Loading...

Tips Praktis Memilih Alas Bedak

Penulis: Nuzulia Rubrik: Fashion, Wanita

TERUSKAN.COM – Tampil cantik pada setiap kesempatan pastilah menjadi keinginan setiap wanita. Berbagai cara pun dilakukan agar dapat tampil cantik sempurna, seperti perawatan kulit wajah dan tubuh, serta memilih kosmetik yang sesuai untuk wajah. Tak jarang seorang wanita menghabiskan banyak rupiah untuk memenuhi kebutuhannya.

Salah satu kosmetik yang “wajib” dimiliki oleh para wanita adalah alas bedak atau yang biasa di sebut foundation. Alas bedak merupakan kosmetik dasar yang berfungsi untuk membuat wajah menjadi lebih cerah. Selain itu, alas bedak juga diaplikasikan guna lebih menguatkan riasan wajah sehinggabedak menempel lebih lama.

Tips Praktis Memilih Alas Bedak

Loading...

Ada beberapa jenis alas bedak, diantaranya alas bedak cair (liquid foundation), alas bedak krim (cream foundation), dan alas bedak padat (stick/care foundation).

Alas bedak cair adalah salah satu jenis alas bedak ringan yang cocok digunakan untuk riasan wajah sehari-hari pada kulit berminyak. Sedangkan alas bedak krim cocok untuk kulit kering. Alas bedak padat adalah salah satu jenis alas bedak yang berat. Tidak disarankan untuk di gunakan sebagai riasan wajah untuk penggunaan sehari-hari, gunakan untuk riasan wajah tertentu seperti saat hendak menghadiri sebuah pesta.

Memilih alas bedak pun tidak boleh sembarangan. Salah memilih alas bedak dapat berefek buruk pada wajah. Mulai dari ketidaksesuaian dengan warna kulit, yang bisa menyebabkan riasan menjadi jelek, hingga iritasi kulit. Jika sudah begini, tentu penyembuhannya akan memakan biaya yang lebih mahal lagi.

Oleh karenanya dibutuhkan tips-tips khusus untuk memilih alas bedak.

1. Sesuaikan alas bedak dengan warna dan jenis kulit

Untuk mengetahui alas bedak mana yang cocok dengan warna dan jenis kulit, Anda harus memahami dulu warna dan jenis kulit wajah Anda. Hal ini dibutuhkan agar terjadi kesesuaian antara alas bedak dan kulit wajah anda. Selain itu, riasan wajah tentunya akan lebih baik.

Untuk mengetahui jenis alas bedak yang cocok untuk kulit Anda, Anda bisa melakukan konsultasi dengan ahli kecantikan terlebih dahulu.

3. Mencoba sebelum membeli

Saat hendak membeli alas bedak sebaiknya tidak menggunakan riasan wajah. Hal ini untuk menemukan alas bedak yang cocok dengan kulit Anda.

Lakukan uji coba terhadap alas bedak yang akan Anda beli. Caranya ialah dengan mengaplikasikan alas bedak pada kulit rahang Anda, karena kulit pada bagian ini mewakili keseluruhan kulit wajah Anda.

Saat melakukan uji coba oleskan beberapa warna dasar alas bedak pada kulit wajah Anda. Lakukan uji coba ini di tempat yang cukup terang. Tunggu beberapa menit untuk mengetahui alas bedak mana yang cocok dengan kulit wajah Anda.

4. Pilih warna yang hampir sama dengan warna kulit

Untuk menutupi noda di kulit wajah, pilih yang setingkat lebih terang. Sedangkan untuk membuat kulit tampak lebih putih/gelap, pilih alas bedak yang warnanya tidak terpaut jauh dari warna kulit Anda.

(photo: uniprix.com)