Loading...

Manfaat Daun Sirih Untuk Kesehatan

Penulis: Nuzulia Rubrik: Kesehatan, Wanita

Manfaat Daun Sirih Untuk KesehatanTERUSKAN.COM – Daun sirih adalah salah satu tanaman apotek hidup yang terkenal di Indonesia. Tanaman asli indonesia yang memiliki nama latin piper betle ini tumbuh dengan cara merambat.

Ciri dari tanaman daun sirih adalah daunnya yang berbentuk jantung dengan bentuk yang berselang seling dengan ujung yang runcing. Tanaman ini dapat tumbuh hingga ketinggian 15 meter. Terdapat dua jenis daun sirih, yaitu daun sirih merah dan daun sirih hijau.

Ada beberapa kandungan yang terdapat dalam daun sirih, terlebih saat sudah diproses menjadi minyak atsiri, diantaranya ialah betlephenol, seskuiterpen, diatase, gula, dan lain-lain.

Loading...

Ternyata, daun sirih tersohor sebagai salah satu tanaman apotek hidup karena memiliki segudang manfaat bagi kesehatan manusia. Nah, apa saja manfaat dari daun sirih?

1. Menjadikan Gigi Kuat 

Daun sirih dipercaya dapat membuat gigi menjadi kuat dan tidak mudah berlubang. Pada jaman dahulu, orang-orang memanfaatkan daun sirih sebagai bahan kunyahan (orang jawa menyebutnya “nginang’’).

Daun sirih dikunyah bersama dengan gambir, dan pinang. Cara ini diyakini dapat membuat gigi menjadi kuat dan tidak mudah berlubang.

Daun sirih dapat pula digunakan untuk mengobati gigi dan gusi yang bengkak. Caranya dengan berkumur menggunakan air rebusan daun sirih hijau secukupnya. Hal ini juga dapat menghilangkan bau mulut.

2. Mengobati Keputihan dan Melancarkan Haid

Sirih sejak jaman dahulu juga digunakan oleh wanita untuk menjaga kesehatannya. Meminum air rebusan daun sirih secukupnya, diyakini dapat menghilangkan keputihan dan melancarkan haid.

Selain itu, ia juga dapat menghilangkan bau badan tak sedap. Air rebusan daun sirih juga biasa digunakan untuk membasuh vagina.

3. Mengobati Mimisan

Mimisan, kondisi dimana darah keluar dari hidung, juga dapat diobati dengan daun sirih. Caranya, ambil selembar daun sirih, bersihkan, lalu gulung daun sirih. Sumbatkan daun sirih pada hidung, untuk menghentikan aliran darah yang keluar dari hidung.

4. Mengobati Gatal di Kulit

Daun sirih juga dapat dimanfaatkan untuk menyembuhkan gatal-gatal. Seperti apabila terkena biduran, Anda dapat menggunakan daun sirih untuk membantu menghilangkannya.

Caranya, rebus daun sirih secukupnya. Lalu campurkan air rebusan daun sirih tersebut dengan air dingin. Gunakan untuk mandi.

Selain biduran, daun sirih juga bisa digunakan untuk membantu menyembuhkan mata gatal dan merah. Caranya dengan membasuh mata yang gatal dan merah dengan air rebusan daun sirih secukupnya.

Selain manfaat yang telah disebutkan di atas, masih ada manfaat lain yang bisa kita dapatkan dari daun sirih, seperti untuk menyembuhkan diare, asma, radang tenggorokan, bronkitis, eksim, dan lain sebagainya. Selain itu, daun sirih bisa juga digunakan untuk menghilangkan jerawat.

Ada banyak sekali manfaat yang bisa diambil dari alam. Anda dapat menggunakan tanaman yang ada di sekitar untuk membantu menjaga kesehatan.

Semoga bermanfaat.

(photo: http://klikdokter.com/)