Loading...

5 Tips Alami Atasi Demam Pada Bayi

Penulis: Maryamah Karpov Rubrik: Keluarga, Kesehatan, Wanita

5 Tips Alami Atasi Demam Pada BayiTERUSKAN.COM – Salah satu hal yang paling menakutkan bagi orang tua adalah mengetahui bayi mereka mendapatkan demam. Jika bayi Anda demam lebih dari 38 derajat Celcius Anda harus berkonsultasi dengan dokter anak segera.

Sebagian besar dokter anak akan merekomendasikan tylenol atau ibuprofen untuk membantu menurunkan demam bayi Anda, tetapi sebagai orang tua Anda pastinya ingin anak Anda sebaiknya menggunakan bahan yang lebih alami mengingat bayi Anda masih dalam proses pertumbuhan dan tidak ingin mengalami efek samping dari obat-obatan.

Berikut 5 tips yang dapat membantu memberikan pertolongan pertama untuk meredakan demam pada bayi:

Loading...

1. Lakukan Pijatan Air

Siapkan handuk, semangkuk air (hangat kuku), tambahkan teh chamomile ke air jika diinginkan.. Baringkan bayi di atas handuk dalam keadaan telanjang (tetap gunakan popok jika ingin).

Sekarang celupkan tangan Anda dalam air dan dengan lembut tempatkan tangan Anda pada dada bayi. Gunakan jari-jari Anda secara berpindah. Lakukan pijatan pada kaki, jari kaki, pinggul dengan 3 atau 4 kali pijatan berturut-turut. Ulangi gerakan ini pada lengan 3 atau 4 kali dari ujung jari ke bahu.

Terus mencelupkan tangan Anda dalam air sepanjang pijat yang diperlukan. Kombinasi ini memberikan efek penenang. Jika bayi Anda merasa tidak nyaman, hentikan pijatan segera. Setiap bayi berbeda, karena itu saat mereka merasa tidak nyaman jangan dilakukan.

2. Mentimun

Mentimun sering digunakan di spa atau salon kecantikan sebagai cara untuk mengurangi peradangan dan pembengkakan jaringan di sekitar mata. Hal ini dapat memiliki efek yang sama untuk menenangkan bayi Anda ketika digunakan sebagai dot.

Pilih mentimun muda utuh dan kupas salah satu ujungnya, kemudian gunakan pisau untuk meraut hingga setebal ujung jari. Ingat, ketimun harus bersih dari biji. Setelah itu, isapkan ketimun pada bayi Anda. Efek pendinginan mentimun akan mulai mengurangi demam bayi.

Perlu diingat bahwa Anda sebaiknya merasakan suhu tubuh bayi di bawah lengan setelah mereka mulai mengisap mentimun.

3. Lebih Sering Menyusui Bayi Anda

Meskipun bayi Anda mungkin tampaknya kurang selera makan, mereka benar-benar membutuhkan lebih banyak cairan dari biasanya. Dehidrasi adalah keadaan berbahaya yang sangat nyata ketika bayi Anda mengalami demam.

Karena itu, membuat mereka tetap makan sangat penting. Saat menyusui biarkan mereka mengatur diri sendiri untuk mencari posisi yang nyaman. Jika bayi Anda lebih suka mengisap botol, buat makanan atau susu pada botol sesuai dengan suhu kamar, bukan hangat.

4. Mandi Air Hangat Bersama

kontak kulit antara ibu dan anak sangat baik saat anak Anda mengalami demam. Selain itu, mandi air hangat bersama juga akan sangat membantu menenangkan dan menurunkan demam si kecil.

Masuk ke dalam air hangat bersama-sama dengan menambahkan sedikit chamomile ke dalam air akan sangat baik meskipun chamomile tidak memberikan efek untuk menurunkan deman.

5. Bedong

Bayi dalam keadaan demam pastinya merasakan hal tidak nyaman pada tubuhnya. Selain itu, mereka akan sulit tidur dan beristirahat bukan?

Membedongnya dengan menggunakan selimut segitiga akan sangat membantu membuatnya merasa lebih tenang. Anda bisa mulai membungkusnya dari daerah pusar kebawah.

Saat anak Anda mengalami demam, hal pertama yang Anda lakukan yaitu berusaha untuk tidak panik. Melakukan hal yang dapat menenangkan bayi akan sangat membantu.

Semoga bermanfaat.

(photo: babycenter.com)