Loading...

Ketahui 10 Aturan dalam Menggunakan Kartu Kredit

Penulis: Mayrani Rubrik: Finansial

Ketahui 10 Aturan dalam Menggunakan Kartu KreditTERUSKAN.COM – Kartu kredit bisa menjadi keuntungan besar, memberikan ruang bernapas ketika Anda membutuhkan uang tunai untuk menekan biaya seperti biaya sewa, bahan makanan atau gas.

Namun, kartu kredit dapat dengan cepat berubah dari pengaman finansial hingga sesuatu yang membebani jika Anda tidak menggunakannya dengan bijak.

Terdapat aturan penggunaan kartu kredit yang jika Anda ikuti akan memberikan keuntungan, tanpa harus berurusan dengan sakit kepala.

Loading...

Berikut adalah tips untuk menggunakan kartu kredit dengan bijak:

1. Jangan registrasi untuk setiap kartu kredit yang ditawarkan pada Anda

Jika Anda sudah memiliki satu kartu kredit atau jika Anda memiliki skor kredit yang layak, kemungkinan besar Anda akan menerima tawaran kartu kredit pra-persetujuan melalui email. Akan tetapi, tidak berarti bahwa Anda harus menerima setiap tawaran yang datang.

Pertama, lihat apakah Anda memang memerlukan kartu kredit lainnya. Jika ya, luangkan waktu selama setengah jam untuk membaca berbagai undangan yang Anda terima untuk melihat kartu mana yang bisa memberikan manfaat terbaik.

Faktor-faktor penting yang harus Anda pertimbangkan adalah APR%, biaya tahunan, periode bunga pengantar 0%, biaya keterlambatan pembayaran, batas kredit, dan biaya kartu.

Ingat, memiliki banyak kartu kredit tidak hanya menjadi dapat meningkatkan basis kreditur Anda, tapi juga merupakan cara yang potensial untuk mempengaruhi skor kredit Anda secara negatif.

2. Jauhkan saldo kartu Anda hingga $0, sebanyak yang Anda bisa

Bila Anda menggunakan kartu kredit, Anda tahu bahwa perusahaan kartu kredit Anda memberi Anda beberapa hari bebas bunga.

Jika Anda melunasi saldo Anda selama periode ini, Anda tidak akan membayar biaya bunga, sekaligus memiliki kemampuan untuk memutar uang Anda selama beberapa hari.

Namun, ini hanya akan terjadi jika Anda melunasi saldo Anda.

3. Hindari kebiasaan pembayaran minimum

Salah satu perangkap terburuk yang menyebabkan bahaya kartu kredit adalah ketika Anda hanya melakukan pembayaran minimum bulanan. Sangat penting bagi Anda untuk melakukan matematika yang benar ketika merencanakan jadwal pembayaran kartu kredit.

4. Jangan pernah melewatkan tenggat pembayaran

Salah satu aturan utama dari penggunaan kartu kredit yang cerdas adalah membayar tepat waktu, setiap waktu. Meskipun banyak orang berniat untuk melunasi kartu kredit tepat waktu, tidak sedikit yang akhirnya lupa.

Melewatkan tenggat waktu selama beberapa hari mungkin tampaknya bukan masalah besar bagi Anda, tetapi perusahaan kartu kredit akan sangat cepat memungut biaya keterlambatan dan bahkan mungkin meningkatkan APR% Anda, terutama jika Anda terlambat lebih dari satu kesempatan.

Jadi, pastikan bahwa Anda tidak pernah terlambat!

5. Periksa pernyataan Anda, lagi dan lagi

Laporan kartu kredit tidak biasanya melakukan transaksi yang salah. Kadang-kadang, pembelian bisa saja ditagih dua kali pada kartu kredit Anda dan Anda tidak akan pernah tahu kecuali Anda secara fisik memeriksa laporan kartu kredit Anda.

Selain itu, jika Anda menggunakan kartu kredit Anda untuk pembayaran berkala, terutama untuk layanan dengan fasilitas online, Anda dapat dengan cepat melupakan biaya tambahan pada laporan kartu kredit Anda setiap bulan.

Mengecek laporan kartu kredit setiap bulan akan memungkinkan Anda untuk tetap mengetahui pengeluaran Anda dan juga membantu Anda dengan cepat menyelidiki pembelian atau biaya yang mungkin telah ditambahkan ke akun Anda.

