Loading...

10 Bubur Buah Sehat Pilihan Untuk Bayi Anda

Penulis: Maryamah Karpov Rubrik: Keluarga, Kesehatan, Resep

10 Bubur Buah Sehat Pilihan Untuk Bayi AndaTERUSKAN.COM – Bayi yang sudah memasuki usia kurang lebih 4 bulan, selain ASI juga akan didampingi dengan makanan pendamping seperti sayuran, bubur atau buah untuk memulai pemenuhan vitamin dan gizi dalam masa pertumbuhan.

Biasanya dimulai dengan makan buah pada pagi hari setelah makan. Daripada membeli makanan bayi di toko, pertimbangkan untuk membuat sendiri puree buah untuk bayi Anda di rumah.

Ada banyak keuntungan, salah satunya Anda tidak perlu khawatir mengenai seberapa segar buah yang digunakan atau bahan apa yang dicampurkan kedalamnya. Dan pastinya menghemat pengeluaran Anda.

Loading...

Berikut kami bagikan beberapa jenis buah yang dapat Anda ubah menjadi puree atau bubur buah untuk buah hati Anda:

1. Apel (4+ bulan)

Sangat mudah membuat puree apel manis yang terbuat dari red delicious atau apel gala menjadi bubur buah yang akan disukai anak Anda. Banyaknya kandungan gizi seperti vitamin C dan serat, dan juga hasil studi menunjukkan bahwa apel akan menawarkan perlindungan yang kuat terhadap asma pada bayi Anda.

Buah serbaguna ini dapat Anda pasangakan dengan buah lainnya, sayuran, ataupun daging.

2. Pisang (4+ bulan)

Pisang kaya akan kalium yang baik untuk bayi Anda. Pisang yang telah dihaluskan ini dapat membantu menenangkan sakit perut dan memerangi diare. Selain lembut dan manis, pisang juga akan membuat bayi Anda terus membuka mulut.

Jika ingin mencampurkannya dengan buah lain, strawberry akan memberikan rasa yang lebih nikmat.

3. Peach (4+ bulan)

Dipenuhi dengan beta-karoten dan kalium, peach manis menjadi buah lain yang digemari para bayi. Anda dapat mencampurnya dengan ayam atau pisang dan tambahkan sedikit yogurt yunani.

4. Pir (4+ bulan)

Pir  yang kaya akan serat akan membantu bayi dalam proses pencernaan. Sebagai alternatif lain, Anda dapat mencampurkannya dengan sayuran tertentu untuk mendapatkan rasa yang lebih menarik.

Misalnya, haluskan pir manis dengan kacang hijau yang telah dihancurkan, campurkan sedikit yogurt yunani.

5. Alpukat (4+ bulan)

Dikemas dengan omega-3, alpukat yang dihaluskan dan dicampurkan dengan pisang akan memberikan gizi dan nutrisi dua kali lipat untu bayi Anda. Jika Anda ingin mencampurkannya dengan ASI akan membuat berat badan bayi Anda naik.

6. Blueberry  (6+ bulan)

Tenaga ekstra dan juga buah yang kaya akan antioksidan baik untuk bayi. Haluskan blueberry hingga lembut lalu campurkan dengan pisang, apel atau pir.

7. Cherry  (8+ bulan)

Cherry kaya antioksidan, akan menjadi pasangan yang sempurna jika dipasangkan dengan pisang, apel, dan pir. Anda juga bisa mencampurnya dengan oatmeal atau yogurt polos yang pastinya telah diblender atau dihancurkan.

8. Strawberry (8+ bulan)

Buah yang sangat tepat untuk diberikan pada bayi Anda saat musim panas ini mengandung banyak vitamin B dan C. Mencampurkannya dengan pisang dan yogurt polos atau oatmeal akan membuat bayi Anda tidak berhenti memakannya.

9. Mangga (10+ bulan)

Buah tropis yang lezat ini memiliki banyak vitamin A, dan sangat mudah untuk dibuat karena Anda tidak harus menunggu buah dalam keadaan masak. Mencampurnya dengan sayuran seperti labu dan ubi jalar dapat menjadi alternatif lain.

10. Pepaya (10+ bulan)

Buah tropis mengandung folat ini mudah dicerna oleh bayi. Mencampurnya dengan sereal dari beras atau pisang yang dihaluskan akan memberikan rasa unik dan lezat tentunya.

Buah sangat mudah dicerna oleh bayi terlebih jika diolah menjadi bubur (puree). Pastikan juga Anda memilih buah yang segar dengan rasa yang manis sehingga tidak perlu menambahkan gula.

Untuk bayi berusia usia 6 bulan keatas, Anda dapat memberikan buah tanpa dihaluskan. Hal ini akan merangsang pertumbuhan giginya.

(photo: www.annabelkarmel.com)