Loading...

10 Manfaat Kesehatan dari Minyak Argan

Penulis: Mayrani Rubrik: Kesehatan

TERUSKAN.COM – Minyak argan telah menjadi sangat populer dalam industri kecantikan. Ia menyediakan banyak manfaat untuk perawatan kulit dan rambut. Namun, minyak argan bukanlah hal baru, ia telah banyak digunakan oleh wanita Berber di Maroko selama ribuan tahun dan memanfaatkannya untuk fleksibilitas.

Minyak argan dihasilkan dari buah pohon argan, ditemukan di daerah kecil Maroko. Minyak ini disebut ’emas cair’ dan makanan super karena bahan aktif yang kuat dan sifat penyembuhannya. Ada dua nilai minyak argan: kuliner dan kosmetik.

10 Manfaat Kesehatan dari Minyak Argan

Loading...

Jelas, minyak argan dalam dunia kuliner sering dibandingkan dengan minyak zaitun. Minyak argan sebagai kosmetik merupakan kelas perawatan untuk kulit dan rambut.

Berikut adalah 10 manfaat yang luar biasa dari minyak argan untuk membantu Anda memanfaatkannya dengan baik:

1. Mencegah penyakit kardiovaskular

Karena kelimpahan nutrisi, termasuk asam lemak tak jenuh, minyak argan telah ditunjukkan dapat membantu mengatur kolesterol darah dan menurunkan tekanan darah.

Penelitian telah menunjukkan bahwa minyak argan membantu meningkatkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh, sehingga mengurangi risiko kardiovaskular.

2. Perlindungan terhadap kanker

Kandungan antioksidan tinggi dalam minyak argan membantu memperbaiki sel yang rusak, sehingga mengurangi risiko kemampuan sel kanker untuk tumbuh. Studi terbaru menunjukkan bahwa minyak argan mampu menurunkan laju pembelahan sel kanker prostat.

3. Membantu penderita diabetes

Dalam penelitian terbaru, minyak argan ditunjukkan dapat mengurangi resistensi insulin pada individu. Hal ini penting, karena resistensi insulin biasanya merupakan langkah pertama untuk diabetes.

Minyak argan juga terbukti membantu memerangi diabetes dengan membalik perubahan metabolik pada orang-orang yang mengonsumsi diet tinggi gula.

4. Sebagai anti-inflamasiĀ topikal

Flavonoid yang terkandung dalam minyak argan bertindak sebagai anti-inflamasi yang dapat ditempatkan pada kulit secara topikal untuk mengobati penyakit kulit seperti eksim, psoriasis dan cacar air.

5. Meningkatkan kekebalan

Dalam sebuah studi terbaru yang dilakukan pada tikus, minyak argan ditunjukkan dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh mereka. Hal ini disebabkan antioksidan kuat dalam minyak argan yang bekerja untuk merangsang fungsi kekebalan tubuh yang tepat.

6. Memiliki sifat anti-penuaan

Minyak argan memiliki kandungan vitamin E yang besar, yang mencegah penguapan air dari lapisan luar kulit. Juga, minyak argan terdiri dari 80% asam lemak esensial yang membantu mengurangi kerutan dengan menjaga sel-sel kulit yang sehat.

Asam lemak esensial ini juga memungkinkan kulit untuk dapat terus berfungsi dengan baik (seperti menahan air), yang memberikan tampilan muda dan montok.

7. Membantu pencernaan

‘Emas cair’ telah terbukti meningkatkan konsentrasi pepsin dalam jus lambung dalam perut seseorang. Pepsin merupakan enzim penting dalam asam lambung yang mencerna protein yang ditemukan dalam daging, telur dan produk susu.

8. Meningkatkan kesehatan rambut

Asam linoleat dan oleat yang ditemukan dalam minyak argan membantu menjaga rambut terhidrasi dengan mengunci kelembaban, yang menjadikannya bersinar. Mereka juga menjadikan rambut keriting dan tidak terkendali sehingga lebih mudah diatur dan dapat digunakan untuk memperbaiki rambut yang rusak akibat alat panas, seperti alat pengeriting dan besi datar.

9. Transformasi kulit

Minyak argan mengandung karotenoid, yang melindungi kulit dari radiasi ultraviolet. Ia juga memiliki sterol yang membantu dalam mengurangi peradangan, meningkatkan proses metabolisme kulit dan memungkinkan retensi kelembaban. Hal ini membuat kulit halus, lembut dan terhidrasi.

Memilih Minyak Argan

Bila ingin membeli minyak argan, Anda harus memastikan jenis yang Anda dapatkan adalah bersertifikat organik. Hal ini menjamin kualitas produk, serta menghilangkan racun berbahaya seperti pestisida dari minyak.

Juga, pastikan bahwa minyak argan yang Anda beli segar. Untuk melakukan ini, Anda harus mencium minyak. Seharusnya tidak berbau tengik atau terlalu manis. Minyak argan segar memiliki bau ringan, segar dan pedas.

Terakhir, pastikan minyak argan disimpan dalam botol gelap sehingga terlindungi dari semua jenis cahaya.

(photo: www.lifehack.org)