Loading...

Khasiat dan Manfaat Tanaman Lengkuas

Penulis: Nila Rubrik: Kesehatan

Khasiat dan Manfaat Tanaman LengkuasTERUSKAN.COM – Lengkuas atau laos (Alpinia galangal) merupakan salah satu jenis tanaman umbi-umbian yang tumbuh subur, baik di daerah dataran tinggi maupun di dataran rendah.

Pada umumnya, masyarakat sering memanfaatkan umbi ini sebagai campuran bumbu masak beberapa jenis hidangan khas Indonesia dan terkadang dipakai sebagai pengobatan tradisional.

Penggunaan lengkuas sebagai masakan adalah dengan cara mememarkan secara rimpang lalu dicelupkan ke dalam campuran masakan bersama dengan bumbu dan bahan lainnya. Sedangkan untuk pengobatan alami yang sering digunakan adalah dari jenis lengkuas merah atau Alpinia purpurata k. schum.

Loading...

Lengkuas merupakan salah satu jenis tanaman obat yang ampuh dijadikan sebagai obat tradisional untuk membantu menyembuhkan beberapa masalah kesehatan. Kandungan kesehatan dalam rimpang lengkuas bagi tubuh, seperti minyak atsiri, kamfer, seskuiterpen, kadien, resin, heksabidrokadalen hidrat, amilum dan banyak lagi yang lainnya, menjadikan lengkuas banyak dipakai dan direkomendasikan sebagai obat untuk beragam jenis penyakit.

Berikut adalah6 khasiat kesehatan dari rimpang lengkuas dalam pengobatan tradisional :

1. Sebagai anti-tumor

Hal ini erat kaitannya dengan penelitian yang menjelaskan bahwa rimpang lengkuas ampuh dalam menghambat enzim xanthin oksidase sebab banyak mengandung senyawa transkoniferil disasetat, asetoksi chavikol asetat, asetoksi eugenol setat dan zat bergizi lainnya.

2. Sebagai anti-inflamasi

Rimpang lengkuas menurut penelitian kesehatan banyak mengandung zat anti-inflamasi sehingga berguna dalam mengobati penyakit arthritis dan rheumatoid arthritis.

Lengkuas banyak mengandung karioferida, galangin, galangin 3 metil eter dan yang lainnya.

Hal ini juga membantu untuk meringankan ketidaknyamanan yang disebabkan karena peradangan pada perut dan bisul juga.

3. Sebagai antioksidan

Lengkuas mengandung sejumlah antioksidan yang membantu untuk meminimalkan kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas dan racun lainnya dalam tubuh.

4. Penambah nafsu makan

Selain menjadi bumbu masakan, lengkuas ternyata dapat dipakai sebagai jamu tradisional untuk menambah nafsu makan.

5. Mengatasi perut kembung

Gangguan perut kembung, atau sebah, pengaplikasiannya sangat mudah, ambil lengkuas merah 1 jari diiris tipis-tipis, rebus dalam 3 gelas air hingga menjadi 2 gelas. Minum secara rutin selama sakit, pagi atau sore sebelum makan, masing-masing 1 gelas.

6. Menghilangkan kurap

Rimpang lengkuas 4 jari, bawang putih 1 siung, giling hingga halus, tambahkan 1 sendok cuka, panaskan sebentar. Oleskan pada bagian tubuh yang kurap atau panu.

Itulah 6 manfaat atau khasiat dari rimpang lengkuas terutama dari jenis lengkuas merah untuk menjaga kesehatan tubuh kita dimana anda perlu untuk mengetahui.

7. Manfaat lainnya

Untuk meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh, masukkan lengkuas dalam diet Anda. Jika Anda menderita diare, mengunyah beberapa iris lengkuas segar dapat meringankan penyakit.

Selain menjadi sumber yang kaya zat besi, natrium, vitamin A dan C, lengkuas juga mengandung flavanoid dan fitonutrien.

Lengkuas juga dapat digunakan untuk mengendalikan mabuk transportasi atau mual, cukup dengan mengunyah beberapa iris lengkuas segar.