Loading...

Aneka Takjil Manis Untuk Berbuka Puasa

Penulis: Nanie Rubrik: Keluarga

TERUSKAN.COM – Berbukalah dengan yang manis! Slogan ini akan selalu menjadi acuan saat akan berbuka puasa. Selain itu, berbuka dengan makanan yang manis juga sudah menjadi tradisi yang dilakukan sejak dulu.

Makanan yang manis akan mengembalikan energi yang hilang selama menjalankan ibadah puasa selama seharian. Makanan manis juga akan menahan rasa lapar sementara Anda menjalankan shalat maghrib.

Berikut kami ulas beberapa jenis makanan buka puasa atau takjil manis yang bisa Anda nikmati saat berbuka nanti.

Loading...

Aneka Takjil Manis Untuk Berbuka Puasa

1. Kurma

Takjil manis satu ini sudah pasti akan berada di atas meja makan Anda saat akan berbuka puasa. Rasanya yang manis, membuat kurma menjadi pilihan tepat untuk dijadikan takjil saat berbuka. Selain itu, kurma juga memberikan energi instan yang akan membuat Anda bersemangat lagi.

Selain itu, kurma juga disunnahkan nabi untuk dimakan saat akan berbuka puasa. Jika Anda tidak begitu suka dengan kurma, Anda dapat menikmati kurma yang telah diolah menjadi kue atau cake.

2. Kolak

Menu takjil manis ini dapat Anda dapat temukan dalam berbagai jenis, seperti kolak pisang, ubi, atau labu kuning. Rasa manis dari perpaduan gula merah dengan pisang, ubi atau labu kuning ditambah dengan santan dan daun pandan sangat nikmat saat disajikan dalam keadaan hangat.

Tetapi perlu diingat, karena kolak menggunakan santan, setelah selesai mencicipinya simpan dalam lemari es agar tidak basi. Selain itu, santan juga akan membuat Anda merasa kenyang karena itu takar kolak sesuai dengan kondisi perut agar nantinya Anda dapat menikmati makan malam.

3. Kue Basah 

Kue basah menjadi  menu takjil yang tidak kalah populernya untuk dicari dan dijual saat berbuka puasa. Beberapa kue basah yang memiliki rasa manis seperti putu mayang, kue bikang, wajik, kue lumpur, getuk lindris, kue talam, dadar gulung, lupis, serabi dan onde-onde sering kali menjadi menu takjil saat berbuka.

4. Puding

Saus fla dan puding itu sendiri terasa nikmat saat Anda menyantapnya dalam keadaan dingin bukan? Menu takjil yang memiliki tekstur yang lembut dan sangat mudah dicerna ini juga menjadi pilihan untuk berbuka.

Puding dapat Anda nikmati dalam berbagai rasa dengan saus fla yang  juga memiliki rasa.

4. Es Buah

Menu takjil terakhir ini memiliki manfaat ganda untuk Anda. Selain energi, es buah juga memberikan manfaat vitamin.

Menggunakan beberapa jenis buah seperti pepaya, nangka, semangka, melon, nata de coco, dan sedikit tambahan sirup dan susu sangat pas dinikmati dalam keadaan dingin dengan sedikit serutan es batu diatasnya.

Beberapa menu takjil manis di atas hanyalah sebagian saja. Masih ada beberapa menu takjil manis seperti pisang ijo, kolak biji salak, es campur dan menu-menu lainnya yang dapat Anda nikmati saat berbuka bersama keluarga.

Selamat berbuka puasa!

(photo: www.republicday.in)