Loading...

Tips Mengajarkan Anak Berpuasa

Penulis: Maryamah Karpov Rubrik: Keluarga

TERUSKAN.COM – Puasa adalah keadaan dimana kita menahan hawa dan nafsu untuk berbagai hal.  Mungkin bagi orang dewasa, hal ini tidak begitu sulit. Namun bagaimana dengan anak-anak?

Anak-anak yang pada umumnya belum mengerti mengenai puasa memerlukan pemahaman dan pemahaman lebih dari orang tua. Karena itu, sebagai orang tua sudah menjadi keharusan untuk membimbing mereka, terlebih jika anak sudah memasuki usia 7 tahun.

Tips Mengajarkan Anak Berpuasa

Loading...

Berikut tips sederhana mengajarkan anak agar tertarik menjalankan ibadah puasa sedini mungkin:

1. Sahur itu Menyenangkan

Sahur akan menjadi waktu yang sulit untuk membangunkan anak. Saat mereka sudah bersusah payah menahan kantuk, buat suasana sahur Anda dan keluarga menjadi menyenangkan.

Anda juga dapat menyiapkan hidangan favorit mereka untuk menambah semangat dan nafsu makan mereka agar tahan saat menjalankan ibadah puasa.

2. Bulan Spesial

Beritahukan anak Anda mengenai keistimewaan dari Bulan Ramadhan. Bulan Ramadhan hanya datang satu kali dalam setahun. Selain itu, saat menjalankan ibadah puasa, pahala akan dilipat gandakan karena itu penting untuk anak Anda mengetahuinya.

3. Dibelenggunya Mahluk Menakutkan

Ya, sebagian besar anak mungkin seringkali takut dengan keberadaan hantu atau mahluk gaib lainnya. Yakinkan bahwa mereka tidak perlu takut lagi saat memasuki Bulan Ramadhan karena di bulan suci ini mereka akan dibelenggu, hingga tidak akan mengganggu bahkan muncul dalam mimpi mereka.

Hal ini pastinya menjadi hal yang menyenangkan untuk anak ketahui.

4. Mengajarkan Disiplin

Menjalankan ibadah puasa juga menjadi salah satu cara untuk mengajarkan disiplin pada anak. Mengapa? Saat berpuasa anak-anak akan diberikan waktu untuk menahan rasa lapar hingga waktu berbuka tiba, sehingga secara tidak langsung akan menjadi tanggung jawab mereka untuk menyelesaikannya.

5. Berikan Reward (Hadiah)

Meskipun tidak bisa dilakukan secara terus menerus setiap tahunnya, tetapi cara ini bisa dikatakan sangat efektif untuk mengajak anak melakukan puasa.

Janjikan mereka dengan hadiah seperti mainan, berlibur, jalan-jalan, buku bacaan atau apapun yang mereka inginkan, sehingga mereka dengan senang hati melakukan puasa hingga tiba Hari Lebaran.

Tetapi perlu diingat untuk tidak melakukan hal ini terus menerus karena akan membuat anak melakukan ibadah puasa hanya demi sebuah hadiah, bukannya karena sebuah kewajiban dan tanggung jawab nantinya.

6. Puasa itu Sehat

Puasa sama sekali bukan hal yang menyakitkan. Jika anak Anda berpikir puasa seperti itu, berikan penjelasan bahwa puasa sebenarnya menyehatkan. Saat berpuasa, seluruh racun akan keluar dan organ tubuh akan menjadi sehat.

Melatih anak menjalankan ibadah puasa tidak sulit jika Anda mengajarkan dan memberikan pemahaman dengan baik. Selain puasa, jangan lupa ajarkan anak untuk shalat saat Bulan Ramadhan.

Semoga bermanfaat.

(photo: tribunnews.com)