Loading...

Tips Merawat dan Membersihkan Perhiasan Emas

Penulis: Nuzulia Rubrik: Fashion, Wanita

TERUSKAN.COM – Memiliki barang mewah seperti perhiasan dari emas bagi sebagian wanita sudah menjadi gaya hidup.

Entah itu gelang, kalung, cincin, atau giwang yang terbuat dari emas asli akan menambah rasa percaya diri bagi wanita saat bersosialisasi, karena perhiasan dianggap sebagai salah satu simbol keanggunan bagi wanita.

Tips Merawat dan Membersihkan Perhiasan Emas

Loading...

Ya, seorang wanita akan merasa lebih cantik dan anggun saat menggunakan perhiasan. Bagi sebagian wanita, perhiasan emas tak hanya untuk dipakai berhias diri saja.

Beberapa wanita juga menggunakan perhiasan emas sebagai sarana untuk berinvestasi.

Memiliki barang “mahal” seperti ini, jelas sebagai wanita kita harus pandai-pandai merawatnya. Karena jika tidak dirawat dengan baik, perhiasan tersebut akan rusak sehingga dimungkinkan mengurangi nilai jualnya.

Emas murni (24k) sangat lembut sehingga membuat emas cukup kuat untuk digunakan dalam perhiasan. Logam lainnya dicampur, menciptakan paduan. Emas adalah unsur lembam sehingga tidak merusak, tetapi perak dan tembaga dalam paduan mungkin bereaksi terhadap oksigen, sulfur dan kelembaban di udara dan akhirnya perhiasan emas berubah gelap.

Cara Membersihkan Perhiasan Emas

Merawat perhiasan yang terbuat dari emas tidaklah rumit. Kita dapat membersihkan perhiasan sendiri di rumah saat sudah terlihat kotor. Bagaimana membersihkan perhiasan yang terbuat dari emas?

1. Siapkan air hangat dalam sebuah wadah. Masukkan detergen atau cairan pencuci piring secukupnya. Jangan gunakan cairan pencuci piring yang mengandung amonia karena dapat merusak warna alami dari logam emas.

Sebaiknya, saat membersihkan perhiasan, lakukan di atas meja. Jangan membersihkan perhiasan di atas wastafel karena dapat beresiko perhiasan jatuh ke saluran pembuangan wastafel.

2. Rendam perhiasan emas yang akan Anda bersihkan di dalam wadah tersebut selama kurang lebih 15 menit. Jikalau memang perhiasan Anda benar-benar kotor, Anda dapat merendamnya hingga 1 jam agar kotorannya benar-benar terangkat.

3. Sikat perhiasan emas tersebut deengan menggunakan sikat gigi dengan bulu halus, untuk menghilangkan kotoran di sela–sela perhiasan.

4. Bilas perhiasan yang sudah Anda sikat tadi dengan menggunakan air hangat namun tidak diberi detergen atau cairan pencuci piring. Hal ini untuk menghilangkan sisa-sisa detergen/cairan pencuci piring yang Anda gunakan.

Atau bila perlu Anda dapat merendam dan menyikatnya lagi hingga benar–benar bersih. Sikatlah dengan lembut agar tidak merusak perhiasan.

5. Keringkan perhiasan yang sudah dibersihkan tadi dengan kain lap yang bersih dan lembut, seperti kain katun. Hindari penggunaan produk kertas seperti jaringan karena mengandung partikel kayu yang bisa menggores permukaan emas.

6. Simpan perhiasan yang sudah Anda bersihkan tadi ke dalam kotak atau kantong perhiasan. Pisahkan perhiasan dalam beberapa kantong jika jenisnya berbeda, kemudian simpan di tempat yang kering dan tertutup.

Bahkan dengan logam paduan, emas masih sangat lembut dan mudah tergores. Jangan gunakan pasta gigi atau baking soda untuk membersihkan perhiasan emas, karena mereka terlalu abrasif. Gunakan hanya cairan pencuci piring non-fosfat ringan.

Tips Menyimpan Perhiasan Emas

Sebelum menyimpan, biarkan perhiasan emas di udara kering sepenuhnya, semalaman jika mungkin. Kelembaban mempercepat proses noda, jadi penting untuk memastikan perhiasan emas Anda kering sebelum menyimpannya.

Jika perhiasan emas Anda dirawat dan disimpan dengan benar, Anda mungkin tidak perlu membersihkannya. Itu berarti melindungi perhiasan emas Anda dari tergores, menjaganya agar tetap dalam keadaan kering dengan menggunakan silika dalam kotak perhiasan atau menempatkan masing-masing bagian dalam kantong plastik kedap udara.

Plastik kedap udara, selain menjaganya tetap kering, juga memberikan logam paduan kurang oksigen untuk bereaksi, dan menjaga perhiasan emas Anda jauh dari penghasil sulfur seperti karet gelang.

Selamat mencoba!

(photo: http://walnutgoldsilver.com/)