Loading...

Tips Sederhana Menghindari Mabuk Darat

Penulis: Maryamah Karpov Rubrik: Kesehatan

Tips Sederhana Menghindari Mabuk DaratTERUSKAN.COM – Jika Anda sering mengalami mabuk darat, pastinya akan sulit bagi Anda untuk melakukan perjalanan jauh. Mabuk darat merupakan salah satu jenis penyakit akibat gerakan (atau kinetosis) saat sedang berada dalam mobil.

Pusing, kelelahan dan mual mungkin membuat perjalanan Anda terasa buruk. Untuk itu, ikuti beberapa cara dan tips berikut agar Anda dapat menikmati perjalanan Anda tanpa perlu takut mabuk darat.

1. Ketahui penyebabnya

Penyebab dari mabuk darat biasanya akibat perbedaan kondisi dan keadaan yang Anda lihat dan rasakan sehingga akan memicu produksi neurotransmitter, sehingga mengirim sinyal yang salah dan menyebabkan keracunan halusinogen sehingga tubuh Anda akan mencoba untuk melepaskan diri dari apapun yang menyebabkan kondisi disorientasi. 

Loading...

Saat berada dalam mobil, hipnotis diri Anda bahwa perjalanan ini akan terasa menyenangkan dan Anda tidak akan mengalami mabuk ataupun pusing sepanjang jalan karena semuanya akan baik-baik saja hingga Anda sampai ke tempat tujuan.

2. Melihat ke luar jendela

Melihat indahnya pemandangan dapat mengonfirmasi jumlah sistem deteksi gerak dan membantu menyelesaikan ketidaksesuaian yang menyebabkan mabuk darat. Anda dapat melihat langit sebagai salah satu alternatif untuk mengurangi rasa mual dan pusing karena mabuk darat.

Jangan lakukan kegiatan seperti  berfokus pada satu tempat seperti membaca atau bermain kartu. Di samping akan menyebabkan mabuk darat, hal ini juga akan merusak mata Anda karena harus tetap fokus pada satu tempat.

3. Duduk di bagian depan

Menjadi pengemudi akan menjauhkan Anda dari kondisi mabuk darat. Pengemudi jarang merasakan mabuk karena mereka selalu fokus pada jalan. Duduk di kursi penumpang di bagian depan adalah hal terbaik yang dapat Anda lakukan.

Tidak hanya akan membuat pandangan Anda lurus ke depan, tetapi juga untuk keadaan jalan yang kurang baik, guncangan akan sangat minim dirasakan saat berada di kursi depan dibanding saat berada di tengan atau belakang.

4. Pejamkan mata

Jika memungkinkan, tidur saat perjalanan akan membantu. Saat mata Anda tertutup, Anda tidak akan melihat apa-apa dan menjauhkan Anda dari keadaan mabuk darat.

Selain itu, tidur akan menjauhkan Anda dari pikiran akan mengalami mabuk saat perjalanan.

5. Buka Jendela

Banyak orang yang  akan merasa segar saat mereka mencium aroma  segar dan udara dingin dari luar yang akan membantu membuat mereka merasa lebih baik, meskipun alasan ini tidak dapat dikatakan.

Jika membuka kaca mobil tidak memungkinkan, bersandar ke bagian bawah jendela dengan kaca yang sedikit terbuka dan menarik napas panjang akan membantu.

Beberapa bau tertentu seperti penyegar udara dalam mobil, parfum, asap, dan makanan hanya akan membuat Anda merasa mabuk. Jika ingin menggunakan pengharum mobil gunakan yang memiliki aroma  lavender atau mint untuk menutupi bau lain.

6. Istirahat

Meregangkan kaki Anda saat berada di pom bensin atau tempat makan. Anda juga bisa duduk di bangku atau di bawah pohon dan mengambil napas dalam-dalam melalui mulut Anda dari perut untuk membantu menimbulkan rasa  rileks.

Hal ini penting dilakukan jika Anda melakukan perjalanan dengan jalan melengkung dan waktu yang lama. Berhenti tidak hanya membantu meringankan mabuk darat, tetapi juga digunakan untuk pengemudi beristirahat.

7. Jahe

Mengunyah permen jahe saat melakukan perjalanan jauh akan sangat membantu mengatasi rasa mual. Jahe adalah obat klasik yang mengandung antiemetik yang diakui secara luas dapat mencegah rasa mual. Anda dapat mengonsumsi beberapa biskuit jahe sebelum melakukan perjalanan dan saat tiba di tempat tujuan.

Teh peppermint adalah alternatif lain. Mint segar juga bisa menyembuhkan atau meringankan mual. Hindari menguyah permen karet dengan rasa mint karena hanya akan mengembalikan rasa mual.

Mabuk darat bisa terjadi pada siapa saja, karena itu persiapkan diri Anda saat melakukan perjalanan jauh. Mendengarkan musik juga dapat membantu menjaga pikiran Anda tetap jauh dari mabuk darat.

Selamat mencoba.

(photo: www.optld.com)