Loading...

6 Manfaat Kesehatan dari Cuka Putih

Penulis: Nila Rubrik: Kesehatan

6 Manfaat Kesehatan dari Cuka PutihTERUSKAN.COM – Cuka putih atau vinegar merupakan salah satu bahan masakan yang cukup populer dan pada umumnya mudah ditemukan dan digunakan di hotel-hotel, restoran mewah, cafe, bahkan hingga warung makan biasa di seluruh Indonesia.

Cuka putih dihasilkan dari alkohol yang sudah didistilasi. Rasanya sedikit kecut dan segar sehingga sering dipakai untuk memasak hidangan yang cenderung bersifat asam tetapi segar seperti salad, hidangan dari mie dan seafood.

Namun masih cukup banyak manfaat yang diperoleh dari cuka putih selain untuk menyegarkan rasa masakan yang akan diolah.

Loading...

Berikut adalah 5 manfaat kesehatan yang dapat Anda peroleh dari mengonsumsi cuka putih:

1. Meningkatkan penyerapan kalsium

Cuka putih kaya akan asam asetat. Dan asam asetat, seperti asam lainnya, dapat meningkatkan penyerapan tubuh mineral penting dari makanan yang kita makan.

Oleh karena itu, termasuk cuka sari apel dalam makanan atau bahkan mungkin minum tonik ringan cuka dan air (sampai satu sendok makan dalam segelas air) sebelum atau dengan makanan dapat meningkatkan kemampuan tubuh Anda untuk menyerap mineral penting yang terkunci dalam makanan.

Cuka dapat sangat berguna bagi wanita, yang umumnya memiliki waktu yang sulit mendapatkan semua kalsium tubuh guna menjaga tulang kuat dan mencegah melemahkan, penipisan tulang penyakit osteoporosis.

2. Mengontrol kadar gula darah

Bagi Anda para penderita diabetes tipe 2, cuka putih ampuh mengontrol kadar gula darah agar tetap normal.

Peningkatan kontrol dapat membantu menunda atau mencegah komplikasi seperti kebutaan, impotensi, dan hilangnya rasa pada ekstremitas yang mungkin memerlukan amputasi. Juga, karena orang dengan diabetes akan meningkatkan risiko masalah kesehatan serius lainnya, seperti penyakit jantung, meningkatkan pengawasan diabetes berpotensi juga membantu untuk menangkal kondisi terkait.

3. Menghilangkan racun dari dalam makanan yang Anda konsumsi

Mencuci produk dalam campuran air dan cuka dapat membantu menghilangkan pestisida tertentu, sesuai dengan beberapa penelitian yang telah dipublikasikan. Cuka juga membantu menyingkirkan bakteri berbahaya pada buah-buahan dan sayuran.

Untuk membantu menghilangkan residu yang berpotensi membahayakan, campuran larutan cuka 10 persen dalam 90 persen air (misalnya, campurkan satu cangkir cuka putih dengan sembilan gelas air). Kemudian, masukkan buah atau sayuran ke dalam larutan cuka, rendam sebentar, lalu sekitarkan sebentar dalam larutan. Akhirnya, bilas secara menyeluruh.

4. Membantu menurunkan berat badan

Menambahkan cuka putih ke dalam makanan Anda bisa membantu mengurangi berat badan. Ya, cuka dapat menambahkan rasa pada makanan tanpa menambah kalorinya.

5. Menghilangkan perih pada kulit yang memerah

Terlalu lama berjemur di bawah sinar matahari di siang hari akan menyebabkan kulit Anda menjadi merah dan perih. Namun Anda bisa mengatasinya atau menyembuhkan kondisi buruk ini dengan cara mengoleskan cuka di atas kulit yang perih, tipis-tipis saja secara rutin.

6. Menurunkan kolesterol

Cuka terutama cuka sari apel kaya akan kandungan serat yang membantu Anda untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi di dalam tubuh.

Cuka putih ternyata memiliki khasiat dan manfaat positif untuk kesehatan tubuh anda. Hal ini merupakan cara tradisional yang mudah untuk diterapkan di rumah guna mencegah, mengobati sekaligus menjaga kesehatan tubuh dengan cara murah namun tetap ampuh.

Semoga bermanfaat.

 (photo: bbc.co.uk)