Loading...

Makanan Penahan Rasa Lapar di Malam Hari

Penulis: Nila Rubrik: Kesehatan

Makanan Penahan Lapar di Malam HariTERUSKAN.COM – Apakah Anda pernah sekali waktu mengalami kesulitan tidur, terutama ketika malam hari, sehingga sering terbangun dengan kondisi perut lapar? Padahal porsi makan malam sebelumnya sudah mencukupi.

Tentunya Anda perlu mengetahui jenis makanan atau minuman yang mengandung lemak rendah dan karbohidrat atau protein tinggi serta baik dikonsumsi pada malam hari agar membantu tidur menjadi lebih nyenyak.

Namun, Anda harus berhati-hati dalam memilih makanan yang sehat dan bergizi. Berikut makanan penahan lapar rekomendasi dari kami:

Loading...

1. Alpukat dan Apel

Sebuah penelitian kesehatan menjelaskan bahwa zat asam yang terkandung di dalam daging buah alpukat merupakan lemak jenuh tunggal, yang berfungsi memberitahu otak bahwa perut Anda masih kenyang.

Mengonsumi setengah buah alpukat berarti Anda sudah makan makanan sebesar 140 kalori. Sedangkan untuk buah apel, selain enak dimakan karena rasanya yang segar, juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh Anda.

Kandungan besi yang tinggi dan kaya serat berfungsi membantu menghasilkan oksigen di dalam tubuh, oleh karenanya bisa menjaga perut kenyang lebih lama. Anda boleh mengkonsumsi buah apel sebelum tidur.

Nah, Anda tahu alpukat memiliki dosis besar lemak tak jenuh tunggal, tetapi mereka juga memiliki sejumlah besar serat. Satu buah alpukat memiliki sekitar 13,5 gram gizi mengisi.

2. Selada dan Sup Bening

Sayuran hijau ini menyegarkan dan kaya serat. Dapat membantu Anda merasa kenyang lebih cepat dan tahan lama, juga baik untuk diet karena selada merupakan sayuran yang tergolong ke dalam makanan rendah kalori.

Sup sayur bening dan rebusan tulang dapat memberikan tenaga cukup sepanjang malam ketika Anda tidur, sehingga tidak mudah merasa lapar.

Oleh karenanya, sup bening lebih baik dikonsumsi pada waktu malam hari dibandingkan tipe sup yang kental dan banyak mengandung bumbu. Perbanyak sayuran dan kurangi daging.

3. Biji-bijian

Biji – bijian menyebabkan proses pencernaan melambat sehingga perut tetap merasa kenyang ketika malam hari. Anda dapat mengonsumsi gandum atau sereal dengan kadar gula rendah dan tingkat vitamin B kompleks cukup tinggi.

Hal ini membantu Anda menjaga otak tetap waspada dan merangsangnya untuk menjaga kondisi perut tetap kenyang. Anda boleh mengonsumsi makanan ini sebelum tidur sehingga tidur menjadi lebih nyenyak.

4. Keju

Keju kaya akan kandungan tiamin yang membantu Anda merasa tetap fit dan bugar. Anda dapat mengonsumsi keju sebagi cemilan dengan mencampurkan bahan lain seperti roti gandum. Makanan ini akan membuat Anda merasa lebih lama kenyang di malam hari.

Makanan alami tinggi serat adalah kunci ketika Anda ingin mendapatkan nutrisi dan tidak menginginkan perut Anda menggerutu satu jam kemudian. Anda harus memilih makanan yang mencakup sumber serat.

(photo: www.healthyfoodvitality.com)