Loading...

Tips Meningkatkan Produktivitas, 10 Pelajaran dari Pemimpin Besar

Penulis: Mayrani Rubrik: Dunia Karir

Tips Meningkatkan Produktivitas, 10 Pelajaran dari Pemimpin BesarTERUSKAN.COM – Produktivitas bukanlah tentang menyelesaikan sesuatu. Produktivitas pada kenyataannya, ialah tentang melakukan pekerjaan secara efisien dan efektif. Hal ini juga merupakan suatu tantangan.

Hidup ini rumit dan kita seringkali harus menghadapi tantangan yang tidak diharapkan. Pada saat yang sama, kita dapat dengan mudah terganggu oleh hal-hal kecil – atau yang besar, seperti teman-teman yang mampir, Facebook dan hal lain yang menyenangkan.

Jadi, bagaimana agar menjadi produktif dan melakukan sesuatu meski banyak gangguan?

Loading...

Berikut adalah 10 hal yang dapat Anda pelajari dari pemimpin besar sepanjang masa dan bagaimana Anda dapat menerapkannya ke dalam hidup Anda, dilansir dari LifeHack.org:

1. Berpikir Besar

Langkah pertama agar menjadi produktif adalah memikirkan sesuatu pada tingkat yang sama sekali berbeda. Setelah Anda memutuskan apa yang Anda inginkan, capailah. Berpikir besar adalah kunci untuk menetapkan tujuan dan mencapainya.

Jadi, bagaimana Anda bisa melakukan ini? Mulai bermimpi. Buat impian besar dan tujuan besar.

Selalu tampak mustahil sampai selesai! – Nelson Mandela

“It always seem impossible until is done!” – Nelson Mandela

2. Mengambil Langkah

Sekarang, Anda memiliki impian besar dan tujuan. Anda mungkin berpikir besar, tetapi Anda juga harus tahu bagaimana untuk melangkah secara perlahan.

Karya nyata dalam menyelesaikan sesuatu bukan tentang bermimpi melainkan tentang perencanaan dari setiap langkah kecil yang Anda akan ambil untuk bisa sampai ke sana.

Belajarlah untuk mengambil langkah-langkah pasti meskipun kecil, daripada mengambil langkah besar pasti. Ini akan membantu Anda menyelesaikan sesuatu secara efektif.

“Great acts are made up of small deeds.” – Lao Tzu

3. Ketekunan

Mengambil langkah-langkah kecil masih tidak memberikan jaminan bahwa Anda akan segera produktif. Kadang-kadang Anda akan menemui rintangan dan Anda harus mencari cara untuk menyingkirkannya.

Bahkan jika Anda melangkah keluar dari jalan Anda, Anda harus mencoba untuk menemukan jalan kembali ke sana.

“I have not failed, I have 10,000 other ways that won’t work.” – Thomas Edison

4. Jangan Cepat Puas

Jika Anda memiliki impian besar, jangan cepat puas. Tetapi pada saat yang sama, ingatlah untuk menikmati perjalanan Anda mencapainya. Setiap peristiwa kecil, setiap tugas kecil adalah langkah untuk lebih dekat dengan impian Anda.

“Experience is the teacher of all things.” – Julius Caesar

5. Memperbaiki Mindset

Mindset bukanlah tentang bermimpi tapi melihat sesuatu dari perspektif yang berbeda.

Tetapkan pikiran Anda terhadap tugas Anda dan Anda dapat mencapainya. Mencemaskan kegagalan atau masalah lain hanya akan mengalihkan perhatian Anda. Berusahalah dan tetapkan pikiran pada apa yang ingin Anda capai.

“Whether you think you can, or you think you can’t – you’re right.” – Henry Ford

6. Berubah

Kadang-kadang, kita harus berubah untuk mencapai tujuan. Perilaku kita sendiri mungkin sering kontra produktif.

Menjadi produktif membutuhkan fleksibilitas. Jelas, jika Anda tidak produktif sesuatu, Anda harus berubah.

“To improve is to change; to be perfect is to change often.” – Winston Churchill

7. Berani Mengambil Risiko

 

Bila Anda berubah, Anda akan dapat mengambil risiko dan memperluas peluang dan mencapai hasil yang diharapkan. Hidup adalah tentang mengambil risiko. Peluang datang hanya sekali, jika Anda tidak mengambilnya, maka orang lain akan.

Mengambil risiko tidak hanya tentang peluang bisnis atau topik terkait, itu sebenarnya tentang produktivitas. Penasaran dan mengambil risiko melakukan tugas ekstra agar bisa unggul justru akan menunjukkan kepada Anda bahwa Anda dapat menghasilkan lebih banyak dalam rentang waktu yang sama.

Tantang diri Anda. Dengan cara ini, Anda tidak akan memiliki penyesalan karena tidak mencoba untuk berbuat lebih banyak. Lebih baik gagal daripada tidak mencoba sama sekali.

“Go out on a limb. That’s where the fruit is.” – Jimmy Carter

8. Jangan Hanya Melakukan Sesuatu

Anda mungkin mengambil risiko, berubah dan bergerak, tetapi gerakan jauh berbeda dari mengambil tindakan.

Jangan hanya melakukan sesuatu untuk menyelesaikannya. Jangan hanya melakukannya, melakukan hal-hal penting dan membawa Anda lebih dekat ke tujuan Anda. Setelah tindakan ini menjadi kebiasaan, akan sulit untuk berubah.

“Never confuse motion with action.” – Benjamin Franklin

9. Terhubung dengan Orang

Untuk menjadi produktif, Anda harus tahu bagaimana berkomunikasi secara efektif dengan orang-orang. Mengapa? Karena tidak ada orang yang dapat melakukan itu semua.

Menjadi komunikator yang efektif memungkinkan Anda untuk mendelegasikan tugas-tugas yang tidak Anda kuasai dan memanfaatkan kekuatan dari orang lain.

Anda harus belajar untuk melepaskan, tapi untuk sampai ke sana Anda harus berkomunikasi secara efektif dengan hasil yang diharapkan. Fokus pada kompetensi inti Anda. Lakukan apa yang harus Anda lakukan.

“Surround yourself with the best people you can find, delegate authority, and don’t interfere as long as the policy you’ve decided upon is being carried out.” – Ronald Reagan

10. Berusaha Maju

Anda harus konsisten untuk lebih unggul, jadikan sebagai kebiasaan. Hal ini juga akan mempengaruhi orang lain di sekitar Anda.

Unggul tidak berarti sempurna. Ini berarti melakukan hal yang benar untuk mendapatkan hasil yang tepat. Melakukan hal yang benar dalam hidup, untuk bisnis, untuk keluarga Anda dan fokus! Mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk mendapatkan hasil yang sangat baik.

“Be a yardstick of quality. Some people aren’t used to an environment where excellence is expected.” – Steve Jobs

Itulah 10 pelajaran dari pemimpin besar dan bagaimana untuk menerapkannya untuk produktif dan mencapai tujuan proses.

Apa yang harus dilakukan selanjutnya? Mengevaluasi diri dan tidak hanya menyibukkan diri, tapi menjadi produktif.

(photo: http://richclubgirl.com)