Loading...

Tips Menulis Surat Lamaran Kerja

Penulis: Nuzulia Rubrik: Dunia Karir

Tips Menulis Surat Lamaran KerjaTERUSKAN.COM – Proses awal dalam sebuah rekrutmen tenaga kerja di suatu perusahaan biasanya diawali dengan tahapan seleksi administrasi.

Pada tahapan awal ini seorang pelamar kerja diharuskan mengirimkan beberapa dokumen yang dibutuhkan, seperti surat lamaran kerja dan daftar riwayat hidup.

Penulisan surat lamaran kerja adalah bagian yang cukup penting. Cara penulisan surat lamaran kerja dapat menentukan lolos tidaknya seorang pelamar kerja dalam seleksi administrasi.

Loading...

Berdasarkan cara penulisan surat lamaran pekerjaan, dapat diketahui karakter seseorang, apakah sesuai dengan karakter sumber daya manusia yang dibutuhkan oleh perusahaan atau tidak.

Oleh karenanya, dibutuhkan trik-trik khusus agar surat lamaran kerja yang ditulis dapat diterima oleh perusahaan.

Berikut tips menulis surat lamaran kerja yang baik:

1. Tulis dengan rapi

Saat ini masih ada beberapa perusahaan yang mewajibkan para pelamar kerja menuliskan surat lamaran kerjanya dengan tulis tangan manual.

Tulislah surat lamaran kerja Anda dengan tinta hitam menggunakan kertas HVS folio. Usahakan untuk menuliskannya tanpa kesalahan. Namun bila terjadi kesalahan, hapus dengan tipe-ex. Jika tidak, cukup dengan memberi garis ditengah kata contoh salah.

Usahakan agar surat lamaran kerja Anda rapi, bersih dan tidak kotor.

Bila Anda menulis surat lamaran kerja dengan menggunakan komputer, maka setting ukuran kertas dengan mode A4. Marginnya bisa disetting, atas 4cm, kiri 4cm, bawah 3cm, kanan 3cm atau sesuai dengan ketentuan dan kebutuhan.

Cetak surat lamaran kerja anda menggunakan kertas HVS kuarto (A4). Seperti halnya saat menulis surat lamaran pekerjaan dengan cara menulis tangan, usahakan surat lamaran yang Anda buat bersih dan rapi.

2. Gunakan Bahasa Indonesia dengan EYD

Jangan menuliskan surat lamaran kerja Anda dengan bahasa gaul. Dan jangan gunakan kalimat yang berkesan menyombongkan diri karena akan berkesan sangat tidak sopan.

3. Tuliskan dengan lengkap

Hal paling awal yang harus d tulis dalam sebuah surat lamaran pekerjaan adalah identitas diri Anda secara lengkap. Identitas diri tersebut antara lain nama, alamat, tempat dan tanggal lahir, nomor telepon yang dapat dihubungi, dan alamat surat elektronik (email).

Dua yang terakhir sangat penting karena merupakan alat komunikasi yang digunakan untuk menghubungi Anda, untuk memberitahukan jika Anda lolos seleksi administrasi dan pemberitahuan mengenai tahapan seleksi berikutnya. Tambahkan keterangan status perkawinan Anda bila perlu.

Cantumkan dari mana Anda mendapatkan informasi, dari mana Anda mengetahui lowongan kerja yang sedang Anda lamar. Cantumkan posisi yang Anda lamar. Cantumkan data pendidikan Anda secara lengkap.

Jangan lupa, cantumkan keahlian yang Anda miliki. Seperti keahlian di bidang bahasa, komputer, atau keahlian teknis yang berkaitan dengan lowongan kerja yang sedang Anda lamar. Tak ada salahnya jikalau anda mencantumkan pengalaman kerja bila Anda telah memilikinya.

Saat hendak mengirimkan surat lamaran kerja Anda, lampirkan semua berkas yang dibutuhkan. Seperti fotocopy ijazah atau contoh hasil karya Anda yang berkaitan dengan lowongan kerja tersebut.

Semoga berhasil!

(photo: http://ghanacurrentjobs.com)