Loading...

5 Tips Jitu Mengajarkan Disiplin Pada Anak Untuk Single Parents

Penulis: Maryamah Karpov Rubrik: Keluarga

5 Tips Jitu Mengajarkan Disiplin Pada Anak Untuk Single ParentsTERUSKAN.COM – Anak-anak dan disiplin merupakan suatu kombinasi yang sangat sulit untuk diterapkan, mengingat anak-anak lebih memilih untuk bermain secara bebas tanpa aturan.

Anda harus bekerja ekstra untuk mengajarkan kedisiplinan pada mereka. Hal ini akan semakin sulit jika Anda seorang single parents karena Anda akan memiliki tugas ganda, yaitu sebagai ayah sekaligus ibu.

Tanggung jawab yang sangat besar akan dihadapi karena Anda  menjadi satu-satunya contoh untuk anak-anak Anda. Mulai dari membantu mereka untuk membuat pilihan yang tepat dan menata perilaku, bahkan mengahadapi emosi hingga mengajarkan disiplin dalam menjalani keseharian mereka.

Loading...

Untuk itu, berikut telah kami rangkum beberapa tips jitu yang dapat membantu Anda mengajarkan cara hidup disiplin pada anak untuk Anda single parents.

1 . Memberikan Pujian Saat Anak Berkelakuan Baik

Mengakui perilaku yang baik dan memberikan sebuah penghargaan seperti pujian atau berupa hadiah kecil pada anak adalah cara terbaik untuk mendorong anak Anda untuk tetap melakukannya.

Berikan anak Anda sebuah pujian setiap kali mereka menunjukkan perilaku dan sikap yang benar. Gunakan sebuah kata atau kalimat yang akan membuat mereka merasa terpuji saat melakukannya, karena ini memiliki pengaruh positif yang sangat besar pada anak Anda .

2. Mendengarkan Penuh Perhatian

Mendengarkan bukan hanya apa yang dikatakan anak Anda, tetapi cobalah untuk memahami apa maksud yang ingin disampaikan. Jangan hanya memaksakan dan bersikukuh dengan pendapat Anda dan mengabaikan ide atau masukan dari anak-anak. Sebaliknya, dengarkan juga pendapat dari mereka.

Sebagai single parents,  Anda perlu membuat anak merasa aman dan membuatnya merasa bahwa Anda selalu ada untuk mendengarkannya saat berkeluh kesah dan siap menerima saran dari Anda kapanpun.

3 . Buat Aturan Tetap

Membuat sebuah aturan bagi anak akan membantu Anda untuk lebih membatasi mereka sehingga tidak akan menjadi liar.

Buat sebuah aturan tetap dalam rumah, misalnya untuk anak perempuan tidak diperbolehkan pulang malam. Batas untuk keluar hanya sampai jam sekian.

Ini dapat menjadi cara yang efektif sekaligus menjauhkan mereka dari pergaulan yang tidak benar di luar sana.

4. Memberi Hukuman

Bukan hanya aturan, tetapi beberapa hukuman juga penting untuk diterapkan untuk lebih mendisiplinkan anak.

Anda tidak harus menghukum dengan menggunakan fisik untuk mendisiplinkan anak, melainkan beritahukan pada mereka saat mereka tidak melakukan apa yang telah disepakati maka hal–hal yang mereka senangi, seperti bermain game atau menonton film, akan dilarang selama beberapa waktu sebagai hukuman.

Cara ini akan membuat anak memahami nilai disiplin dan pemenuhan janji yang telah dibuatnya. Hal ini juga akan melatih anak untuk bertanggung-jawab atas apa yang telah diucapkannya.

5 . Acuhkan Hal yang Tidak Anda Setujui

Biarkan anak Anda tahu bahwa Anda tidak akan mengiyakan apa yang buruk menurut Anda. Bahkan jika anak Anda harus menangis untuk sesuatu yang tidak Anda setujui.

Ini akan membuat anak Anda mendapatkan pesan yang tepat bahwa menangis tidak dapat mengundang perhatian dan mengiyakan keinginannya .

Membesarkan anak Anda sendiri bukan hal yang mudah bahkan dapat membuat Anda frustasi dan stres. Tips ini akan membantu Anda mengatasi tekanan dan membantu Anda menemukan cara untuk mendisiplinkan mereka dalam berbagai hal.

Semoga bermanfaat.

(photo: http://womanita.com)