Loading...

6 Lagu Anak Yang Populer Untuk Diajarkan

Penulis: Maryamah Karpov Rubrik: Keluarga, Wanita

TERUSKAN.COM – Berabad-abad yang lalu, ibu  yang sedang mengandung sering kali bersenandung untuk bayi saat masih berada di dalam kandungan maupun setelah bayinya lahir. Bukan hanya menjadi hobi sang ibu ataupun alasan lain, tetapi bersenandung juga bisa membuat ikatan antara ibu dan anak menjadi lebih erat.

Kebanyakan ibu senang mengulang lagu yang sering mereka dengar dari masa kecilnya sendiri, lagu ciptaan mereka sendiri atau bahkan daerah yang kenyataannya lebih terdengar indah dibandingkan lagu lain. Beberapa ibu juga memilih jenis musik klasik untuk didengarkan bersama anak, terlebih jika mereka masih mengandung. Yah, dan ini memberikan pengaruh besar pada anak dan ibu.

Selain itu, ada juga beberapa jenis lagu anak populer yang biasanya sering ibu nyanyikan dan dengarkan pada anak mereka seperti yang dapat Anda simak pada artikel di bawah ini.

Loading...

6 Lagu Anak Yang Populer Untuk Diajarkan

1. ABCD

Siapa yang tidak kenal dengan lagu anak ini. Bahkan saat di TK, anak-anak masih akan diajarkan untuk menyanyikan lagu ini. Lagu yang membantu anak untuk menghafal huruf atau abjad, ternyata lebih baik jika dinyanyikan dari pada harus menghafalnya.

Menggunakan nada yang ringan juga membuat anak lebih cepat menghafalnya. Bukan hanya huruf, ada juga nyanyian dengan menggunakan angka.

2. Twinkle – twinkle Little Star

Meskipun lagu ini berasal dari barat, tetapi menjadi salah satu lagu anak yang paling mudah di ingat. Lagu yang menceritakan tentang keindahan bintang ini akan melatih anak dalam menggunakan bahasa Inggris.

Meskipun pengucapan mereka tidak terlalu bagus, tetapi memberikan manfaat dan sedikit gambaran pada mereka mengenai bahasa lain disamping bahasa yang mereka gunakan.

3. Naik-naik Ke Puncak Gunung 

Saat berpergian jauh, lagu ini paling banyak dinyanyikan anak-anak. Meskipun mereka tidak mendatangi tempat yang memiliki pemandangan gunung, tetapi lagu ini sangat identik dinyanyikan saat liburan bersama keluarga.

4. Pelangi-pelangi

Menggambarkan keindahan dari pelangi yang memiliki beberapa warna, membuat anak-anak senang mendengarkan saat ibu mereka menyanyikannya atau mereka bernyanyi bersama teman sebaya mereka.

Lagu ini menceritakan tentang keindahan pelangi yang memiliki tiga warna (merah, kuning dan hijau) pada langit saat hujan berhenti. Bentuk pelangi yang melengkung jauh dengan warna yang menumpuk membuatnya terlihat seperti gerbang.

5. Anak Ayam

Jika ingin membuat anak Anda belajar sambil bermain, lagu ini sangat tepat untuk dinyanyikan. Menggunakan anak ayam untuk belajar menjumlah akan lebih mudah untuk anak dibanding harus menggunakan angka saja.

6. Kebunku

Selain angka, warna dan hewan, tumbuhan juga bisa diubah menjadi lagu yang menyenangkan. Yah, lagu kebunku menggambarkan tentang keadaan kebun seorang anak yang memiliki bunga mawar dan melati.  Selain itu juga, lagu ini mengajarkan pada anak untuk rajin merawat dan menyiram tanaman mereka agar tumbuh subur dan kebun mereka terlihat indah.

**

Masih ada beberapa jenis lagu seperti cicak di dinding, kapiten, balonku dan masih banyak lagu jenis lagu anak yang bisa dinyanyikan bersama mereka. Lagu yang dinyanyikan sesuai dengan usia anak lebih baik dibandingkan Anda harus mendengarkan pada mereka lagu yang tidak sesuai dengan usianya.

Semoga bermanfaat.