Loading...

Olahraga Praktis Menjelang Buka Puasa

Penulis: Nuzulia Rubrik: Kesehatan

Olahraga Praktis Menjelang Buka PuasaTERUSKAN.COM – Menjalankan ibadah puasa memang menyebabkan ritme aktivitas kita sedikit berubah, karena kita harus makan sahur di malam hari, serta berbuka puasa di sore hari.

Namun, perubahan ritme aktivitas itu seharusnya tidak boleh sampai mengganggu aktivitas yang sudah rutin kita jalankan setiap harinya, misalnya saja olahraga.

Beberapa dari kita mungkin tak melakukan olahraga saat berpuasa karena takut dehidrasi atau merasa lapar. Padahal melakukan olahraga sangat penting untuk menjaga kebugaran tubuh, apalagi saat menjalankan ibadah puasa.

Loading...

Bagaimana melakukan olahraga saat berpuasa?

Tentunya berolahraga saat sedang berpuasa harus disesuaikan dengan perubahan ritme aktivitas sehari-hari. Jika dalam keseharian berolahraga dilakukan di pagi hari, kita dapat melakukannya di sore hari sembari menunggu waktu berbuka puasa. Porsinya pun dapat kita kurangi tidak sebanyak pada hari-hari biasanya.

Jika biasanya dilakukan setiap hari, mungkin selama berpuasa kita bisa melakukannya 2 hingga 3 kali dalam seminggu. Atau, jika biasanya Anda melakukannya selama 1 jam, Anda bisa melakukannya selama 30 hingga 45 menit saja dalam sekali olahraga.

Nah, berikut adalah beberapa jenis olahraga yang dapat dilakukan di sore hari, sembari menunggu waktu berbuka puasa tentunya:

1. Jogging

Bagi Anda yang senang jogging di pagi hari, Anda tetap bisa melakukan olahraga ini di sore hari menjelang berbuka puasa, agar setelah berolahraga Anda dapat segera mengganti energi yang terbuang dengan makanan dan minuman yang manis sehingga terhindar dari dehidrasi.

Lakukan olahraga ini 1 atau 2 jam sebelum waktu berbuka. Atau jika Anda tak melakukan jogging saat berpuasa, Anda dapat menggantinya dengan jalan santai di sore hari, namun dengan ritme yang cepat, agar tetap bisa membakar kalori. Bisa juga dilakukan sambil berjalan-jalan untuk mencari menu santapan berbuka puasa.

2. Catur

Jika Anda termasuk penggema  olahraga mengasah otak yang satu ini, tak ada salahnya jika Anda sesekali bermain catur sembari menunggu waktu berbuka puasa.

Anda bisa mengundang teman anda untuk bermain catur sekaligus mengajaknya buka puasa bersama, pun mengajak anggota keluarga lainnya yang juga menggemari olahraga catur.

Selain merupakan olahraga yang murah, bermain catur tidak banyak mengeluarkan energi seperti halnya jogging. Dan tentunya, Anda juga dapat mengasah ketajaman otak Anda.

3. Bersepeda

Melakukan aktivitas bersama teman, saudara, atau pasangan saat Bulan Ramadhan adalah hal yang menyenangkan.

Salah satunya adalah bersepeda. Anda dapat melakukan olahraga ini, sama halnya dengan jogging, sekitar 1 atau 2 jam sebelum waktu berbuka puasa tiba.

4. Senam

Melakukan peregangan otot saat berpuasa sangat dianjurkan, agar otot tidak kaku. Salah satu bentuk peregangan otot adalah melakukan senam sederhana dengan gerakan pemanasan, gerakan inti, dan gerakan pendinginan.

Melakukan peregangan otot dapat melemaskan otot-otot tubuh. Anda dapat melakukan olahraga ini secara mandiri di rumah dengan membeli kaset atau video tutorial senam yang banyak dijual di pasaran.

Tunggu apalagi? Yuk, berolahraga!

(photo: breakingmuscle.com)