Loading...

Lelah Sepanjang Hari? Ini 7 Cara Agar Merasa Lebih Baik

Penulis: Mayrani Rubrik: Kesehatan

Lelah Sepanjang Hari? Ini 7 Cara Agar Merasa Lebih BaikTERUSKAN.COM – Kita semua pernah mengalami suatu waktu yang buruk, perasaan berat karena terlalu lelah. Itu membuat kita mudah marah, malas dan umumnya merasa tidak senang dengan segala sesuatu dan semua orang di sekitar kita.

Berapa banyak dari Anda berpikir bahwa Anda bisa “mengejar” waktu tidur yang terlewatkan? Berapa banyak dari Anda berpikir bahwa wajar untuk merasa lelah setiap hari?

Merasa kelelahan begitu umum terjadi. Jika Anda pikir ini menggambarkan bagaimana perasaan Anda, ikuti tips berikut untuk merasa lebih baik, dilansir dari LifeHack.org.

Loading...

1. Beristirahat dan Hilangkan Stres

Stres dapat menjadi penyebab banyak masalah medis, tapi selalu lebih mudah mengucapkan daripada melakukannya, bersantai dan melupakan gangguan kecil dalam hidup.

Setiap orang memiliki cara sendiri untuk bersantai: secangkir teh atau kopi; pergi ke spa; duduk di depan TV. Tetapi jika Anda sedang mencari beberapa cara yang telah terbukti untuk mengurangi stres, berikut diantaranya:

– Membeli tanaman. Peneliti telah menemukan bahwa berada di sekitar tanaman saja dapat menginduksi respon rileks Anda. Satu studi di Washington State University menemukan bahwa sekelompok orang stres yang memasuki ruangan penuh dengan tanaman mengalami penurunan empat poin tekanan darah mereka.

– Berjalan-jalan pendek. Berjalan-jalan akan membantu membersihkan kepala Anda dan meningkatkan endorfin, membantu mengurangi hormon stres.

– Tertawa. Tertawa mengaktifkan respon stres tubuh Anda, lalu dengan cepat mendinginkannya, sehingga Anda merasa santai.

2. Paparkan Diri Terhadap Sinar Matahari

Hanya lima belas menit berada di bawah sinar matahari akan meningkatkan kadar vitamin D Anda, yang bersama dengan vitamin B bertanggung jawab untuk memerangi kelelahan.

Gejala umum dari kekurangan vitamin D adalah perasaan lelah, murung, sakit dan stres. Jadi sekarang Anda memiliki alasan yang sempurna, keluarlah di bawah sinar matahari.

3. Hindari Kafein

Tentu, kafein dapat memberikan sedikit dorongan dalam jangka pendek, tetapi Anda bisa minum lebih dari delapan gelas dan masih merasa lemas.

Dan efek samping dari konsumsi kafein? Sakit kepala, lekas marah dan dehidrasi. Bila Anda sudah merasa buruk dan lelah, hal terakhir yang Anda inginkan adalah untuk merasa lebih buruk lagi!

Sebaliknya, cobalah makanan yang meningkatkan energi, seperti almond, jeruk, salmon, bayam, atau blueberry.

4. Dapatkan Tidur Siang

Ada banyak manfaat dari tidur siang, termasuk peningkatan kewaspadaan, belajar, memori dan kinerja.

Manfaat dari tidur siang cepat di tempat kerja telah terbukti bagus. Perusahaan-perusahaan seperti Google dan Huffington Post telah menyediakan zona tidur yang ditunjuk di kantor mereka!

Akan tetapi, penulis Take a Nap! Change your Life mengatakan bahwa tidur siang selama lebih dari 20 menit akan membuat Anda merasa lebih buruk, jadi pastikan Anda mengatur alarm Anda!

5. Matikan Smartphone Sebelum Tidur

Delapan dari sepuluh orang menjaga ponsel tetap aktif semalaman, dan menurut Ofcom, sekitar setengah dari kita menggunakan ponsel sebagai jam alarm juga.

Namun para ahli khawatir bahwa menggunakan ponsel dan elektronik lainnya sebelum tidur menyebabkan masalah tidur. Penelitian telah menunjukkan bahwa cahaya terang yang dipancarkan dari elektronik dan smartphone mengacaukan perilaku tidur.

Saran mereka adalah mematikan TV, komputer dan ponsel setelah pukul 08:00 malam. Mungkin sudah waktunya untuk membaca buku?

6. Konsumsi Makanan Sehat

Konon makanan yang kita makan (atau tidak makan) memiliki pengaruh besar pada kesehatan kita. Apa yang kita makan mempengaruhi bagaimana kita tidur.

Anda dapat dengan mudah tidur lebih baik dengan membuat beberapa perubahan pada diet Anda:

– Kacang. Jika Anda mengalami kesulitan tidur, makan lebih banyak kacang atau selai kacang alami. Merupakan sumber yang kaya niacin, kacang membantu meningkatkan pelepasan serotonin (yang membuat kita mengantuk).

– Ceri. Ceri adalah salah satu makanan alami yang mengandung melatonin (yang mengontrol jam tubuh kita). Satu studi menemukan bahwa minum jus ceri tart menghasilkan kualitas dan durasi tidur yang lebih baik.

Dark chocolate. Dark chocolate membantu merilekskan tubuh dan pikiran. Tapi pastikan Anda mengonsumsi dark chocolate, karena cokelat susu mengandung tirosin, yang berubah menjadi dopamin dan bertindak sebagai stimulan.

Hindari: Alkohol. Setiap jenis alkohol buruk bagi tidur Anda. Satu studi menemukan bahwa mencampur satu gelas vodka dengan soda bebas kafein pada waktu tidur meningkatkan jumlah waktu yang dihabiskan wanita untuk terjaga saat malam selama 15 menit.

7. Berolahraga

Berolahraga akan membuat Anda merasa lebih baik. Ya, ketika Anda merasa lelah, hal terakhir yang Anda ingin lakukan adalah aktif dan bergerak.

Tapi Anda akan takjub melihat betapa baik rasanya setelah berolahraga!

Menurut sebuah penelitian terbaru di Medicine & Science in Sports & Exercise, wanita yang mendapatkan 150 menit olahraga sedang per minggu melaporkan lebih sedikit kelelahan dan lebih banyak energi dibanding mereka yang tidak.

Namun, aktivitas fisik yang berlebihan bisa membuat Anda memaksa tubuh Anda, sehingga merasa lelah.

Cobalah untuk menemukan keseimbangan antara beraktivitas dan beristirahat.