Loading...

5 Cara Mengontrol Kecanduan Belanja Anda

Penulis: Ulfah Rani Rubrik: Remaja, Wanita

5 Cara Mengontrol Kecanduan Belanja AndaTERUSKAN.COM – Tidak jarang wanita membeli suatu barang bukan karena sedang membutuhkannya, tapi hanya menginginkannya saja.

Hal yang paling sering menarik perhatian wanita untuk menghabiskan uangnya adalah pakaian, serta beberapa produk fashion lainnya.

Nah, bila Anda termasuk ke dalam golongan orang-orang yang kecanduan belanja, mulailah belajar untuk mengontrolnya. Periksa lemari Anda, apabila telah penuh sesak, maka saatnya untuk mulai membatasi kecanduan belanja Anda.

Loading...

Memang, hampir setiap wanita suka berbelanja, orang bahkan mengatakan bahwa belanja adalah obat paling ampuh untuk mengatasi stres. Akan tetapi, bila Anda sudah merasakan candu, kadang-kadang ini bisa menjadi masalah yang sangat serius.

Berikut ini adalah beberapa tips untuk mengendalikan kecanduan belanja Anda, seperti dilansir dari amerikanki:

Gunakan uang tunai

Sekarang ini, kartu kredit tidak hanya digunakan oleh orang dewasa, anak-anak pun terutama kaum remaja banyak yang telah memiliki kartu kredit. Ini tentunya akan menjadi masalah jika tidak digunakan dengan benar.

Saat berbelanja, usahakan menggunakan uang tunai saat akan melakukan proses pembayaran. Kas merupakan pilihan terbaik ketika Anda tidak bisa menahan godaan berbelanja.

Bila Anda merasa perlu membeli beberapa barang penting, cobalah untuk membuat terlebih dahulu kisaran anggaran yang Anda perlukan, dan tinggalkan kartu kredit Anda di rumah. Mulailah untuk berbelanja tanpa mengandalkan kartu kredit.

Jauhi toko-toko favorit Anda

Mengendalikan kecanduan belanja Anda dapat dilakukan dengan menjauhi toko-toko favorit Anda, termasuk toko online yang sering Anda kunjungi sebab berbelanja online mungkin bahkan membuat Anda lebih adiktif.

Menghindari toko-toko selama beberapa waktu akan membuat Anda belajar untuk membatasi pengeluaran belanja Anda.

Temukan hiburan alternatif

Bagi sebagian orang, berbelanja sama halnya dengan rekreasi, sering dilakukan saat seseorang memiliki waktu luang. Nah, kecanduan belanja sebenarnya dapat Anda kontrol dengan menemukan kegiatan alternatif yang dapat menghibur Anda.

Percayalah, ada begitu banyak hal-hal yang jauh lebih memuaskan dan menarik untuk menghabiskan waktu luang Anda.

Cukup miliki satu kartu saja

Salah satu cara terbaik untuk menghindari menghabiskan terlalu banyak uang adalah dengan memiliki satu kartu saja.

Jika Anda memiliki begitu banyak kartu kredit, cobalah untuk menyingkirkan beberapa diantaranya, karena hal ini dapat membuat Anda selalu memiliki keinginan untuk menggunakannya.

Anda sebaiknya hanya memiliki satu kartu yang bisa Anda gunakan untuk keadaan darurat, namun tidak menggunakannya untuk berbelanja.

Periksa lemari pakaian Anda

Ingin membeli beberapa kemeja untuk kerja, pakaian untuk ke pesta, atau gaun untuk digunakan pada beberapa kesempatan? Letakkan dompet Anda dan cobalah periksa lemari pakaian Anda sebelum berbelanja.

Anda bisa jadi memiliki banyak pakaian yang Anda butuhkan dan bahkan belum terpakai. Memiliki tampilan sempurna tidak harus dengan menggunakan pakaian baru, lakukan beberapa eksperimen dengan memadu padankan pakaian Anda agar terkesan menarik. Jadi, berpikirlah dua kali sebelum Anda ingin membeli sesuatu.

Ya, berbelanja memang merupakan kegiatan yang menyenangkan, dan setiap wanita suka memanjakan dirinya dengan hal-hal yang baru. Namun, jika belanja menjadi tidak terkendali, hal itu akan menyebabkan banyak tagihan kartu kredit yang kemudian akan menimbulkan stres.

Jadi, dengan beberapa tips di atas, Anda dapat mencoba mengontrol kecanduan berbelanja.