Loading...

Ini Cara Menyeduh Teh yang Tepat

Penulis: Ulfah Rani Rubrik: Kesehatan

Ini Cara Menyeduh Teh yang TepatTERUSKAN.COM – Selain kopi, teh merupakan minuman favorit setiap orang. Minuman tradisional ini tidak hanya menawarkan begitu banyak khasiat kesehatan, namun juga memiliki peran dalam hal kecantikan.

Akan tetapi tahukah Anda bahwa teh sebenarnya tidak boleh diseduh sembarangan? Ada cara tepat yang harus Anda ketahui saat akan menyeduh teh.

Perhatikan suhu air

Kebanyakan orang selalu menyeduh teh sesaat setelah air mendidih. Padahal ada ketentuan-ketentuan yang mungkin belum Anda ketahui.

Loading...

Misalnya saja, saat akan menikmati the hitam, Anda harus menyeduhnya dalam air dengan suhu 100 derajat celcius. Sedangkan teh hijau harus diseduh pada suhu air kurang dari 90 derajat celcius.

Satu hal yang perlu Anda ingat adalah jangan biarkan the diseduh terlalu lama dalam air, karena ini dapat menyebabkan oksigennya berkurang. Jadi ketika air Anda telah mendidih, langsung diangkat, jangan biarkan terlalu lama.

Bersihkan teh

Ini adalah salah satu kiat penting yang harus Anda lakukan ketika ingin menikmati teh, cucilah terlebih dahulu.

Teh sebelum dikemas, terkadang telah mengalami penyimpanan paling tidak selama satu atau dua tahun. Lakukan pencucian pada air seduhan pertama, saat Anda menuang air, buanglah air tersebut.

Anda dapat menikmati teh pada seduhan kedua atau ketiga, karena itulah rasa teh yang paling nikmat. Pada seduhan kedua atau ketiga, kesegaran teh telah kembali dan daunnya telah terbuka. Jadi ingat selalu untuk mencuci the sebelum dinikmati.

Jangan memberi gula

Sebenarnya, para ahli menyarankan untuk menikmati teh tanpa sedikitpun campuran gula di dalamnya. Hal ini dilakukan agar Anda dapat menikmati cita rasa serta aroma dari teh tersebut.

Namun semuanya kembali lagi kepada selera Anda masing-masing, karena penambahan gula tidak akan menyebabkan gangguan kesehatan apapun dalam tubuh Anda.

Perhatikan wadah

Salah satu hal lagi yang harus Anda perhatikan adalah wadah dimana Anda akan menikmati minuman teh.

Dikatakan bahwa wadah berbahan keramik menjadi pilihan terbaik saat menyeduh teh karena keramik tidak akan menimbulkan bau, selain itu rasa teh juga akan semakin nikmat.

Jangan memilih wadah seperti logam karena bahan tersebut dapat mempengaruhi rasa the yang Anda buat.

Cara menyeduh

Ada cara menyeduh teh yang perlu Anda ketahui, saat akan menuang air, tuangkan dengan gerakan memutar. Ini dilakukan agar the terseduh secara merata, karena bila tidak merata maka teh akan mengalami kerusakan pada sisi yang terlalu banyak terkena air.

Setelah itu, diamkan teh paling tidak selama tiga menit sebelum Anda nikmati.

Menikmati teh bersama orang-orang tersayang sambil bertukar cerita dapat menjadi kegiatan yang sangat menyenangkan. Teh hangat dapat Anda padukan dengan berbagai makanan ringan atau kue kering yang lezat. Ini dapat menjadi pilihan menarik untuk dilakukan saat akhir pekan.

Sama halnya dengan kopi, teh juga memiliki berbagai jenis rasa dan aroma. Jadi sangat penting untuk mengatahui cara tepat menyeduh teh agar aromanya tetap terjaga.

Anda dapat berbagi informasi ini dengan orang-orang di sekitar Anda agar setiap orang dapat mengetahui cara menyeduh yang tepat.

(photo: www.swroasterscoffeecompany.com)