Loading...

6 Cara Sederhana Agar Tetap Seimbang, Sesibuk Apapun Anda

Penulis: Mayrani Rubrik: Dunia Karir, Keluarga

6 Cara Sederhana Agar Tetap Seimbang, Sesibuk Apapun AndaTERUSKAN.COM – Hidup menjadi sangat sibuk dengan pekerjaan, keluarga, dan kegiatan sosial.

Sangat mudah untuk membiarkan diri Anda terjebak dalam kesibukan dan lupa meluangkan waktu untuk diri sendiri, tetapi jika Anda mulai mengabaikan diri sendiri, maka semua aspek kehidupan Anda akan terpengaruh.

Mungkin tampaknya tidak mudah, tetapi Anda dapat memulai untuk tetap seimbang dengan mengambil langkah-langkah dalam mengelola hidup Anda.

Loading...

1. Berolahraga

Hal ini mungkin terdengar seolah justru menambah pekerjaan. Namun tidak demikian. Bahkan berjalan atau jogging di sekitar lingkungan Anda dapat membuat Anda merasa lebih baik.

Olahraga menghasilkan adrenalin, memompa jantung Anda, dan membantu darah beredar ke seluruh tubuh Anda. Semua hal ini membantu tubuh dan pikiran Anda terasa segar kembali.

2. Beristirahat

Terlalu banyak yang harus dilakukan, hingga merasa tak punya waktu untuk beristirahat? Atau jika Anda berhasil menutup mata Anda, anak-anak Anda muncul dan mulai mengajukan pertanyaan? Bagaimanapun, luangkan waktu!

Pada kenyataannya, istirahat dan berolahraga saling berkaitan. Olahraga mengaktifkan tubuh Anda, sementara beristirahat juga membantu memperkuat kembali tubuh dan pikiran.

Anda tidak harus mengambil satu jam tidur siang atau menutup mata. Hanya mengambil beberapa waktu untuk berbaring, namun Anda merasa paling nyaman dan melupakan tanggung jawab Anda. Pikiran-pikiran tidak memiliki ruang selama waktu istirahat Anda.

Anda tidak perlu tahu bagaimana cara bermeditasi guna bersantai tanpa tidur; biarkan pikiran Anda kosong, atau jika Anda lebih suka pergi ke tempat yang menyenangkan, cobalah untuk fokus pada hal itu, bukan kekhawatiran Anda.

3. Pelihara Jiwa

Apa yang membuat Anda merasa seperti Anda?

Anda mungkin seorang akuntan, tetapi merasa seolah diri Anda yang sebenarnya adalah seorang seniman. Atau mungkin Anda suka merajut, bahkan jika Anda tidak menjualnya secara online. Mungkin Anda menganggap diri Anda seorang penulis, bahkan jika tidak ada seorang pun yang pernah membaca tulisan Anda.

Setiap outlet kreatif yang Anda miliki perlu dieksplorasi, terlepas dari apakah Anda ingin “menjadi” sesuatu yang penting atau tidak. Menjelajahi upaya-upaya kreatif yang tidak terkait dengan pekerjaan penuh-waktu Anda akan membantu Anda memelihara jiwa Anda.

Begitu banyak waktu yang dihabiskan di tempat kerja, dan menghabiskan terlalu banyak waktu luang memikirkan tentang pekerjaan. Lupakan semua itu di luar jam kerja, dan dedikasikan waktu untuk hal-hal yang membuat Anda merasa senang, dan membuat Anda merasa selaras dengan diri Anda.

4. Luangkan waktu untuk orang yang Anda cintai

Mungkin Anda mencoba melakukan multitasking sementara sedang bersama keluarga, bekerja sekaligus bersenang-senang bersama mereka. Anda mungkin berpikir bahwa mereka akan selalu ada di sekitar Anda, sehingga Anda dapat duduk dan menghabiskan waktu dengan mereka nanti, tapi itu tidak benar.

Anggota keluarga Anda memiliki kehidupan mereka sendiri. Saat Anda dengan keluarga Anda, pastikan Anda benar-benar bersama mereka. Jika Anda terus khawatir tentang apa yang perlu dilakukan berikutnya, Anda tidak akan menikmati waktu Anda dengan yang lain.

Anda perlu untuk bersenang-senang, apakah itu menonton film, bermain game, membuat makan malam, atau membersihkan rumah bersama-sama. Prioritas Anda haruslah keluarga Anda, bukan apa yang Anda lakukan atau apa yang akan terjadi selanjutnya.

5. Maksimalkan Output

Beberapa dari kita mungkin berpikir multitasking adalah jawaban dari pekerjaan yang menumpuk.

Multitasking sebenarnya berarti Anda mengambil waktu dan konsentrasi jauh dari satu tugas dan menerapkannya ke yang lain, dan ketika Anda mencoba untuk kembali ke tugas pertama, Anda harus meluangkan waktu ekstra untuk memperkenalkan kembali diri Anda dengan apa yang perlu dilakukan.

Alih-alih mencoba untuk multitasking dan mengambil tiga kali waktu lebih lama untuk menyelesaikan tiga tugas, fokus sepenuhnya pada satu tugas untuk suatu waktu, dan selesaikan sebelum berpindah. Ini akan membuat Anda merasa seimbang.

Jika ada banyak pekerjaan yang harus diselesaikan dalam tempo tertentu, selesaikan sebagian besar saat ini dan lakukan sebanyak yang Anda bisa, bukannya menunda-nunda. Anda akan merasa lebih baik setelah Anda menyelesaikan proyek Anda, dan Anda akan mendapatkan waktu untuk bersantai.

6. Jangan takut katakan tidak

Banyak orang merasa untuk tidak menolak proyek. Hal ini dapat merugikan karena Anda tidak akan punya waktu untuk menyelesaikan segala sesuatu, sehingga Anda akan mengambil jalan pintas pada beberapa tugas Anda.

Atau, bahkan lebih negatif, Anda akan stres sendiri dan kurang tidur karena begitu sibuk. Jangan takut untuk mengatakan tidak untuk lebih banyak tanggung jawab di tempat kerja jika itu akan mempengaruhi seberapa baik Anda melakukan pekerjaan Anda.

Katakan tidak untuk membuat cupcake bersama keluarga sebelum pesta. Jangan memberikan alasan ketika Anda mengatakan tidak, katakan saja bahwa Anda tidak mampu menangani tugas tersebut saat ini. Dan pastikan Anda tetap fokus untuk menjaga kehidupan Anda tetap seimbang.

(photo: www.lifehack.org)