Loading...

3 Efek Negatif Radiasi Telepon Genggam

Penulis: Nuzulia Rubrik: Kesehatan

Efek Negatif Radiasi Telepon Genggam

TERUSKAN.COM – Telepon genggam, benda kecil yang selalu ada dalam genggaman kita, yang dalam keseharian kita sebut dengan handphone saat ini bukanlah alat komunikasi belaka. Telepon genggam seakan sudah menjadi gaya hidup masyarakat Indonesia.

Seberapa tinggi strata sosial seseorang dapat dilihat dari berapa banyak telepon genggam yang dimiliki seseorang, apa merknya, dan seberapa canggih telepon genggam tersebut.

Loading...

Dalam keseharian kita, telepon genggam seakan tak pernah lepas dari genggaman kita. Rasa – rasanya ada yang kurang atau terasa hilang saat kita lupa membawa telepon genggam. Untuk sebagian orang bahkan merasa “mati gaya” jika tak menggenggam benda yang satu ini. Bahkan sampai – sampai saat tidur, telepon genggam–lah yang menemani kita.

Telepon genggam memang memiliki peranan yang sangat vital karena fungsinya sebagai alat komunikasi. Telepon genggam dapat mempersingkat jarak dan waktu saat kita hendak berkomunikasi dengan orang lain, dimanapun dan kapanpun. Dengan hanya sekali klik nomor telepon yang dituju, kita dapat berkomunikasi dengan orang yang kita inginkan.

Namun, tahukah anda terlalu sering menggunakan telepon genggam dapat berefek buruk bagi kesehatan kita? Salah satu penyebabnya adalah radiasi yang timbul dari telepon genggam.

radiasiponsel

Apa saja efek negatif dari radiasi telepon genggam? Simak yuk pemaparan berikut ini:

1. Dapat mengganggu ingatan seseorang

Ketika kita menelepon dalam jangka waktu yang lama tanpa menggunakan headset, telinga kita akan sangat mungkin terpapar oleh radiasi telepon genggam, dan ini bisa mengganggu daya ingatan seseorang.

2. Dapat menyebabkan hilangnya pendengaran

Tak hanya menngganggu ingatan seseorang, jika kita terlalu lama menelepon tanpa menggunakan headset, hal ini juga dapat menyebabkan hilangnya pendengaran. Radiasi yang dipancarkan oleh telepon genggam bisa merusak gendang telinga. Hal ini bisa berakibat buruk dengan hilangnya pendengaran.

3. Dapat mengganggu kehamilan

Menggunakan telepon genggam terlalu lama atau terlalu sering juga dapat berefek negatif pada kehamilan, utamanya terhadap janin yang sedang di kandung oleh si ibu hamil. Radiasi yang memancar dari telepon genggam dapat mengganggu perkembangan otak janin, yang dapat menimbulkan perilaku hiperaktif.

Hiperaktif adalah gangguan perkembangan dalam peningkatan aktivitas motorik anak-anak hingga menyebabkan aktivitas yang tidak lazim dan cenderung berlebihan.

Gangguan terhadap perkembangan otak janin yang disebabkan oleh radiasi telepon genggam juga dapat menurunkan kemampuan otak yang dapat berujung pada lemahhnya daya ingat.

**

Untuk itu kita harus bijaksana dalam menggunakan telepon genggam agar kita dapat terhindar dari efek negatif radiasi telepon genggam.

Kita dapat melakukam hal – hal kecil seperti menggunakan headset saat akan menelepon atau mendengatkan musik dari telepon genggam, karena akan menjauhkan kita dari radiasi yang ditimbulkan oleh telepon genggam saat menggunakannya.

Selain itu, minimalisir penggunaan telepon genggam saat sinyal tinggal satu bar atau pada saat sinyal tidak stabil. Hal yang sama juga harus dilakukan saat baterei telepon genggam tinggal sedikit. Jika kita menggunakan telepon genggam pada dua kondisi tadi, telepon genggam akan bekerja keras dan hal ini dapat memungkinkan terjadinya radiasi yang lebih besar.

Semoga bermanfaat.