Loading...

Tips Memilih Sabun Wajah

Penulis: Nila Rubrik: Kesehatan, Wanita

TERUSKAN.COM – Wajah yang berminyak memang rentan dengan jerawat dan kulit kusam akibat debu dan kotoran yang menempel saat beraktifitas di luar rumah, sehingga berpengaruh terhadap produksi minyak.

Faktor lain yang menyebabkan kulit wajah mudah berminyak adalah hormon, pemilihan kosmetik yang salah atau gaya hidup tidak sehat seperti kebiasaan merokok berlebihan dan terlalu sering begadang.

Tips Memilih Sabun Wajah

Loading...

Wajah berminyak tentu sangat bermasalah, oleh karenanya membutuhkan perawatan kulit wajah ekstra untuk mendapatkan kulit tampak alami, segar dan bebas jerawat.

Berikut ini beberapa tips dan trik penting tentang cara merawat kulit wajah bermasalah, terutama wajah yang berminyak dan kusam:

Perawatan Dasar

Rajin melakukan perawatan dasar dengan mencuci muka, usahakan dua kali dalam sehari. Jangan malas untuk membersihkannya, baik itu hanya dengan memakai air bersih saja atau dengan sabun.

Anda juga bisa mengusap wajah dengan menggunakan kertas khusus penyerap minyak saat wajah sedang berminyak-minyaknya, tepuk-tepuk menggunakan jari dengan pelan. Jangan sembarang mengusap karena wajah kita mudah terkena iritasi atau hiasan makeup menjadi berantakan.

Memilih Sabun Wajah

Dalam memilih sabun pun Anda harus berhati-hati, jangan sampai justru karena salah pilih sabun menyebabkan kulit wajah semakin bermasalah.

Sabun wajah biasanya mengandung bahan aktif tambahan dan memiliki kandungan deterjen sintetik, gunanya sebagai bahan pembersih. Penggunaan kedua bahan ini dapat membantu kita dalam membedakan jenis sabun mana yang baik digunakan untuk menjaga kebersihan dan perawatan kulit wajah kita yang bermasalah.

Hindari menggunakan sabun wajah anti- jerawat (anti acne) terutama pada jenis kulit wajah yang super sensitif. Karena kandungan deterjen yang ada dalam sabun anti jerawat ini berpengaruh, dapat menyebabkan kulit kering dan mudah terjadi iritasi. Jadi hindari sabun dengan kandungan deterjen yang tinggi.

Scrub, merupakan sabun pembersih yang bertujuan untuk mengangkat sel-sel kulit mati. Biasanya jenis sabun ini memiliki butiran-butiran halus atau kasar. Untuk perawatan wajah sehar -hari, gunakanlah sabun scrub yang memiliki butiran halus.

Scrub dengan butiran kasar sangat baik digunakan untuk perawatan wajah seminggu sekali. Jika dipakai sebagai sabun pembersih sehari-hari akan berpengaruh buruk terhadap kesehatan kulit, bukan hanya sel-sel kulit mati saja yang terangkat, tetapi juga dapat menyebabkan iritasi berat.

Sabun yang baik untuk perawatan wajah sehari-hari adalah sabun berbahan dasar alami. Hindari sabun yang berbahan dasar pewangi (ekstrak pewangi) yang ada pada jenis -jenis sabun wajah tertentu karena campuran bahan kimia didalamnya bisa merusak sel kulit wajah.

Perhatikan juga warna sabun yang digunakan, hindari memakai sabun dengan bahan pewarna yang terbuat dari bahan kimia. Zat kimia berlebih pada sabun wajah dapat menyebabkan kerusakan kulit pada wajah.

 (photo: http://yyah.hubpages.com)