Loading...

Cemilan Sehat Pilihan untuk Anak

Penulis: Nila Rubrik: Keluarga, Kesehatan

Cemilan Sehat Pilihan untuk AnakTERUSKAN.COM – Anak kecil memang gemar ngemil, tak ada yang bisa membantahnya.

Takaran perut yang masih kecil, membuat mereka sering tidak dapat mengonsumsi sejumlah nutrisi yang dibutuhkan dalam sehari saat makan pagi, siang atau sore.

Hasilnya, mereka memerlukan porsi makanan dalam jumlah kecil tetapi dengan frekuensi lebih sering.

Loading...

Perkembangan pertumbuhan anak selanjutnya akan melambat setelah ulang tahun mereka yang pertama. Pada masa itu, mereka membutuhkan beberapa kalori, dimana mereka cenderung untuk makan lebih sedikit.

Oleh karenanya Anda sebagai seorang ibu sudah sewajarnya untuk selalu menyiapkan pilihan makanan atau minuman sehat sebagai cemilan mereka.

Nah, apa saja cemilan yang baik dan sehat untuk anak?

1. Keju

Keju merupakan salah satu makanan ringan yang sehat dan enak untuk anak-anak. Keju kaya akan kandungan kalsium dan bisa memberikan cukup energi bagi anak sampai waktu makan selanjutnya.

Agar terlihat lebih menarik, potong – potong keju menjadi beberapa ukuran dan bentuk atau mencampurnya dengan bahan – bahan lain seperti buah – buahan, kue atau sayur salad.

2. Cupcake dan Muffin

Kue merupakan ide yang bagus untuk cemilan sehat anak-anak Anda karena pada umumnya mereka menyukai jenis cemilan yang satu ini.

Buatlah variasi dengan menyelipkan sayuran atau buah-buahan bernutrisi ke dalam adonan dasar cupcake atau muffin. Misalnya, cupcake wortel atau cupcake pisang. Mereka tidak akan menyadari telah makan sayuran atau buah-buahan yang menyehatkan tubuh mereka.

3. Selai Kacang

Anak-anak pada umumnya menyukai rasa selai kacang. Cemilan sederhana dan murah ini cocok disajikan dengan roti sandwich gandum yang dioles selai kacang dan jelly.

Untuk penyajian yang lebih menarik, tambahkan beberapa potong buah segar kedalamnya. Pilihan lain, bekukan selai kacang bersama dengan es loli jelly.

Sangat mudah dibuat, ambil beberapa cetakan es loli lalu masukkan campuran selai kacang, jelly, dan pasta buah lalu bekukan di dalam freezer.

4. Yogurt

Yogurt adalah cemilan sehat untuk anak-anak yang dapat disajikan dengan cara berbeda, yaitu dengan menambahkan potongan buah-buahan segar atau kacang-kacangan agar terlihat berbeda ketika Anda menyajikannya untuk buah hati tercinta.

Atau bekukan yogurt yang dicampur dengan madu dan susu kental manis untuk variasi lainnya, anak-anak Anda pasti akan menyukainya.

Yogurt kaya akan zat kalsium yang bisa membantu pertumbuhan tulang menjadi kuat dan sehat.

Cemilan di atas sama pentingnya dengan makanan utama yang dikonsumsi oleh anak Anda sehari-hari. Rata-rata anak memerlukan cemilan tiga kali dalam sehari, sayangnya ada beberapa bagian yang kurang memenuhi syarat kesehatan.

Untuk mencegah obesitas sebagai akibat konsumsi cemilan tidak sehat dalam jumlah berlebihan, maka Anda sebagai orang tua harus lebih kreatif guna menyediakan alternatif cemilan sehat.

Selamat mencoba!

(photo: www.walmartlivebetter.ca)