Loading...

6 Tips Bagaimana Mengajarkan Anak Berenang

Penulis: Ulfah Rani Rubrik: Keluarga, Kesehatan

6 Tips Bagaimana Mengajarkan Anak BerenangTERUSKAN.COM – Mengajar anak Anda untuk berenang dapat menjadi suatu kegiatan yang sulit. Anak-anak, kadang merasa kurang sabar dan menjengkelkan ketika diajarkan melakukan sesuatu yang baru seperti berenang.

Jika Anda memiliki anak temperamental dan Anda ingin mereka belajar bagaimana cara untuk berenang guna mendapatkan pertumbuhan yang baik, tidak ada salahnya untuk mencoba beberapa tips berikut:

1. Utamakan keselamatan

Anda tidak akan percaya berapa banyak orang tua yang tidak berpikir tentang hal-hal berbahaya yang berpotensi untuk terjadi ketika mengajar anak untuk berenang.

Loading...

Sangat penting bahwa Anda memastikan terdapat cukup ruang di laut atau kolam renang untuk anak Anda berenang, pastikan anak selalu tetap terhidrasi dan, tentu saja sehat.

Ingatlah untuk menyadari bahaya pelajaran berenang dapat menyebabkan hal-hal yang tidak diinginkan tengkorak retak, patah tulang dan tenggelam.

Jadi pastikan untuk mengutamakan keselamatan anak dengan menyiapkan berbagai bantu.

2. Jangan mengajari anak seorang diri

Jika Anda adalah orangtua tunggal, mintalah orang lain untuk membantu Anda, misalnya, anggota keluarga dekat atau seorang ibu tetangga.

Bahkan jika Anda terbiasa merawat si kecil Anda seorang diri, usahakan untuk meminta bantuan atau paling tidak pengawasan orang lain. Selain itu, anak dapat belajar lebih cepat dengan 2 gaya pengajaran yang berbeda.

3. Ajarkan anak mengatur napas di bawah air

Langkah lain yang harus Anda lakukan ketika akan mengajar anak untuk berenang adalah dengan memastikan bahwa anak Anda tahu bagaimana mengatur napas di bawah air. Salah satu cara terbaik untuk hal ini adalah dengan melalui metode perhitungan.

Perhatikan berapa lama anak bisa menahan napas dalam air, sangat penting untuk menguasai teknik ini jika ingin mahir berenang. Anda tentu tidak ingin melihat anak Anda merasa tercekik saat berenang karena mereka tidak bisa mengatur napas dengan benar.

4. Ajarkan anak mengapung

Anak-anak sering mengalami kesulitan saat belajar mengapung. Meskipun ini membutuhkan banyak kesabaran dan keyakinan, Anda benar-benar harus melakukan banyak usaha karena mengapung adalah suatu keterampilan keselamatan yang sangat penting.

Pada awalnya, si kecil pasti akan merasa tegang saat mencoba belajar, jadi beri anak penjelasan bahwa mereka harus rileks dan santai agar dapat menguasai teknik ini.

Hal ini akan membutuhkan waktu yang tidak sedikit, jadi Anda harus bersabar dalam mengajari anak berenang.

5. Mintalah bantuan profesional

Jika mengajar anak Anda untuk berenang sendiri tampaknya tidak mungkin, jangan menyerah! Anda dapat mencari seorang profesional yang bisa membantu mengajar anak berenang.

Terdapat berbagai komunitas yang dapat menawarkan pelajaran berenang dengan harga yang terjangkau. Hal ini biasanya dilakukan terutama jika Anda memiliki jadwal sibuk.

6. Bersabar

Bersabar adalah cara terbaik yang harus selalu Anda ingat ketika mengajarkan anak berbagai hal baru. Jangan memperlihatkan kemarahan dan reaksi berlebihan ketika anak terlihat lambat dalam menerima ilmu baru, karena segala hal memang memerlukan waktu.

Setiap orang memiliki gaya belajar serta kecepatan yang berbeda dalam memahami hal-hal baru, jadi jangan lupa untuk selalu bersabar ketika mengajarkan anak Anda berenang.

(photo: http://cdn2.amerikanki.com)