Loading...

Manfaat Teh Jelatang Bagi Kesehatan

Penulis: Mayrani Rubrik: Kesehatan

TERUSKAN.COM – Pernahkah Anda melihat tanaman jelatang lebih dekat? Apakah itu membuat Anda gatal? Hal ini karena daun dan batang jelatang memiliki bulu-bulu halus yang melepaskan bahan kimia yang dapat menyebabkan iritasi ketika dalam kontak dekat dengan kulit.

Namun, jangan menghindari jelatang karenanya. Anda akan terkejut mengetahui bahwa minum secangkir teh jelatang akan membuat Anda segar dan energik dengan segera!

Manfaat Teh Jelatang Bagi Kesehatan

Loading...

Jelatang, juga dikenal sebagai Urtica dioica dalam Bahasa Latin, telah digunakan sebagai diuretik sejak abad pertengahan di Eropa, dan merupakan tonik yang baik bagi wanita.

Jika Anda bisa mendapatkan tanaman segarnya, Anda bisa menjemur daun jelatang untuk secangkir teh jelatang. Setiap cangkir teh jelatang mengandung vitamin A, B, dan K, riboflavin, niasin, folat, karbohidrat (71,33%), lemak (2,36%) dan protein (25,8%).

Teh jelatang juga kaya akan mineral seperti kalsium, zat besi, kalium, fosfor, mangan, seng, tembaga dan magnesium.

Jelatang sangat dianjurkan karena nilai gizi dan obatnya, tetapi apa manfaat teh jelatang? Mari kita cari tahu.

1. Mencegah batu ginjal dan masalah kencing dan kandung kemih lainnya

Teh jelatang adalah diuretik alami yang memungkinkan aliran fluida yang tepat dalam ginjal dan kandung kemih, sehingga mencegah pembentukan batu ginjal stones.

Journal of Herbal Pharmacotherapy menyatakan bahwa teh jelatang dapat membilas racun dari saluran kemih dan juga mendukung obat-obatan yang digunakan untuk mengobati infeksi saluran kemih.

2. Bertindak sebagai pembunuh rasa sakit alami yang meringankan nyeri arthritis dan nyeri otot

Jelatang telah digunakan sejak zaman dahulu untuk mengobati radang sendi, University of Maryland Medical Center menyatakan.

Studi mendukung temuan bahwa aplikasi eksternal dari ekstrak daun jelatang dapat membantu meredakan nyeri sendi. Juga, mengambil daun teh jelatang dan ekstrak bersama obat anti-peradangan (NSAID) membantu penderita mengurangi dosis NSAID.

3. Menyembuhkan eksim dan penyakit kulit lainnya

Apakah Anda tahu bahwa minum teh jelatang membantu membilas racun dari tubuh? Ini akan memberikan Anda kulit bebas noda dan membantu mengobati eksim.

4. Obat alami untuk alergi

Teh jelatang dapat mencegah dan menyembuhkan alergi yang terjadi dengan perubahan musim, seperti gatal-gatal, rhinitis alergi dan bersin.

Jepatang membantu mengurangi jumlah histamin yang diproduksi tubuh dalam respon terhadap alergen, sehingga dokter meresepkan jelatang beku-kering untuk mencegah timbulnya demam.

5. Pengobatan hiperplasia prostatik jinak (BPH)

University of Maryland Medical Center menunjukkan bahwa akar jelatang yang menyengat digunakan untuk mengobati BPH di Eropa.

Penelitian laboratorium menunjukkan bahwa jelatang dapat bekerja seperti finasteride (obat yang digunakan untuk mengobati BPH) dalam memperlambat perbanyakan sel prostat, meskipun tidak mengurangi ukuran kelenjar prostat.

Para ilmuwan tidak yakin bagaimana jelatang mengurangi gejala BPH, sehingga penelitian lebih lanjut diperlukan di bidang ini.

6. Tonik untuk wanita

Teh jelatang kaya zat besi dan membantu untuk melawan anemia. Wanita hamil harus minum teh jelatang untuk mencegah pendarahan dan membuat janin kuat. Jelatang juga berfungsi sebagai galactagogue, yaitu suatu zat yang merangsang produksi susu pada ibu menyusui.

Wanita muda juga bisa minum teh jelatang untuk mencegah kembung dan kram yang menyertai terjadinya siklus menstruasi. Ini mengurangi fibroid dan mengatur aliran menstruasi dan mencegah gejala menopause pada wanita dengan mengolah estrogen.

7. Baik untuk pencernaan

Minumlah teh jelatang untuk meringankan gangguan pencernaan, mual, gas berlebih, mual, radang usus besar dan penyakit celiac. Hal ini juga mencegah diare dengan membunuh cacing dan parasit.

8. Menurunkan kadar kolesterol

Jelatang mengandung beta sitosterol. Ini membantu dalam menurunkan penyerapan kolesterol dalam tubuh dan dengan demikian memastikan kesehatan jantung dan arteri.

9. Menjaga Struktur Sel

Jelatang kaya flavonoid seperti quercetin, yang memiliki sifat antioksidan. Ekstrak teh jelatang membantu melindungi DNA dan membran sel dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

10. Mencegah diabetes dan tekanan darah

Minum teh jelatang akan menurunkan gula darah atau kadar glikemik. Sifat diuretik alami didalamnya juga membantu untuk menjaga tekanan darah.

11. Mengurangi pendarahan internal

Minum teh jelatang dikenal dapat mengurangi pendarahan rahim, pendarahan hidung, dan pendarahan di usus, meskipun Anda tidak boleh lalai untuk berkonsultasi dengan profesional medis jika Anda memiliki pendarahan internal yang tidak dapat dijelaskan!

Anda juga dapat menggunakan teh jelatang untuk mengobati memar kecil.

12. Baik untuk kesehatan mulut

Mulut mengungkapkan banyak tentang kesehatan. Dan kebersihan mulut yang buruk dapat mempengaruhi kesehatan Anda.

Masalah gusi seperti gingivitis dan plak dapat menyebabkan halitosis dan mulut perih. Cegah radang gusi dengan menggunakan ekstrak teh jelatang sebagai obat kumur Anda saat berkumur.

Penyiapan dan Efek Samping

Daun jelatang dapat digunakan untuk pengobatan eksternal sebagai salep dan juga dikonsumsi sebagai teh jelatang. Untuk membuat teh jelatang, celupkan 1-2 sendok teh daun jelatang kering dalam air mendidih selama 5-10 menit dan secangkir teh jelatang siap disajikan!

Minum teh jelatang dapat menyebabkan sakit perut bagi beberapa orang. Wanita hamil dan ibu menyusui juga harus berkonsultasi dengan dokter sebelum mencoba teh jelatang. Meskipun aman untuk digunakan pada anak-anak, Anda masih harus berkonsultasi dengan dokter anak sebelum menambahkannya ke makanan mereka.

(photo: www.lifehack.org)