangguan-gangguan kesehatan seperti sesak napas, keluar keringat berlebihan, lemas, pusing-pusing, muntah-muntah, atau dehidrasi. Sekali lagi, hal ini untuk menjaga kesehatan ibu dan bayi.

Jika ibu hamil tidak diperbolehkan atau sudah mencoba namun tidak sanggup berpuasa, maka dapat mengganti puasa di hari lain.

3. Sahur dengan makanan berprotein dan berlemak

Saat makan sahur, usahakan makan makanan yang banyak mengandung protein dan lemak dalam jumlah yang cukup, seperti protein hewani pada daging ayam, ikan, dan telur.

Dan perbanyak minum air putih. Hal ini untuk menghindarkan ibu hamil dari gangguan dehidrasi saat berpuasa. Konsumsi juga susu untuk ibu hamil untuk mencegah anemia.

Selama berpuasa, usahakan pula banyak makan sayur dan buah. Hal ini menjaga agar asupan gizi untuk ibu hamil tetap seimbang. Lakukan makan sahur menjelang waktu imsak.

4. Berbuka dengan yang hangat dan manis

Saat berbuka puasa, berbukalah dengan minuman hangat dan manis. Hal ini untuk meningkatkan kadar gula dalam darah. Setelah itu, lanjutkandengan makan makanan yang mani-manis yang memang dianjurkan saat berbuka puasa, seperti kolak, kurma, puding, dan lain-lain.

Oh ya, mengonsumsi kurma saat berpuasa bagi ibu hamil dapat mencegah sembelit lho. Jangan sampai berlebihan ya, karena dapat membuat tubuh menjadi lemas, tidak hanya bagi ibu hamil, tapi untuk sebagian besar orang juga.

Makanlah dengan porsi yang cukup, dengan makanan yang memiliki nilai gizi tinggi, yang sesuai untuk menunjang kesehatan ibu hamil.

Selamat menunaikan ibadah puasa!