Loading...

5 Cara Mencegah Depresi Secara Alami

Penulis: Mayrani Rubrik: Kesehatan

5 Cara Mencegah Depresi Secara AlamiTERUSKAN.COM – Dalam sebuah survei skala besar, The National College Health Survey, tahun demi tahun, sekitar 45% dari mahasiswa dilaporkan mengalami depresi hingga ke titik yang sulit untuk berfungsi dan 80% mengatakan mereka kewalahan.

Depresi tidak membedakan tua dan muda. Pada tahun 1960, rata-rata usia terjadinya depresi adalah 29 tahun. Hari ini usia rata-rata terjadinya depresi adalah 14 tahun.

Depresi adalah masalah yang perlu dipecahkan. Untung saja, ada lebih banyak penelitian yang menunjukkan bahwa hal itu dapat diobati dan tanpa menggunakan obat-obatan psikiatri.

Loading...

Berikut adalah 5 cara untuk mencegah depresi secara alami sesuai dengan penelitian ilmiah.

1. Tidur

Melewatkan tidur dapat menyebabkan spiral depresi. Menurut National Sleep Foundation:

“Hubungan antara tidur dan penyakit depresi adalah depresi-kompleks yang dapat menyebabkan masalah tidur dan masalah tidur dapat menyebabkan atau memberikan kontribusi terhadap gangguan depresi.”

Ketika Anda kurang tidur, Anda menjadi lebih tertekan dan ketika Anda menjadi lebih tertekan, tidur Anda dapat terganggu. Ini adalah lingkaran setan yang dapat berujung secara bertahap selama beberapa minggu dan bulan.

Jumlah tidur yang dibutuhkan seseorang bervariasi, tergantung pada gaya hidup dan usia, tetapi aturan umum praktis adalah 7 sampai 8 jam setiap malam. Jika Anda tidak berhasil mendapatkan jumlah ini, pastikan untuk tidur lebih lama keesokan harinya.

2. Berolahraga

Selama beberapa dekade terakhir telah terjadi ledakan penelitian di bidang latihan fisik dan kesehatan. Psikolog menyadari betapa pentingnya memikirkan tentang tubuh ketika mencoba untuk mencegah depresi.

Ada ribuan penelitian yang menunjukkan efek dari olahraga menjadi sangat bermanfaat bagi kesehatan fisik dan psikologis kita. Ini bisa menjadi hal yang paling penting, namun diremehkan, pengobatan untuk mencegah depresi.

3. Meditasi

Meditasi telah ada selama ribuan tahun, tetapi untuk sebagian besar waktu, ia dipraktekkan terutama oleh biarawan dalam pengaturan spiritual. Selama beberapa dekade terakhir, bagaimanapun, para ilmuwan telah mulai menemukan bahwa meditasi adalah salah satu intervensi alami yang paling kuat untuk kegelisahan dan depresi.

Berkat teknologi modern seperti EEG dan MRI scanner, ilmuwan mampu mengambil analisis mendalam dari otak orang-orang yang telah bermeditasi selama beberapa dekade. Dalam studi tersebut, mereka menguji orang-orang tangan kanan Dalai Lama dan memeriksa rasio aktivitas korteks prefrontal mereka.

Orang yang memiliki aktivasi lebih banyak di sisi kiri korteks prefrontal mereka cenderung lebih bahagia, sementara mereka dengan aktivasi lebih banyak di sisi kanan cenderung lebih murung dan tertekan.

Para biarawan memiliki rasio yang sangat tinggi antara korteks prefrontal kiri dan kanan. Mereka memiliki kerentanan ekstrim untuk emosi positif dan ketahanan ekstrim dalam menghadapi emosi negatif.

Kita tidak perlu belajar selama delapan jam sehari untuk mendapatkan manfaat dari meditasi seperti biarawan. Penelitian telah menunjukkan bahwa 15 menit sehari dapat menghasilkan hasil yang luar biasa dengan hanya delapan minggu praktek. Meditasi bekerja.

4. Temukan Passion Anda

Orang beradaptasi sangat cepat dengan manis dan pahitnya hidup. Akan tetapi kita tidak beradaptasi dengan satu hal: passion.

Anda harus menemukan passion Anda. Ini adalah juga kebahagiaan yang tidak pernah mengering. Itu dapat berupa menulis, berkreasi, membantu orang, mengembangkan diri, olahraga, atau apapun yang melibatkan Anda dan memberikan tantangan dan stimulasi.

Untuk hidup dengan gairah, Anda harus terlebih dahulu menemukan passion Anda.

5. Mengatur Gula Darah

Apakah mengatur gula darah dapat benar-benar membantu mencegah depresi?

Mungkin mengejutkan mengetahui bahwa ada banyak pembunuh dan pencuri dibebaskan atas kejahatan mereka karena mereka menderita hiperglikemia, atau dikenal sebagai gula darah rendah.

Tubuh dan pikiran memang sangat terhubung. Jika salah satu tidak beres, begitu juga yang lain.

Cara terbaik untuk menghindari gula darah rendah adalah menghindari gula darah tinggi. Mudah saja melakukannya, Anda hanya harus menyebarkan karbohidrat sepanjang hari, makan banyak serat (minimal 12g untuk setiap 1.000 kalori yang Anda konsumsi) dan mencoba untuk mendapatkan beberapa protein dan lemak dalam diet Anda sehingga tidak didominasi karbohidrat.

Jika Anda mengikuti 5 langkah di atas, Anda tidak hanya akan dapat mencegah depresi secara alami, Anda juga akan lebih bahagia.

(photo: http://i.huffpost.com/)