Loading...

Tanda Stres dan Cara Mengatasinya

Penulis: Mayrani Rubrik: Kesehatan

TERUSKAN.COM – Meskipun kita semua memiliki beberapa tingkat stres dalam hidup kita, ia dengan mudah dapat berujung dengan berat badan bertambah tanpa kita menyadarinya. Atau, Anda mungkin menyadari tetapi Anda tidak ingin mengakuinya. Dan itu berita buruk bagi Anda jika Anda tidak melakukan sesuatu untuk mengatasinya.

Bagaimana Anda tahu apakah tingkat stres Anda terlalu tinggi dan mungkin mempengaruhi kualitas hidup dan kesehatan Anda?

Tanda Stres dan Cara Mengatasinya

Loading...

 

Periksa 12 tanda-tanda stres berikut dan apa yang bisa Anda lakukan untuk mengatasinya.

Tanda dan Gejala Stress

1. Merasa lelah sepanjang waktu

Dibutuhkan banyak energi untuk menangani krisis setelah krisis, sehingga Anda mungkin akan melihatnya dalam tingkat energi Anda.

Jika Anda memiliki waktu yang sulit bangun dari sofa atau hampir selalu tidak berhasil melalui hari-hari Anda tanpa keinginan tidur siang atau ingin melakukan apa pun kecuali pergi bekerja dan pulang ke rumah, kemungkinan bahwa Anda memiliki terlalu banyak stres dalam hidup Anda.

2. Secara Sosial Mengisolasi Diri

Ini bukan hal tidak biasa dalam periode stres, dimana Anda mengisolasi diri dan membatasi waktu Anda dengan orang yang dulunya teman hang out Anda. Anda mungkin menemukan bahwa Anda tidak lagi pergi ke acara sosial atau, jika Anda menemukan energi yang cukup, Anda orang terakhir yang datang dan yang pertama pergi hampir tanpa berbicara dengan siapa pun di sana.

3. Anda tidak menantikan apapun

Apakah setiap hari tampak seperti hari terakhir dan Anda tahu itu bukan sesuatu yang menyenangkan? Dengan kata lain, apakah Anda bangun setiap pagi dengan geraman tentang hari itu, mengantisipasi bagaimana orang akan membuat Anda marah? Jika Anda melakukannya, tingkat stres Anda mungkin lebih tinggi dari yang Anda pikirkan.

4. Bersikap negatif, setiap waktu

Semua orang pernah mengalami masa-masa sulit, tetapi jika ini adalah kejadian sehari-hari bagi Anda, maka Anda mungkin ingin menilai stres yang Anda alami karena dapat mempengaruhi sifat baik Anda.

5. Tidak lagi menikmati aktivitas favorit

Ketika kegiatan yang dulunya membuat Anda tersenyum membuat Anda ingin mengaku sakit dan tinggal di rumah, ini bisa menjadi tanda bahwa stres yang Anda alami bisa berbahaya.

6. Lebih gampang menangis

Beberapa orang emosional secara alami, tetapi jika hal ini tidak biasa pada Anda namun Anda menjatuhkan air mata sekali seminggu atau lebih, tingkat stres Anda bisa mempengaruhi Anda lebih dari yang Anda sadari. (Kecuali itu hanya untuk waktu singkat, maka tangisan Anda mungkin lebih berkaitan dengan hormon.)

7. Lebih banyak berteriak

Stres memiliki satu cara untuk membatasi kesabaran Anda, membuat Anda berteriak pada waktu ketika Anda biasanya akan berbicara tentang sesuatu atau bisa lebih objektif. Jadi, jika Anda mendengar, “Bu! Kenapa Ibu berteriak padaku sepanjang waktu?” dari anak Anda, mungkin Anda mengalami stress dan mencapai batas Anda.

8. Tekanan darah dan denyut jantung meningkat

Jika Anda secara teratur memonitor tekanan darah dan denyut nadi dan salah satu atau keduanya tampaknya tidak stabil, stres mungkin pelakunya. Bahkan jika Anda tidak mengujinya, Anda mungkin merasakannya melalui debaran jantung atau palpitasi.

