Loading...

Yuk, Makan Selai Kacang Biar Sehat

Penulis: Mayrani Rubrik: Kesehatan

Yuk, Makan Selai Kacang Biar SehatTERUSKAN.COM – Selai kacang adalah pasta yang terbuat dari kacang tanah kering yang dipanggang, sangat populer di Indonesia. Dan mungkin Anda adalah salah satu penggemar makanan ini!

Tapi tahukah Anda? Selain enak, selai kacang ternyata memiliki manfaat kesehatan.

1. Sumber Protein

Jika Anda makan dua sendok makan selai kacang, Anda mendapatkan tujuh gram protein. Karena begitu penuh protein, selai kacang adalah makanan ringan yang sangat mengisi – ini berarti Anda dapat makan lebih sedikit, tetapi merasa lebih kenyang, dan lebih lama.

Loading...

Protein juga baik untuk membangun dan memperbaiki otot, sangat bermanfaat jika Anda banyak berolahraga dan meregangkan otot.

Oleskan selai kacang pada roti panggang untuk sarapan, dan Anda akan merasa puas hingga waktu makan siang tiba.

2. Baik bagi Jantung

Studi menunjukkan bahwa orang yang secara teratur memasukkan selai kacang ke dalam diet mereka kurang cenderung untuk mengembangkan penyakit jantung diabetes tipe 2 dibandingkan dengan orang yang jarang makan kacang atau produk kacang.

Anda masih bisa sehat tanpa makan kacang-kacangan, tapi studi ini jelas menunjukkan adanya manfaat kacang yang membantu jantung Anda. Mungkin ada kaitannya dengan vitamin, mineral dan nutrisi yang ditemukan secara alami dalam selai kacang.

3. Menyediakan Kalium

Beberapa orang suka pada makanan asin. Satu-satunya masalah adalah, natrium tidak terlalu baik bagi kita. Natrium harus dimakan dalam jumlah moderat, tapi sulit karena ia hadir dalam setiap makanan.

Natrium dapat berakibat buruk bagi sistem kardiovaskular Anda, tetapi kalium dapat menangkal bahaya natrium. Dan, coba tebak? Selai kacang merupakan sumber yang sangat baik dari natrium. Pasangkan dengan cemilan asin favorit Anda (dalam jumlah moderat).

4. Sumber Lemak Sehat

Banyak orang berpikir bahwa selai kacang buruk bagi Anda karena mengandung lemak jenuh. Selai kacang sebenarnya mengandung lebih banyak lemak tak jenuh daripada jenuh, yang berarti memiliki “lemak sehat.”

Tubuh yang sehat membutuhkan lemak sehat seperti alpukat dan minyak zaitun dan..  Anda dapat menebaknya, selai kacang!

5. Pendorong Energi

Karena selai kacang mengandung sejumlah protein dan “lemak sehat,” ia memiliki kalori dalam jumlah yang sempurna untuk memberikan energi bagi Anda beraktivitas. Alasan sehat lainnya untuk memulai hari dengan sarapan menggunakan selai kacang!

6. Kaya Serat

Siapa yang menyangka, dua sendok makan selai kacang yang memberikan tujuh gram protein, juga memberikan dua gram serat!

Anda memerlukan cukup banyak serat untuk memastikan fungsi tubuh yang sehat. Dan Anda bisa mendapatkannya bukan hanya dari sereal, tapi juga selai kacang yang lezat. Yummy!

7. Membantu Menurunkan Berat Badan

Selai kacang memiliki protein dan kandungan serat yang tentunya baik bagi kesehatan, itu membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Ini berarti Anda kurang lapar, dan Anda akan membutuhkan lebih sedikit junk food atau makanan ringan yang tidak sehat.

Fokus pada selai kacang, dan Anda akan makan lebih sedikit secara keseluruhan, dan tujuan penurunan berat badan Anda akan lebih mudah untuk dikelola!

8. Dikemas dengan Nutrisi

Pikirkan tentang semua poin yang sangat baik yang telah Anda pelajari – selai kacang mengandung protein, serat, kalium dan lemak sehat. Selain itu, satu porsi selai kacang akan memberikan 3 mg vitamin E, yang merupakan antioksidan.

Juga Anda mendapatkan sekitar 49 gram magnesium, yang membantu membangun tulang dan pemulihan otot. Tapi tunggu, masih ada lagi! Anda bahkan mendapatkan jumlah kecil, namun penting, seng dan vitamin B6, yang membantu meningkatkan kekebalan tubuh.

(photo: http://media.npr.org)