Loading...

Creambath Ala Puteri Keraton

Penulis: Nila Rubrik: Kesehatan, Wanita

Creambath Ala Puteri KeratonTERUSKAN.COM – Creambath merupakan salah satu jenis perawatan rambut dan kulit kepala, dengan cara melakukan gerakan pijatan lembut seperti mengurut kulit kepala hingga bahu dengan teknik pengurutan yang teratur dan dibantu pemakaian cream khusus untuk creambath.

Setelah creambath, dilanjutkan dengan pemberian hair tonic pada rambut dan kulit kepala yang sangat membantu untuk memperkuat akar rambut sekaligus memberi rasa segar. Hair tonic diberikan setelah rambut dikeringkan.

Melakukan perawatan creambath minimal dua kali dalam sebulan dapat digunakan sebagai cara sederhana untuk menghilangkan stress setelah menjalani rutinitas pekerjaan yang sangat padat.

Loading...

Putri Keraton Solo dan Yogya kerap merawat rambut dengan cara creambath tradisional yang dapat dilakukan sendiri di rumah. Salah satunya adalah dengan memakai cemceman seperti creambath versi kuno. Cara ini dipercaya ampuh menyuburkan rambut dan melembabkan kulit kepala, menyehatkan dan menutrisinya dari akar rambut.

Berikut adalah cara perawatan creambath ala putri keraton:

1. Cemceman dan Shampoo Merang

Cara membuatnya cukup mudah. Campurkan minyak kelapa, daun mangkokan, daun waru dengan minyak kemiri, irisan daun pandan, sari pati jeruk purut, serta bunga kenanga dan melati. Sediakan dalam jumlah cukup lalu direbus menjadi satu hingga mendidih dan dinginkan, kemudian disaring.

Diamkan air hasil rebusan tersebut selama semalaman. Setelah itu, Anda dapat mengaplikasikannya.

Anda tinggal memakainya di kulit kepala, ratakan ke seluruh kepala sambil melakukan pijatan-pijatan secara perlahan. Ritual ini pada umumnya diikuti dengan shampoo merang.

Shampoo merang merupakan abu dari batang padi yang dibakar, dikeringkan dan direbus, kemudian diambil sarinya. Manfaat yang bisa diambil adalah meluruhkan kotoran yang melekat pada rambut sekaligus membuatnya menjadi hitam legam dan berkilau.

Apabila Anda malas membuatnya, cobalah cemceman dan shampoo merang instan dalam bentuk praktis. Meskipun dalam bentuk praktis, bahan-bahannya tetap memakai resep tradisional peninggalan keraton jaman dahulu.

2. Strawberry Segar dan Mayones

Merupakan creambath untuk mengatasi rambut bercabang, menjadikan rambut sehat, halus dan bercahaya.

Caranya: Siapkan 8 buah strawberry segar dan mayones. Cuci buah strawberry terlebih dulu, lumatkan dengan memakai blender. Ambil 1 sendok makan mayones, dicampurkan dengan strawberry yang telah menjadi pasta tadi. Aduk sampai menjadi adonan seperti jus kental.

Krim strawberry siap untuk digunakan sebagai masker creambath.

3. Alpukat dan Mayones

Bermanfaat untuk mengatasi masalah rambut kering atau melembutkan rambut kasar.

Caranya: Siapkan buah alpukat dan mayones, potong alpukat menjadi 2 bagian, pakailah setengah dari buah alpukat.

Ambil daging alpukat dengan memakai sendok teh dan taruh di mangkuk besar. Lalu lumatkan alpukat dengan blender. Campurkan alpukat yang sudah lumat dengan satu sendok mayones. Aduk rata. Krim alpukat siap dipakai untuk creambath.

Jika Anda tidak mempunyai waktu luang untuk melakukan perawatan creambath di salon, Anda dapat mencoba membuat dan melakukannya sendiri di rumah. Pastinya tetap sehat, menyenangkan, dan bebas dari bahan kimia.

 (photo: http://colekcolek.com)