9. Sering mengalami sakit kepala

Ketika Anda berada di bawah stres, tidak jarang mengalami sakit kepala atau migrain yang lebih sering muncul, bertahan lebih lama dan datang lebih kuat. Sebagian alasan mungkin karena Anda membawa stres pada leher dan bahu, membuat sakit kepala lebih sering dari biasanya.

10. Tubuh terasa nyeri

Selain sakit kepala lebih sering, ketegangan di seluruh otot Anda yang lain bisa membuat nyeri pada tubuh juga. Bahkan mungkin terasa seolah-olah Anda sudah mengalami kecelakaan atau seperti akan terkena flu.

11. Memiliki masalah gastrointestinal

Apakah Anda memiliki serangan diare biasa atau umumnya menderita sakit perut? Seberapa sering Anda berurusan dengan sakit perut atau merasa mual? Jika banyak, stres mungkin penyebabnya.

11. Lebih banya mengonsumsi alkohol atau obat-obatan

Jika Anda menemukan bahwa Anda memiliki waktu yang sulit menjauh dari alkohol dan/atau obat-obatan, atau bahwa Anda mengonsumsi dalam jumlah yang lebih banyak, Anda perlu memeriksa tingkat stres Anda.

Cara Mengatasi Stres

Jika Anda memiliki beberapa tanda di atas, maka sudah saatnya untuk mengambil tindakan agar tidak mempengaruhi Anda lebih buruk lagi. Jikatidak, Anda bisa terkena serangan jantung, stroke, atau bahkan kematian dini. Untungnya, ada beberapa pilihan yang cepat dan mudah yang akan membantu Anda.

– Bernapas

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah bernapas. Fokus pada pernapasan sehingga Anda mengambil oksigen jauh ke dalam paru-paru dan menenangkan tubuh dan pikiran Anda pada waktu yang sama.

Untuk melakukannya, temukan tempat yang tenang untuk duduk, tutup mata Anda dan bernapas hingga hitungan keempat, tahan selama empat hitungan, lalu buang napas hingga empat hitungan. Jika membantu, letakkan tangan kanan di perut Anda dan merasa rasakan naik dan turunnya dengan masing-masing napas.

Lakukan ini sekali atau dua kali sehari dan Anda seharusnya mulai merasa lebih baik hampir seketika. Anda akan merasa tenang dan pikiran Anda akan lebih jelas.

– Rencanakan liburan

Mungkin waktu sulit sedikit akan membantu Anda merasa lebih bahagia dan kurang stres dan apa cara yang lebih baik untuk mendapatkannya selain berlibur?

Ambil cuti seminggu untuk berlibur ke tempat tropis dan tinggalkan masalah Anda di rumah. Jika itu tidak mungkin, setidaknya ambil 3 hari di akhir pekan di tempat yang cukup lokal (dan murah). Anda mungkin membutuhkan pemandangan yang berbeda untuk mengistirahatkan pikiran Anda.

– Merubah gaya hidup

Jika Anda menjalani gaya hidup yang cenderung menyebabkan stres berlebihan, maka mungkin Anda perlu mempertimbangkannya kembali.

Terlalu banyak drama dengan pasangan Anda? Memutuskan hubungan mungkin lebih baik. Terlalu banyak stres di tempat kerja? Cari pekerjaan meskipun dengan bayaran lebih sedikit mungkin lebih baik, jika Anda menghabiskan lebih sedikit pada tagihan medis karena tekanan darah tinggi dan nyeri dada.

– Melakukan perawatan

Konsumsi makanan sehat, batasi asupan kafein Anda, dan minum lebih banyak air. Sisihkan rokok, alkohol, dan obat-obatan dan lakukan olahraga yang melepaskan endorfin secara alami sebagai gantinya.

– Konsultasi dengan dokter

Jika Anda mencoba semua hal ini dan Anda masih merasa seolah-olah stres belum pergi, mungkin sekarang saatnya untuk berkonsultasi dengan dokter. Anda mungkin perlu obat anti-depresan atau anti-kecemasan.

Anda juga dapat memilih untuk melihat seorang terapis atau konselor untuk membantu mengurangi stres Anda. Kadang-kadang hanya berbicara dengan orang asing sudah cukup untuk membantu Anda menenangkan ketakutan dan kekhawatiran Anda.

(photo: youqueen.com)