Loading...

Tips Perawatan untuk Infeksi Telinga

Penulis: Ulfah Rani Rubrik: Kesehatan

Tips Perawatan untuk Infeksi Telinga TERUSKAN.COM – Infeksi telinga adalah masalah umum yang sering dialami kebanyakan orang tanpa memandang usia dan jenis kelamin.

Infeksi ini dapat terjadi pada anak-anak maupun orang dewasa, perempuan dan laki-laki.

Gejala yang ditimbulkan dapat bermacam-macam tergantung seberapa parah infeksi yang Anda derita, namun gejala umum dari infeksi ini adalah telinga akan mengalami pembengkakan dan menyebabkan banyak rasa sakit.

Loading...

Ada banyak hal yang dapat menyebabkan infeksi telinga, antara lain akumulasi debu serta kotoran dalam telinga, getaran gendang telinga yang berlebihan dan lain sebagainya.

Pengobatan infeksi telinga dapat Anda lakukan baik dengan mengunjungi dokter ataupun melakukan pengobatan alami di rumah. Di samping itu, perawatan infeksi telinga juga perlu dan harus dilakukan secara rutin untuk mencegah meningkatnya rasa sakit dan pembengkakan.

Nah, berikut adalah beberapa tips merawat infeksi telinga di rumah sendiri, tips ini bisa Anda gunakan sebagai pengobatan infeksi telinga, tetapi jika tidak ada hasil yang baik Anda harus segera mengunjungi dokter spesialis untuk masalah telinga.

Gunakan bantal pemanas

Kasus yang paling banyak terjadi adalah pembengkakan telinga, untuk mengatasi hal ini Anda dapat menggunakan bantal pemanas atau kain yang telah direndam dalam air hangat untuk mengompres telinga Anda.

Cara ini dapat memberikan bantuan dengan megurangi rasa sakit pada telinga dan membuat pembengkakan turun secara perlahan. Sebuah bantal pemanas dapat digunakan oleh tubuh untuk pengobatan infeksi telinga terutama jika Anda menderita telinga bengkak.

Hindari earphone

Ketika telinga Anda sering merasakan sakit, itu berarti adalah tanda bahwa Anda harus segera menghindari penggunaan earphone. Suara dengan volume yang tinggi dan langsung terdengar pada telinga Anda dapat menyebabkan banyak kerusakan pada gendang telinga, yang kemudian menimbulkan infeksi.

Untuk merawat infeksi telinga dan mencegah kerusakan lebih lanjut, Anda harus menghindari suara keras dan suara-suara yang langsung masuk ke telinga Anda. Anda dapat menggunakan kapas untuk mencegah masuknya suara langsung di telinga. Ini adalah salah satu cara yang baik untuk pengobatan infeksi telinga.

Hindari stres dan beristirahat

Bila telinga Anda terasa sakit, itu bisa jadi pertanda bahwa Anda sedang mengalami stres. Saat ini terjadi, jaga telinga Anda dari kontak angin yang berlebihan, selain itu jangan biarkan telinga Anda terlalu sering bersentuhan dengan air.

Dengan cara ini, pembengkakan dan nyeri akan turun dalam waktu satu atau dua hari. Jangan mengambil beban kerja yang berlebihan karena hal ini secara tidak langsung menjadi salah satu penyebab yang dapat meningkatkan dan memperparah infeksi telinga.

Mengambil obat-obatan atau menerapkan salep

Jika Anda mengalami infeksi eksternal, maka Anda dapat menerapkan beberapa salep yang bisa membantu Anda untuk mengurangi rasa sakit.

Namun bila yang terjadi adalah kerusakan internal, maka pilihan terbaik adalah dengan mengkonsumsi obat oral guna pengobatan infeksi telinga. Anda dapat meminta saran dari dokter untuk tujuan ini.

Mintalah bantuan ahli

Bahkan setelah melakukan tips perawatan di atas untuk mengatasi infeksi telinga, namun ternyata rasa sakit dan pembengkakan tidak kunjung sembuh, Anda perlu melakukan konsultasi ke seorang ahli.

Telinga merupakan bagian sensitif dari tubuh kita dan Anda tidak boleh menghindari atau mengabaikan setiap rasa sakit dan infeksi yang berhubungan dengan telinga.

Telinga bertanggung jawab untuk pendengaran serta menjaga keseimbangan tubuh dan karenanya setiap infeksi berat dapat menjadi kerugian besar bagi fungsi tubuh.