Loading...

Tetap Sehat Selama Bulan Ramadhan

Penulis: Maryamah Karpov Rubrik: Kesehatan

TERUSKAN.COM – Tidak ada alasan untuk tidak melakukan kebiasaan sehat selama bulan Ramadhan. Meskipun tidak makan dan minum, tetapi saat Bulan Ramadhan Anda harus tetap menjaga kesehatan. Menjaga kesehatan saat Bulan Ramadhan pastinya tidak sama dengan bulan lainnya.

Beberapa ahli gizi dan promotor kesehatan, Hala Barghout menawarkan beberapa tips untuk Anda agar tetap sehat selama Bulan Ramadhan.

Tetap Sehat Selama Bulan Ramadhan

Loading...

Tetap Terhidrasi

Menjaga tubuh agar tetap terhidrasi jelas menjadi salah satu hal yang sulit untuk dilakukan terlebih saat Bulan Ramadhan. Biasanya, pria diminta untuk minum sekitar 2,5 liter air atau 10 gelas, sementara wanita diminta untuk mengkonsumsi sekitar 2 liter, atau 8 gelas sehari.

Selama Ramadhan, disarankan untuk minum air sebanyak mungkin sebelum memasuki waktu imsak dan setelah berbuka puasa.  Ini menjadi cara yang baik untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi.

Berbuka Secara Bertahap

Berbuka puasa sebaiknya dilakukan secara bertahap. Dimulai dengan air, hidangan pembuka seperti aneka sup panas seperti sup, salad ringan dan yogurt atau secangkir jus segar dan bahkan 2-3 biji kurma.

Kurma telah menjadi makanan buka puasa yang cukup populer di Bulan Ramadhan, karena memiliki kandungan gula buah yang tinggi, namun tetap bergizi karena dikemas dengan magnesium, kalium dan serat.

Konsumsi Makanan Sehat

Diet yang seimbang sangat dianjurkan bahkan ketika Anda tidak berpuasa. Makanan penambah energi seperti biji-bijian, gandum, oat, beras gandum dan kacang-kacangan seperti kacang-kacangan dan produk segar seperti buah-buahan, sayuran dan kentang yang rendah gula, dan karbohidrat kompleks yang tinggi akan memberikan energi yang lebih lama sehingga akan mengurangi rasa lapar sepanjang hari saat menjalankan ibadah puasa.

Protein yang kaya akan sumber seperti daging tanpa lemak, ikan, telur, susu, kacang-kacangan atau biji juga dapat membantu menstabilkan kadar gula darah.

Hindari Konsumsi Makanan Asin, Pedas dan Junk Food

Makanan yang harus dihindari saat berbuka puasa adalah makanan pedas, asin, dan makanan siap saji atau makanan kaleng dan kemasan produk. Anda akan lebih cepat merasakan lapar saat mengonsumsi jenis makanan tersebut.

Akan lebih baik jika mengonsumsi jenis makanan seperti sayur, buah, biji-bijian seperti biji chia yang akan memberikan tambahan asam lemak omega, zat besi, vitamin C, kalium, kalsium, serat, protein dan antioksidan selama berpuasa.

Berolahraga

Waktu terbaik untuk berolahraga adalah satu jam setelah Anda berbuka puasa. Melakukan olah raga ringan seperti berjalan kaki, jogging, berenang, atau yoga. Cobalah setidaknya 30 menit latihan setiap hari selama Bulan Ramadhan dan pastikan untuk tetap mengonsumsi cairan.

Orang cenderung meninggalkan olahraga rutin selama Bulan Ramadhan dan akhirnya merasa berat sekali untuk kembali melakukannya setelah lebaran tiba. Tapi tidak ada alasan, masukkan rencana olahraga ke dalam rutinitas Anda, meskipun dalam porsi yang lebih ringan dan dalam waktu yang lebih pendek.

Tetap sehat dan bugar selama Bulan Ramadhan akan membantu Anda menjalankan ibadah puasa dengan lebih baik lagi. Selain itu, tetap pelihara sistem tubuh Anda.

Semoga bermanfaat.

(photo: http://i.huffpost.com)