Loading...

Hal Bermanfaat Untuk Dilakukan Saat Ramadhan

Penulis: Ulfah Rani Rubrik: Fun, Keluarga

Hal Bermanfaat Untuk Dilakukan Saat RamadhanTERUSKAN.COM – Marhaban ya Ramadhan, pertama-tama kita semua tentu harus bersyukur kepada Allah SWT karena masih diberi kesempatan untuk memperbanyak amal ibadah di bulan suci ini.

Biasanya Bulan Ramadhan jatuh bertepatan dengan datangnya musim panas yang anehnya, membuatnya terasa lebih sulit dijalani terutama saat Anda harus bekerja. Ketika Anda berada di rumah, Anda mungkin akan mudah merasa bosan dan kebosanan biasanya membuat siapa saja ingin menikmati cemilan apapun sambil menonton televisi.

Aktivitas di Bulan Ramadhan

Jadi bagaimana Anda menjaga diri Anda agar tetap dapat melakukan banyak aktivitas saat sedang berpuasa?

Loading...

Sebenarnya Anda dapat selalu mencoba untuk melakukan banyak pekerjaan di rumah, seperti misalnya menyiapkan makanan yang baik untuk dinikmati saat berbuka puasa bersama keluarga dan teman-teman.

Namun, satu hal yang tidak boleh Anda lupakan adalah bahwa selama bulan Ramadhan sangat penting untuk fokus pada kegiatan yang berbau Islami, ini tentunya menjadi kesempatan yang sangat baik untuk menyelesaikan bacaan Al-Qur’an Anda.

Cara mudah untuk menyelesaikan membaca seluruh Qur’an selama bulan Ramadhan adalah dengan membaca 4 halaman setiap setelah shalat lima waktu. Empat halaman, lima kali sehari, berarti dua puluh halaman per hari, yaitu sekitar satu juz (bagian). Dengan 30 hari di bulan Ramadhan, ini berarti Anda mampu menyelesaikannya sebelum Idul Fitri tiba.

Adapun Hadits, beberapa sumber terbaik adalah Sahih Al Bukhari dan Sahih Muslim. Anda dapat dengan mudah membeli buku secara online atau di toko-toko buku besar Islam, Anda juga dapat memilih untuk membacanya secara online tanpa mengeluarkan biaya.

Di samping itu, melakukan permainan menarik juga merupakan cara yang bagus untuk belajar sambil bersenang-senang dengan teman-teman dan keluarga Anda. Sambil bermain, Anda dapat memberikan anak Anda pemahaman tentang beberapa tokoh-tokoh Islam, ini akan membuat anak lebih mampu mengingat informasi baru yang didapatnya.

Memperbanyak Amal

Hal lain yang dapat Anda lakukan selama bulan Ramadhan adalah dengan melakukan pekerjaan amal. Seperti yang kita telah ketahui, memberikan zakat dan membantu orang miskin yang membutuhkan adalah suatu keharusan bagi semua umat Muslim yang berkecukupan, tetapi benar-benar terlibat dalam kegiatan amal jauh lebih bermanfaat untuk Anda lakukan, dan cara ini merupakan kesempatan yang baik untuk bertemu dengan saudara-saudara di lingkungan Anda.

Untuk terlibat, Anda dapat bergabung dengan sebuah organisasi amal Islam yang aktif di dekat rumah Anda. Anda bisa memulai proyek penggalangan dana kecil-kecilan, kemudian meminta bantuan teman-teman Anda untuk memanggang kue lalu datang bersama-sama di suatu tempat ramai untuk menjual kue tersebut. Semua pendapatan dari penjualan kemudian dapat Anda sumbangkan ke badan amal yang Anda pilih.

Mengunjungi masjid-masjid di sekitar rumah Anda juga dapat menjadi salah satu hal menarik yang bisa Anda lakukan di bulan Ramadhan ini.

Berpuasa seharusnya tidak menjadi penghalang bagi Anda untuk melakukan berbagai aktivitas. Anda tetap dapat melakukan banyak kegiatan bermanfaat sambil menjalani ibadah puasa, apalagi tambahan amal di bulan suci ini jauh lebih banyak.

Jadi Anda tidak harus menghabiskan sebagian besar waktu Anda tidur di dalam kamar sambil menunggu waktu berbuka puasa. Lakukanlah kegiatan-kegiatan di atas untuk membuat ibadah puasa Anda lebih bermakna.