Loading...

Tips Mudah Membuat Manisan Pepaya

Penulis: Nila Rubrik: Resep

Tips Mudah Membuat Manisan PepayaTERUSKAN.COM – Apakah Anda adalah salah satu penggemar buah-buahan segar? Pernahkah sekali waktu Anda merasa bosan mengonsumsi buah segar?

Jika ya, Anda bisa mengolah buah segar tersebut menjadi manisan buah, yaitu makanan olahan yang dibuat dengan tujuan mengawetkan atau memperpanjang masa simpan dari buah segar.

Hal ini erat kaitannya dengan musim buah, dimana keberadaan buah sangat berlimpah dengan harga yang relatif murah menyebabkan sebagian dari buah tidak bisa dimanfaatkan atau terbuang begitu saja.

Loading...

Pengolahan buah-buahan segar menjadi manisan adalah salah satu alternatif agar buah mempunyai nilai ekonomi cukup tinggi dan lebih bermanfaat bagi masyarakat luas.

Manfaat Sehat Pepaya

Manfaat kesehatan yang mungkin dari mengonsumsi pepaya termasuk penurunan risiko penyakit jantung, diabetes, kanker, membantu pencernaan, meningkatkan kontrol glukosa darah pada penderita diabetes, menurunkan tekanan darah, dan meningkatkan penyembuhan luka.

Pepaya merupakan sumber yang sangat baik dari vitamin C dan satu buah berukuran sedang menyediakan 224% dari kebutuhan harian Anda. Pepaya merupakan sumber folat, vitamin A, magnesium, tembaga, asam pantotenat dan serat.

Pepaya juga mengandung vitamin B, alfa dan beta karoten, lutein dan zeaxanthan, vitamin E, kalsium, kalium, vitamin K dan likopen, antioksidan kuat yang paling sering dikaitkan dengan tomat.

Membuat Manisan Pepaya

Manisan buah merupakan buah yang diolah dengan sistem pengawetan gula, berguna untuk memberi rasa manis, mencegah tumbuhnya mikro-organisme penyebab buah mudah membusuk atau untuk mengawetkan secara alami.

Berikut satu resep mudah membuat manisan dari buah pepaya:

Bahan yang diperlukan:

1 sendok makan kapur sirih
1 buah pepaya mengkal
1 liter air putih

Untuk sirup manisan:

pewarna makanan, merah atau hijau
500 gram gula pasir
150 ml air
1/4 sendok teh garam
1 sendok makan air jeruk nipis

Cara membuat manisan pepaya:

Ambil pepaya mengkal lalu potong kecil memanjang memakai pisau khusus. Bersihkan dengan menggunakan air bersih, rendam dengan air (secukupnya) yang dicampur dengan kapur sirih semalaman.

Keesokon paginya, bersihkan kembali dan tiriskan dengan memakai wadah bersih. Didihkan air 1 liter bersama dengan gula pasir, garam, dan jeruk nipis. Aduk rata sampai bahan-bahan tercampur rata. Masukkan pepaya ke dalam larutan tadi, aduk-aduk lagi sebentar dengan memakai api kecil.

Setelahnya matikan kompor dan rendam daging pepaya selama satu malam atau paling sedikit 4 jam. Angkat dan sisihkan atau didinginkan dalam lemari es.

Didihkan kembali sisa larutan gula dengan menambahkan perasan air jeruk secukupnya dan pewarna makanan (bila anda senang) untuk menggugah selera makan, terutama pada anak-anak, dengan api kecil. Masukkan manisan pepaya, aduk-aduk rata sampai mendidih dan warna menempel sempurna pada daging pepaya.

Setelah matang, angkat, tiriskan/dinginkan untuk selanjutnya ditempatkan pada toples kedap udara agar tekstur warna tidak berubah. Sajikan.

Manisan pepaya dapat dimasukkan sebagai kategori makanan sehat tanpa memakai bahan pengawet, tetap tahan lama dan tidak mengubah kekenyalan tekstur buah dan warna.

Selamat mencoba!