Loading...

Khasiat Ramuan Kunyit untuk Kesehatan

Penulis: Nila Rubrik: Kesehatan, Resep

Khasiat Ramuan Kunyit untuk KesehatanTERUSKAN.COM – Kunyit atau kunir merupakan jenis tanaman herbal yang memiliki manfaat sebagai obat tradisional untuk beberapa jenis penyakit pada tubuh manusia.

Ditemukan pertama kali di belahan bumi bagian Asia Tenggara, kemudian berkembang pesat ke seluruh dunia tak terkecuali Indonesia.

Kunyit banyak digunakan oleh ibu rumah tangga sebagai bahan bumbu dapur dan pewarna alami masakan, selain terkenal sebagai tumbuhan obat herbal tentunya. Kunyit banyak dimanfaatkan untuk kesehatan tubuh, karena kunyit kaya akan kandungan zat-zat vitamin yang berfungsi sebagai media penjaga dan pendorong kesehatan di dalam tubuh kita.

Loading...

Zat-zat penting yang terkandung dalam sebatang kunyit adalah borneol, bisdesmetoksikurkumin, desmetoksikumin, felandren, fosfor, karbohidarat, keton sesquiterpen, lemak, protein, vitamin C, zingiberen, zat besi dan zat-zat bermanfaat lainnya untuk kesehatan secara umum.

Adapun ulasan lengkap mengenai manfaat kunyit sebagai tumbuhan obat adalah sebagai berikut :

1. Memperlancar ASI

Kunyit dapat memperlancar keluarnya ASI ibu muda yang sedang memyusui.

Cara membuat ramuan tradisional tersebut antara lain: siapkan 1 rimpang kunyit dan bersihkan dengan air hingga bersih, tumbuk dengan halus, lalu oleskan pasta kunyit tersebut di seputar area dada (tempat memproduksi ASI), lakukan secara rutin 2x sehari, niscaya mampu membantu Anda dalam menyusui bayi, diharapkan ASI lancar dan banyak keluar.

2. Mengobati Diabetes

Cara membuat ramuan tradisional adalah siapkan 3 rimpang kunyit segar yang ditumbuk kasar, setengah sendok teh garam, air bersih sekitar 1 liter. Campur bahan menjadi satu ke dalam panci dan rebus hingga tinggal setengah gelas saja.

Angkat, saring lalu minum jamu sederhana ini secara rutin, seminggu kurang lebih 2 kali, takaran minum sekali seduh sekali minum.

3. Kulit Sehat dan Cantik

Cara pembuatannya adalah siapkan bubuk kunyit, air mentimun atau air lemon secukupnya, campur semua bahan menjadi satu, aduk hingga rata, jadikan masker wajah selama kurang lebih 20 menit.

Setelah itu, basuh wajah dengan air hangat lalu air dingin, keringkan dengan handuk bertekstur lembut. Jangan lupa tambahkan sedikit pelembab wajah.

4. Mencegah Alzheimer

Penyakit alzheimer berkaitan dengan masalah daya ingat yang melemah, penilaian maupun kemampuan berpikir menjadi kurang tajam.

Beberapa studi kesehatan menjelaskan bahwa kunyit dapat membantu mencegah penyakit tersebut karena banyak mengandung zat anti-inflamasi dan antioksidan. Sehingga konsumsi kunyit secara rutin dapat membantu mencegah penyakit alzheimer.

5. Mencegah Kanker

Kunyit mengandung zat kurkumin yang banyak mengandung antioksidan yang dapat mencegah kerusakan dan mutasi sel karena adanya radikal bebas.

Kandungan kurkumin juga mempunyai kemampuan sebagai penghambat pertumbuhan kanker seperti kanker payudara, kanker usus, kanker perut, kanker paru-paru dan kanker kulit.

6. Mencegah dan Mengobati Panas Dalam

Caranya sangat mudah. Ambil 1 rimpang kunyit berukuran besar, bersihkan sampai tidak tersisa bekas tanah yang menempel. Parut kunyit sampai berbentuk bubur, campur dengan gula merah secukupnya, tambahkan air panas setengah gelas, kemudian diaduk rata.

Saring dan minum selagi hangat sekali setiap harinya secara rutin hingga sembuh.

7. Mengatasi Gatal dan Penyakit Kulit

Untuk mengatasi gatal dan penyakit kulit, ambil 1 ruas kunyit, parut lalu sisihkan. Ambil beberapa biji cengkeh, ditumbuk halus. Campurkan kuntit dan biji cengkeh hingga merata dan tambahkan mahkota bunga melati yang sudah dihaluskan.

Balurkan ramuan ini pada bagian tubuh yang gatal.

Untuk luka, Anda cukup mencampurkan parutan kunyit dan asam kawak. Caranya sama, yaitu dibalurkan pada bagian luka secara rutin hingga mengering dan sembuh.

Smoga bermanfaat.

(photo: www.farmstarliving.com)