6. Laporkan kartu kredit hilang atau disalahgunakan dengan segera

Jika Anda pernah salah menaruh kartu kredit atau menerima teks yang menunjukkan bahwa transaksi yang tidak diketahui telah didebet ke kartu kredit Anda, sangat penting bagi Anda untuk segera menghubungi perusahaan kartu kredit Anda untuk memblokirnya.

Ketika kartu kredit Anda berakhir di tangan yang salah, kredit yang diperoleh dengan susah payah bisa habis hanya dalam beberapa detik. Meskipun Anda akan memiliki kesempatan untuk membuktikan bahwa Anda telah ditipu, itu akan tanpa ragu menjadi proses yang panjang, mengakibatkan frustasi dan sulit.

7. Jangan pernah menarik uang tunai dari kartu kredit Anda

Jika APR% tinggi dari kartu kredit Anda tidak cukup buruk, Anda akan terkejut ketika Anda mengetahui lebih lanjut berapa banyak yang akan ditagihkan perusahaan kartu kredit kepada Anda ketika Anda menarik uang muka pada kartu kredit Anda.

Pertama, Anda akan dikenakan biaya 2% sampai 4% dari jumlah penarikan Anda sebagai biaya uang muka. Selanjutnya, Anda akan dikenakan biaya ATM, sekitar $5. Kemudian, di atas semua ini, Anda akan membayar tingkat bunga yang jauh lebih tinggi daripada APR% biasanya.

Terakhir, Anda tidak mendapatkan masa tenggang bebas bunga pinjaman tunai kartu kredit Anda.

8. Jangan mengisi kartu Anda hanya untuk mendapatkan hadiah

Penerbangan, penyewaan mobil atau poin gratis di berbagai toko mungkin terdengar seperti insentif menarik untuk menggunakan kartu kredit Anda. Anda mungkin berpikir bahwa itu adalah salah satu cara bagi Anda untuk benar-benar membuat perusahaan kartu kredit membayar Anda sebagai gantinya, bukan? Salah!

Faktanya adalah bahwa keuntungan selalu menjadi milik perusahaan kartu kredit. Mereka tahu bahwa Anda harus menghabiskan sejumlah besar uang pada kartu kredit untuk mendapatkan jumlah poin wajar yang kemudian dapat digunakan seperti uang belanja. Mereka juga tahu bahwa Anda akan selalu goyah ketika ingin menjaga saldo di $0.

Ketika mereka mendapatkan kesempatan untuk menambah bunga pada kartu kredit Anda, bunga yang Anda bayar pada kartu kredit Anda dengan mudah akan menjadi lebih dari hadiah yang Anda dapatkan tadi, sehingga alih-alih keuntungan, Anda malah mendapatkan beban keuangan.

9. Negosiasi dan tawar-menawar dengan perusahaan kartu kredit Anda

Apakah Anda menjadi pelanggan kartu kredit yang baik selama bertahun-tahun, melunasi saldo Anda dan menjaga saldo tetap rendah? Jika ya, Anda layak untuk dihargai dengan tingkat bunga yang lebih rendah.

Yang harus Anda lakukan adalah memintanya. Hubungi layanan pelanggan baris perusahaan kartu kredit Anda dan minta account manager.

Setelah Anda berhubungan dengan mereka, minta mereka untuk merevisi APR% Anda, mengutip bahwa Anda layak untuk dikenakan biaya lebih sedikit karena telah menjadi pelanggan ideal.

Anda akan terkejut mengetahui bahwa revisi tersebut sering dilakukan oleh perusahaan kartu kredit. Namun mereka akan jarang melakukannya sendiri.

Angkat telepon dan bernegosiasilah. Anda juga dapat meminta biaya keterlambatan pembayaran agar dibatalkan pada saat Anda membuat keterlambatan pembayaran yang langka terjadi.

10. Laporkan segera jika Anda mengalami kesulitan melunasi kartu kredit Anda

Jika memiliki waktu yang sulit dan Anda tidak melihat bagaimana Anda akan dapat melunasi kartu kredit Anda dalam beberapa bulan mendatang, mungkin bijaksana untuk membuat panggilan proaktif pada perusahaan kartu kredit Anda untuk menjelaskan situasi keuangan Anda.

Ketika Anda melakukan ini, mereka akan memberikan rencana pembayaran alternatif. Selain mendapatkan jangka waktu pembayaran yang sedikit lebih santai dan lebih banyak waktu untuk melunasi kartu kredit Anda, Anda juga akan mengurangi kemungkinan skor kredit Anda yang terkena dampak negatif saat Anda melewatkan atau menunda pembayaran.

(photo: www.lifehack.org)