Loading...

Ajarkan Kebiasaan Ini Pada Anak Sedini Mungkin

Penulis: Ulfah Rani Rubrik: Keluarga

Ajarkan Kebiasaan Ini Pada Anak Sedini MungkinTERUSKAN.COM – Setiap orang tua pastinya memiliki keinginan untuk mengajarkan anak-anak mereka berbagai kebiasaan yang baik, namun orang tua terkadang tidak mengetahui bagaimana cara terbaik untuk mendidik anak mereka melakukan kebiasaan baik tersebut.

Salah satu cara yang tepat tentu dengan menjadi contoh dan panutan bagi anak-anak Anda.

Anak dapat belajar hampir dari semua yang mereka lihat dan menjadi sangat penting untuk menunjukkan kepada mereka pola yang baik untuk diikuti.

Loading...

Jadi berhati-hatilah dengan apa yang Anda lakukan dan pastikan Anda mengajarkan anak-anak Anda kebiasaan penting berikut:

Sopan Santun

Hal pertama yang Anda perlu ajarkan kepada anak-anak Anda adalah sopan santun atau perilaku yang baik.

Lihatlah di sekitar Anda dan Anda akan mendapati bahwa sekarang ini tidak hanya anak-anak yang tidak memiliki sopan santun, tapi orang dewasa pun terkadang kurang memahaminya.

Anak-anak selalu belajar dari mana pun mereka bisa, sehingga Anda perlu untuk memperlihatkan perilaku yang baik bagi anak agar mereka dapat belajar dan mengikuti perilaku tersebut. Jangan lupa untuk selalu menggunakan kata “tolong” dan “terima kasih”, ini akan membiasakan anak Anda dan menjadikan mereka anak yang memiliki sopan santun.

Kebiasaan ini harus Anda ajarkan sedini mungkin agar dapat terbawa hingga mereka dewasa.

Kebaikan

Ajarkan kepada anak Anda segala hal tentang kebaikan, beritahu mereka bahwa setiap orang harus diperlakukan dengan baik. Tidak peduli apapun yang dilakukan orang lain kepada Anda, tetap harus dibalas dengan kebaikan.

Kebiasaan baik ini dapat membentuk pribadi anak menjadi lebih baik di kemudian hari.

Kebersihan

Sebagian besar orang tua tahu betapa sulitnya itu adalah untuk mengajar anak-anak kebersihan. Jadi, Anda harus siap karena akan memakan banyak waktu untuk menunjukkan anak-anak hal-hal penting seperti menyikat gigi dan mandi.

Anda akan perlu untuk memberikan anak pemahaman sederhana mengapa mereka perlu untuk menyisir rambut, mencuci tangan sebelum makan, dan membersihkan wajah.

Ketika Anda berhasil membuat anak terbiasa dengan hal-hal tersebut, maka kebersihan akan menjadi bagian dari rutinitas mereka sehari-hari.

Makanan Sehat

Sekarang ini, banyak anak yang memiliki masalah kesehatan di usia yang terlalu muda, salah satunya adalah obesitas.

Orang tua mana saja tentu ingin agar anak-anak mereka selalu sehat, inilah alasan mengapa Anda harus membuat anak sedini mungkin terbiasa mengkonsumsi berbagai makanan sehat, terutama sayuran dan buah-buahan.

Anda dapat melakukannya dengan memberi mereka contoh yang benar.

Pastikan bahwa Anda mengkonsumsi makanan alami, bukan cepat saji dan makanan instan lainnya. Usahakan untuk membuat anak Anda memahami pentingnya makanan sehat untuk tubuh mereka.

Olahraga

Jika Anda tidak suka berolahraga, jangan berharap anak-anak Anda untuk melakukan kegiatan sehat ini.

Cobalah untuk berolahraga bersama anak Anda, dengan demikian Anda akan menghabiskan lebih banyak waktu dengan anak-anak Anda dan akan dapat menunjukkan kepada mereka cara hidup yang sehat.

Bukankah itu hebat? Anda bisa bermain secara aktif dengan anak-anak Anda, seperti misalnya basket atau bulutangkis dan bahkan hanya dengan melakukan jogging bersama-sama. Olahraga merupakan hal yang lebih berguna untuk dilakukan daripada hanya menonton televisi.

Belas Kasih

Setiap manusia perlu untuk mengetahui pelajaran berharga tentang kepedulian atau belas kasih. Mengajar anak-anak Anda untuk berbelas kasih akan membantu mereka menjalani kehidupan yang lebih baik.

Anak-anak perlu diberikan pemahaman untuk dapat belajar memahami orang lain. Bicaralah dengan anak Anda, ajarkan mereka untuk melihat sesuatu dari sudut pandang orang lain.

Jika Anda berhasil mengajarkan anak Anda kebiasaan baik ini, mereka akan selalu menolong seseorang yang membutuhkan dan sebagai imbalannya, mereka akan dicintai banyak orang.

Tanggung Jawab

Satu lagi hal penting yang harus Anda ajarkan pada anak adalah tanggung jawab. Buatlah anak agar dapat mengambil tanggung jawab atas tindakan mereka.

Misalnya, jika Anda ingin anak Anda untuk bertanggung jawab atas piring kotor mereka, mintalah mereka mencucinya sendiri. Orang mungkin menganggap kebiasaan ini sebagai hal sepele, namun jika tidak diajarkan sedini mungkin, ini dapat berdampak buruk bagi anak Anda.