Loading...

Ini Cara Membuat Anak Menghormati Bulan Puasa

Penulis: Ulfah Rani Rubrik: Keluarga

Ini Cara Membuat Anak Menghormati Bulan PuasaTERUSKAN.COM – Muslim di seluruh dunia memperlakukan Ramadhan dengan hormat dan mencoba untuk melakukan banyak kegiatan bermanfaat selama bulan suci Ramadhan.

Sementara sebagian besar umat Islam menghabiskan waktu puasa mereka dengan berdoa dan membaca Al Qur’an bersama dengan tugas-tugas rutin setiap harinya, Anda juga harus menyadari bahwa anak-anak yang sangat kecil yang belum diwajibkan untuk berpuasa atau yang terlalu muda untuk berpuasa, juga perlu diajarkan dan diperlihatkan tentang keindahan bulan puasa.

Orang tua harus mencari cara bagaimana untuk membuat bulan Ramadhan menjadi sebuah pengalaman belajar yang menarik bagi anak-anak.

Loading...

Ada banyak cara dimana sebuah keluarga Muslim dapat membuat bulan Ramadhan menjadi signifikan untuk anak-anak mereka. Dan berikut adalah beberapa saran tentang cara bagaimana membuat Ramadhan lebih menarik bagi anak-anak kecil, seperti dilansir dari suite.io:

1. Berbuka Bersama

Meminta anak-anak untuk duduk bersama dengan seluruh keluarga di meja untuk berbuka puasa, bahkan jika mereka tidak berpuasa.

Sediakan makanan favorit anak di atas meja untuk menarik perhatian mereka, cara ini akan mengajarkan mereka untuk melihat bagaimana orang lain berbuka puasa sambil mengucap syukur.

Demikian pula, anak-anak bisa pergi dengan ayah mereka ke masjid untuk sholat Maghrib dan berbuka dengan komunitas Muslim yang lebih besar.

2. Shalat Tarawih

Ajaklah anak-anak Anda untuk shalat Tarawih sehingga mereka dapat terbiasa dan tahu tentang hal itu sejak usia dini. Anak-anak mungkin hanya akan duduk atau tinggal di bagian belakang ruang masjid jika mereka merasa bosan.

Bila tidak ingin mengganggu orang lain, Anda dapat membawa buku-buku mereka untuk membuatnya sibuk, hal ini layak dilakukan selama mereka bisa merasakan rasa persatuan dan menghormati Ramadhan.

3. Ajarkan Berbagi 

Siapkan kotak makanan berbuka puasa untuk diberikan pada orang-orang miskin di sekitar rumah Anda. Mintalah anak Anda untuk membantu menyiapkannya di dapur, dan buatlah anak Anda terlibat untuk menyerahkan kotak makanan tersebut.

Hal ini akan mengajarkan mereka konsep amal yang sangat penting dalam Islam.

4. Konsep Amal

Demikian pula untuk memperkuat konsep amal dan guna mengingatkan anak-anak tentang kemiskinan, kehidupan dalam kondisi terburuk, orang tua dapat mengambil toples kosong dan meminta anak-anak untuk menghiasnya dengan cat kaca atau stiker.

Mereka dapat mengumpulkan amal dari keluarga mereka atau di masjid dan kemudian memberikannya kepada mereka yang membutuhkan.

5. Berikan Teguran atau Penghargaan

Tegurlah anak Anda jika mereka berperilaku salah atau mengucapkan kata-kata yang tidak seharusnya mereka ucapkan, ingatkan mereka bahwa hal buruk tidak pantas dilakukan pada bulan suci Ramadhan, bulan ketika kebiasaan baik harus dikerjakan.

Di samping itu, orang tua bisa memberikan penghargaan kepada anak Anda saat mereka berperilaku baik selama minggu tertentu atau setelah setiap 10 hari Ramadhan. Penghargaan tersebut bisa berbentuk makanan favorit anak, atau mainan yang telah mereka inginkan sejak lama.

6. Mengelola Uang Saku

Berikan anak-anak uang saku setiap hari, dan beritahu mereka untuk menabung sepertiga uang tersebut, sepertiga lainnya untuk beramal dan sisanya dapat mereka nikmati sendiri.

7. Membuat Lukisan atau Puisi

Apabila anak Anda senang melukisan atau menulis puisi, cobalah untuk meminta mereka membuat sebuah lukisan atau menulis puisi tentang Ramadhan. Ini dapat menggambarkan sejauh mana pemahaman anak Anda tentang bulan suci ini.

Menghabiskan waktu dengan anak-anak merupakan hal sederhana yang terkadang lupa dilakukan oleh orang dewasa.

Padahal bagian dari tanggung jawab setiap orang dewasa adalah untuk membesarkan anak-anak mereka dengan cara yang terbaik yang mereka bisa, bukan hanya dengan memberi makan dan pakaian, tetapi juga berpartisipasi dalam pendidikan intelektual mereka.

(photo: http://fukuokasramadan.files.wordpress.com)