Loading...

Menurunkan Asupan Gula Dalam 4 Langkah

Penulis: Mayrani Rubrik: Kesehatan

Menurunkan Asupan Gula Dalam 4 LangkahTERUSKAN.COM – Penelitian menegaskan dari waktu ke waktu, se-adiktif apa gula terhadap tubuh dan pikiran manusia.

Gula memiliki kemampuan menyebabkan ngidam dan mengubah suasana hati, selain menjadikan berat badan lebih mudah naik, dan akhirnya meningkatkan risiko penyakit seperti diabetes dan bahkan kanker.

Namun, memutuskan asupan gula tidak hanya dapat membuat indera perasa Anda bersedia melakukan apa saja untuk mencicipi rasa manis dan menenangkan, tetapi juga dapat memberi Anda sakit kepala dan membuat Anda marah-marah dengan orang-orang di sekitar Anda.

Loading...

Jadi, bagaimana mengurangi asupan gula?

Ini bukan proses yang mudah, tetapi ada empat langkah sederhana yang dapat Anda lakukan yang akan meningkatkan kemungkinan keberhasilan Anda. Sekali Anda belajar bagaimana mengurangi asupan gula, Anda akan hidup lebih sehat dan lebih seimbang.

1. Singkirkan minuman bergula

Sejumlah besar minuman populer memiliki kadar gula tinggi. Soda salah satunya. Minuman khusus ini mengandung sekitar 66 gram gula per porsi. Untuk membantu Anda memvisualisasikan berapa banyak, 12 ons dari Coca Cola setara dengan kira-kira 10 gula batu, yang lebih dari cukup untuk memenuhi kuota gula Anda selama sebulan.

Memang, ini adalah salah satu kebiasaan yang sulit dihentikan, terutama jika Anda sudah melakukannya untuk waktu yang lama, sehingga Anda harus menghentikannya secara perlahan.

Misalnya, jika Anda biasanya minum tiga kaleng soda per hari, kurangi menjadi dua per hari untuk minggu depan dan kemudian satu per hari seminggu kemudian sebelum menghilangkan sepenuhnya. Lebih lambat lagi jika perlu.

Jus buah dan minuman “sehat” lainnya, seperti minuman energi, juga tinggi gula, sehingga Anda sebaiknya menghindarinya juga. Dan memilih minuman yang dibuat dengan gula buatan tidak baik bagi Anda, karena beberapa studi telah menemukan bahwa mereka mempromosikan berat badan lebih banyak.

Tentu saja, minuman terbaik untuk tubuh adalah air, tapi itu bisa membosankan. Tambahkan irisan mentimun atau daun mint untuk membuat minuman Anda lebih segar atau masukkan beberapa irisan strawberry atau kubus semangka jika Anda lebih suka rasa buah sebagai gantinya. Bermainlah hingga Anda menemukan ramuan yang paling menarik bagi Anda.

2. Eliminasi gula dari kulkas dan lemari

Setelah Anda berhasil menghilangkan gula dari minuman Anda, Anda akan ingin mulai untuk menghilangkannya dari kulkas dan lemari juga. Ini berarti menyingkirkan makanan pencuci mulut, permen, dan smakanan yang manis-manis lainnya yang Anda suka, karena jika bertebaran Anda mungkin akan memakannya.

Jika Anda bukan tipe orang yang membuang makanan, maka berikan pada orang lain. Berikan pada tetangga Anda sebagai hadiah jika Anda belum membukanya. Bawa ke tempat kerja dan sodorkan ke rekan kerja atau klien.

Cara termudah untuk mengurangi asupan gula Anda adalah menjauhkannya.

3.Tingkatkan asupan karbohidrat kompleks

Karbohidrat kompleks murni adalah sumber karbohidrat dari makanan yang tidak menyebabkan pasang surut pada gula darah. Mereka biasanya sangat dekat dengan keadaan alami (yang berarti bahwa kurang diproses) dan mereka termasuk makanan seperti gandum, barley, oatmeal, dan beras merah.

Buatlah makanan dan cemilan yang meliputi jenis karbohidrat dan Anda akan memberikan energi pada tubuh Anda tanpa memberikan terlalu banyak gula. Tambahkan bumbu dan rempah-rempah yang berbeda untuk menjaga selera Anda saat memasok tubuh dengan vitamin dan mineral penting agar berfungsi secara efektif dan efisien.

4. Perhatikan makanan dengan gula tersembunyi

Langkah keempat dan terakhir adalah belajar untuk mengenali makanan yang menyembunyikan gula didalamnya. Ini adalah makanan yang mengandung bahan-bahan berbasis gula seperti glukosa, fruktosa, sukrosa, agave nektar, jus buah konsentrat, dan beberapa lainnya.

Apa jenis makanan yang harus Anda perhatikan, terutama ketika sedang berbelanja, sehingga Anda bahkan tidak membelinya? Berikut beberapa “makanan sehat” paling umum yang biasanya mengandung gula dalam jumlah yang cukup tinggi:
– Saus pasta
– Bumbu seperti kecap dan saus barbeque
– Saus salad
– Yogurt (terutama jika memiliki buah atau rasa didalamnya)
– Buah kering
– Bar granola
– Sereal
– Selai kacang
– Buah dan sayuran kalengan
– Sup kalengan

Anda akan jauh lebih baik mengonsumsi makanan yang membuat Anda stabil, baik secara fisik dan mental, sehingga harus belajar bagaimana mengurangi asupan gula dan meningkatkan kesehatan Anda.

Ya, sesederhana itu. Tidak mudah, tapi sederhana. Hanya katakan “tidak” untuk gula dan “ya” untuk hidup sehat.