Loading...

Ini Dia, 7 Cara Memotivasi Pasangan Anda

Penulis: Amanda Rubrik: Keluarga

Ini Dia, 7 Cara Memotivasi Pasangan AndaTERUSKAN.COM – Setiap orang memiliki tantangan tersendiri dalam hidupnya. Saat ini banyak orang juga mudah lelah dan capek karena stress, dan beberapa masalah serius  lainnya seperti tidak menyenangi pekerjaan yang dilakukan atau bahkan telah kehilangan pekerjaan tersebut.

Saat pasangan Anda mengalami saat-saat terburuk dalam hidupnya, disitulah peran Anda dibutuhkan untuk memberinya semangat dalam memperbaiki masalah dan memulai langkah baru yang lebih positif.

Berikut adalah 7 tips dan cara memotivasi pasangan Anda:

Loading...

1. Sarankan Langkah Kecil

Terkadang rencana dan mimpi yang dimiliki pasangan terlampau besar dan jauh. Namun tidak ada hal  yang tidak mungkin, bukan? Hanya saja semua ini dapat diwujudkan dengan tindakan dan usaha.

Sarankan pasangan untuk melakukan usaha meraihnya namun dengan langkah kecil dan pantang menyerah. Bagikan juga saran dan pengalaman yang telah Anda miliki yang bermanfaat untuk mewujudkan mimpinya.

2. Berikan Bukti Kesuksesannya

Saat pasangan Anda merasa buruk dan kehilangan percaya dirinya perlahan-lahan, coba untuk memberinya semangat dengan cara memberikan bukti bahwa mereka tidak seburuk yang mereka pikirkan.

Ceritakan kembali masa-masa sukses mereka, prestasi yang mereka telah raih, bakat yang mereka miliki dan lain sebagainya.

Gunakan hal-hal tersebut sebagai penyemangatnya.

3. Cari Alasan Baik

Ketika pasangan mulai sering mengeluh dan berpikir negatif, jangan buru-buru memarahi atau memulai debat dengannya.

Carilah suasana yang nyaman untuk berbicara dengannya dan cobalah untuk menjadi pendengar yang baik. Setelah itu ungkapkan pendapat Anda dan mulainya memberinya saran dan nasehat yang berguna.

4. Jangan Menuntut

Saat kita ingin membantu seseorang menghadapi masa-masa sulitnya, jangan memberi tekanan yang justru semakin memperburuk keadaannya seperti menuntut yang macam-macam.

Memaksa bahkan mengancam tidak akan menyelesaikan masalah. Beri dia sedikit ruang untuk berpikir dan bantulah ia terutama dalam sisi emosional

5. Jangan Memberi Terlalu Banyak Pujian

Memberi semangat dengan mengatakan hal-hal baik tentang dirinya memang dapat menjadi salah satu cara untuk membantunya keluar dari masa sulit.

Namun ada kalanya Anda juga harus mengetahui batas agar Anda tidak memuji dia terlalu jauh dan berlebihan yang akan membuat semuanya tidak nyata.

Katakan berdasarkan apa yang Anda rasakan dan berikan nasihat-nasihat yang logis dan tidak terlalu klise.

6. Berikan Imbalan

Salah satu cara untuk memberi semangat kepada pasangan Anda adalah dengan berjanji untuk memberinya imbalan jika mereka berhasil dalam suatu hal.

Mentraktirnya makan, mengajaknya traveling seharian ke suatu tempat hingga memberinya sebuah kejutan menarik dapat menjadi salah satu motivasi yang baik.

7. Ambil Segi Positifnya

Yang membuat seseorang semakin mudah stress dan tertekan saat menghadapi masalah ialah ketika mereka sering mengambil sisi negatifnya dan terus menerus berkeluh kesah.

Saat pasangan Anda dirungung masalah, cobalah lihat pula sisi positifnya. Dari situlah Anda dan pasangan dapat melihat masalah tersebut dari sisi yang berbeda.

***

Itulah 7 tips untuk memberikan motivasi kepada pasangan Anda dalam menghadapi masalah. Dukung terus pasangan Anda dan cobalah untu menjadi orang yang memahami dia dan memberinya semanga untuk menjadi lebih baik.

Semoga bermanfaat.

(photo: www.quickmensguide.com)