Loading...

Tips Agar Anak Gemar Membaca

Penulis: Nuzulia Rubrik: Keluarga

Tips Agar Anak Gemar MembacaTERUSKAN.COM – Buku adalah jendela dunia. Ya, pepatah ini benar adanya. Bagaimana tidak? Sebuah buku dapat memberikan aneka ragam informasi yang kita butuhkan.

Tidak hanya itu, majalah dan surat kabar pun memberikan manfaat yang sangat besar. Dengan banyak membaca wawasan kita akan bertambah luas.

Membaca merupakan kegiatan yang sangat mudah karena dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja.

Loading...

Namun, dewasa ini minat baca Orang Indonesia sangat menurun, utamanya pada anak-anak. Anak-anak lebih gemar menonton acara televisi yang belum tentu muatan isinya baik dan sesuai untuk usia mereka.

Selain itu, game dan gadget put sudah menjadi teman mereka dalam menjalani keseharian. Buku hanya menjadi teman saat akan menghadapi ujian saja. Padahal, hal tersebut tidaklah benar.

Orang tua harus berperan aktif agar anak gemar membaca. Namun, tanpa trik-trik tertentu hal ini akan sedikit sulit. Lalu bagaimana agar anak gemar membaca?

1. Menjadi teladan bagi anak

Jadilah contoh bagi putra putri Anda dalam kebiasaan membaca, karena anak akan mencontoh orang-orang yang ada di sekitarnya. Jadi, jangan hanya sekedar menyuruh mereka membaca saja.

Jika Anda mempunyai waktu senggang di rumah, tak ada salahnya membaca sesuatu yang bermanfaat atau sesuai dengan minat Anda. Entah itu buku, surat kabar, maupun majalah. Lakukan hal ini di depan anak-anak Anda agar mereka juga tertarik ikut membaca.

2. Bacakan dongeng sebelum tidur

Membacakan dongeng sebelum tidur pada anak dapat menarik rasa keingintahuan mereka, sehingga mereka akan tertarik untuk lebih banyak membaca. Dan tentunya daya imajinasi dan proses kreatif mereka pun ikut terasah.

3. Berikan buku sebagai hadiah

Memberikan buku sebagai hadiah dapat Anda lakukan ketika anak berulang tahun atau saat anak Anda telah berhasil mencapai atau melakukan sesuatu.

Pilih buku yang menggunakan tata bahasa yang baik, ringan, sesuai dengan usia anak=anak Anda. Bila anak sudah agak besar, Anda bisa mengajaknya mengunjungi toko buku. Anda bisa membebaskan anak untuk memilih bukunya sendiri, namun tetap awasi isi buku yang dipilih oleh mereka. Jangan sampai anak memilih bacaan yang tidak sesuai dengan batasan usianya.

4. Sediakan buku di tempat yang mudah dijangkau anak

Sediakan buku dalam rak atau tempat yang dapat dengan mudah dijangkau oleh anak-anak Anda. Dengan demikian anak Anda dapat dengan mudah mengambil buku saat ingin membaca.

5. Ajarkan sikap yang baik saat membaca buku

Saat anak Anda telah gemar membaca, ajarkan mereka untuk melakukannya dengan cara yang benar. Ajarkan pula untuk membaca buku di tempat dengan penerangan yang cukup. Ajari anak untuk merawat bukunya dengan memberi sampul.

Selain itu ajarkan pula untuk tidak menandai buku dengan melipat halamannya, tetapi dengan menggunakan pembatas buku. Beri tanda bagian penting dengan pensil atau stabilo.

Yuk, budayakan gemar membaca!

(photo: www.all4women.co.za)