Loading...

7 Jenis Minyak Untuk Perawatan Kulit

Penulis: Maryamah Karpov Rubrik: Kesehatan, Wanita

7 Jenis Minyak Untuk Perawatan KulitTERUSKAN.COM – Minyak adalah lotion tradisional yang memiliki manfaat sama dengan lotion pada umumnya. Lotion sangat bagus untuk melembabkan kulit pada tubuh Anda, tetapi minyak memberikan banyak manfaat dibandingkan lotion.

Minyak akan memberikan antioksidan dan nutrisi lainnya pada kulit Anda sehingga akan membuatnya terlihat lebih muda dan segar.

Ada beberapa jenis minyak yang diyakini akan sangat baik jika diterapkan pada kulit, diantaranya ialah sebagai berikut, dilansir dari AllWomenStalk:

Loading...

1. Minyak Argan

Minyak ini sangat baik untuk digunakan saat akan beraktivitas. Bahkan beberapa selebriti menggunakannya saat beraktivitas.

Minyak argan berasal dari kacang pada pohon argan. Minyak ini mengandung vitamin E, asam lemak dan antioksidan dimana ini semua adalah nutrisi yang memiliki peran besar dalam kesehatan dan kecantikan kulit Anda

2. Olive Oil

Olive oil atau yang dikenal dengan minyak zaitun ini kaya akan kandungan antioksidan yang membantu memerangi kerusakan sel yang dapat menyebabkan kanker kulit dan sejumlah masalah lain.

Ini juga merupakan pilihan yang cocok untuk memerangi kulit bersisik dan kering. Di samping semua keuntungan itu, minyak zaitun sangat mudah untuk ditemukan dan lebih terjangkau daripada jenis minyak lainnya.

Selain dapat menggunakannya langsung, mencampur minyak zaitun dengan gula dapat juga digunakan sebagai exfoliator.

Tips: Karena terdapat beberapa jenis minyak zaitun, minyak zaitun tanpa penyaringan (extra virgin olive oil) akan lebih baik dibanding minyak zaitun yang telah menjalani beberapa proses penyaringan

3. Minyak Kelapa

Saya yakin Anda pernah mendengar tentang manfaat minyak kelapa untuk rambut Anda, dan ini juga berlaku unutk kulit Anda. Minyak kelapa dapat digunakan untuk menghapus make-up dan dapat membantu memudar bintik-bintik gelap pada kulit Anda.

Selain itu, minyak kelapa juga memiliki komponen SPF alami sehingga saat digunakan pada kulit akan memberikan sedikit pelindungan dari sinar matahari.

4. Minyak Biji Anggur

Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana minyak akan memberikan keuntungan pada kulit wajah Anda jika Anda sudah memiliki kulit yang berminyak?

Nah, ternyata minyak grapeseed atau minyak biji anggur adalah pilihan yang sempurna untuk kulit berminyak. Mengapa? Minyak biji anggur akan membantu mengatur produksi minyak kulit Anda. Selain itu, ia juga sarat dengan vitamin C yang akan membuat kulit Anda terlihat sehat dan segar.

5. Tea Tree Oil

Tea tree oil sangat ideal jika Anda memiliki masalah dengan kulit berjerawat. Menurut banyak ahli, Anda tidak akan mengalami kerusakan kulit seperti produk penghilang jerawat lainnya sehingga akan aman saat digunakan.

6. Minyak Blackcurrant

Mungkin minyak blackcurrant lebih sulit ditemukan dan belum banyak diketahui dibandingkan jenis minyak lainnya. Meskipun belum begitu beredar, tetapi minyak blackcurrant ini bisa dikatakan sebagai minyak yang sempurna jika Anda perlu untuk memperbaiki kulit Anda karena mengandung anti-inflamasi dan penuh asam lemak.

Minyak ini dapat memperbaiki beberapa masalah kulit seperti kerusakan akibat sinar matahari, cuaca atau bahkan iritasi yang disebabkan oleh perawatan wajah.

7. Minyak Marula

Minyak jenis ini lebih sulit ditemukan dibanding minyak blackcurrant. Untuk Anda yang memiliki jenis kulit sensitif, minyak ini sangat cocok untuk Anda karena memiliki kandungan  asam oleat yang tinggi.

Saat akan menggunakan minyak pada tubuh Anda, akan lebih baik menggunakannya di kamar mandi sehingga tidak perlu khawatir akan terkena pakaian. Jika Anda hanya menggunakannya sehari-hari, cukup meletakkannya pada botol spray yang dapat Anda bawa kemana-mana.

Jika Anda memiliki penyakit kulit atau kondisi lain, konsultasikan dengan dokter kulit Anda sebelum menggunakan minyak.

(photo: www.iskinfab.com)