Loading...

Tips Sehat di Bulan Ramadhan

Penulis: Mayrani Rubrik: Kesehatan

Tips Sehat di Bulan RamadhanTERUSKAN.COM – Selama bulan suci Ramadan, diet kita seharusnya tidak banyak berbeda dari diet normal di hari-hari biasa, dan harus sesederhana mungkin. Diet harus sedemikian rupa sehingga dapat mempertahankan berat badan normal kita, tidak turun ataupun naik.

Namun, jika Anda memiliki berat badan berlebih, Ramadhan adalah waktu yang ideal untuk menormalkan berat badan seseorang.

Konsumsi makanan yang lambat dicerna

Mengingat membutuhkan waktu berjam-jam untuk berpuasa, kita harus mengonsumsi makanan yang lambat dicerna, termasuk makanan yang mengandung serat, daripada makanan yang dapat dicerna lebih cepat.

Loading...

Makanan yang lambat dicerna dapat bertahan hingga 8 jam, sementara makanan yang cepat dicerna hanya bertahan selama 3 sampai 4 jam.

Makanan yang lambat dicerna adalah makanan yang mengandung gandum dan biji-bijian seperti barley, gandum, oat, millet, semolina, kacang-kacangan, tepung gandum, beras, dan lain sebagainya, disebut sebagai karbohidrat kompleks. Makanan yang cepat dibakar adalah makanan yang mengandung gula, tepung putih, dan banyak lagi, disebut karbohidrat olahan.

Makanan yang mengandung serat ialah makanan yang mengandung dedak, gandum, biji-bijian, sayuran seperti kacang hijau, kacang polong, sumsum, tepung, bayam, dan rempah-rempah lain seperti daun bit (kaya zat besi), buah dengan kulit, buah kering terutama buah ara dan plum, almond, aprikot kering, dan lain sebagainya.

Makanan yang dimakan harus seimbang, mengandung makanan dari setiap kelompok makanan, yaitu buah-buahan, sayuran, daging/ayam/ikan, roti/sereal dan produk susu. Makanan yang digoreng tidaklah sehat dan harus dibatasi karena dapat menyebabkan gangguan pencernaan, mulas, dan masalah berat badan.

Yang harus dihindari!

Hindari:

– Gorengan dan makanan berlemak
– Makanan yang mengandung terlalu banyak gula
– Makan terlalu banyak, terutama saat sahur
– Terlalu banyak minum teh saat sahur. Teh membuat Anda lebih banyak mengeluarkan urin, mengambil garam mineral berharga yang tubuh Anda butuhkan di siang hari.
– Merokok. Merokok tidak sehat dan salah satu harus berhenti total.

Makanan dan Minuman

Makan karbohidrat kompleks saat sahur sehingga makanan bertahan lebih lama, membuat Anda kurang lapar. Kurma adalah sumber gula, serat, karbohidrat, kalium dan magnesium yang sangat baik. Almond kaya akan protein dan serat dengan sedikit lemak. Pisang adalah sumber kalium, magnesium dan karbohidrat yang baik.

Ikuti Sunnah: berbuka puasa dengan kurma dan susu, air, atau jus buah. Setelah salat maghrib, lanjutkan dengan makanan yang agak ringan seperti sup. Setelah itu, Anda perlu mengonsumsi cairan dan menaikkan kadar gula darah tanpa berlebihan.

Makan malam dengan makanan yang sehat dan seimbang. Jangan makan berlebihan, dan pastikan untuk minum gelas beberapa cairan, sehingga tubuh Anda dapat menyesuaikan kadar cairan pada waktunya.

Bahkan jika Anda umumnya merasa sehat, rencanakan jadwal makanan Anda lebih awal untuk memastikan Anda mendapatkan nutrisi, hidrasi, dan semua yang Anda butuhkan.

Ingat! Selama jam malam, tahanlah godaan untuk minum teh, kopi, dan soda. Ketika mengunjungi teman atau keluarga, mintalah segelas air.

Olahraga 

Lakukan olahraga ringan, seperti berjalan kaki selama 15-20 menit, paling baik dilakukan di malam hari.

Dan jangan lupa, atur jadwal Anda sehingga Anda mendapatkan cukup tidur.

(photo: www.fashioncentral.pk)