Loading...

Homesick? 9 Cara Sederhana Agar Selalu Merasa di Rumah

Penulis: Mayrani Rubrik: Wisata

TERUSKAN.COM – Apakah Anda pindah ke luar negeri untuk bekerja, seorang mahasiswa yang memilih untuk belajar di luar negeri, atau memutuskan untuk membuat perubahan besar, menemukan rumah baru bisa sangat menakutkan.

Siapapun yang selalu bepergian akan setuju bahwa memiliki ‘rumah’ di begitu banyak tempat yang berbeda secara paradoks dapat menyebabkan Anda merasa seperti tidak memiliki rumah sama sekali. Rumah adalah tempat di mana hati Anda berada, tapi bisa sulit ketika hati secara emosional dan spiritual juga berpindah dari satu tempat ke tempat lain.

Homesick? 9 Cara Sederhana Agar Selalu Merasa di Rumah

Loading...

Berikut adalah 9 cara sederhana untuk benar-benar merasa di rumah di mana pun Anda berada:

1. Ciptakan tempat yang aman

Di mana pun Anda berada, atur kamar Anda dengan cara yang sama.

Manusia menemukan kenyamanan dengan hal yang familiar, sehingga sesuatu yang sederhana seperti posisi tidur Anda, arah yang Anda hadapi ketika Anda tidur, atau di mana Anda biasanya meletakkan meja Anda, semua sangat efektif dalam memungkinkan Anda untuk merasa di rumah.

2. Sedikit sentimental

Setiap orang memiliki sesuatu yang mereka menghargai. Mungkin cincin dari ibu, jam tangan dari ayah, atau surat dari seorang teman. Bawa salah satunya ke manapun Anda bepergian. Anda akan menemukan hal yang akan sangat membantu saat Anda merasa sedikit down.

3. Sadar lingkungan

Beberapa pekerjaaan mengharuskan untuk selalu berada di lingkungan baru. Berjalan-jalanlah di sekitar lokasi baru Anda, serapi dan akrabi lingkungan Anda. Biarkan diri Anda untuk membiasakan diri.

4. Pelajari bahasa mereka

Jika Anda benar-benar ingin dirangkul oleh masyarakat lokal, pastikan untuk mengambil kamus dan mulai mempelajari beberapa kata. Jika Anda berada di negara lain yang berbahasa Inggris, pelajari beberapa bahasa sehari-hari atau tiru aksen mereka sehingga mereka tertawa!

Dalam waktu singkat Anda akan memiliki banyak teman yang akan mengundang Anda mengunjungi rumah mereka.

5. Tetap terhubung

Hobi dan gairah hidup Anda adalah hal-hal yang tidak pernah meninggalkan Anda. Carilah kelompok dan pertemuan sosial yang menyangkut hal-hal yang Anda gemari.

Hubungan baik bersifat universal dan memberi Anda perasaan seperti berada di rumah sendiri.

6. Coba sesuatu yang baru

Cara yang baik untuk mengurangi kecemasan saat berada di lingkungan baru ialah untuk meregangkan diri di luar zona kenyamanan Anda sendiri. Selalu mencoba sesuatu yang baru.

Mulailah dengan hanya satu bidang kehidupan Anda, jadikan mencoba sesuatu yang baru sebagai kebiasaan, lakukan setiap seminggu sekali. Lakukan hobi baru, mengunjungi sebuah museum seni, dan sebagainya. Menjadikan hal yang tidak begitu familiar menjadi familiar.

7. Cintai aksen Anda

Mendengar aksen asli Anda keluar sesekali saat berada di negara baru tentunya mengasyikkan. Apakah Anda pergi ke pub lokal atau bar backpacker, dan temui beberapa orang ‘lokal’ dari negara Anda sendiri di sisi lain dunia.

8. Siapa tim Anda?

Entah itu sepak bola, basket, hoki, atau bisbol, bersorak untuk tim negara Anda adalah cara yang pasti untuk mendapatkan perasaan hangat seperti di rumah. Cari tahu kapan pertandingan besar berikutnya dan di mana pertandingan akan ditampilkan.

9. Carilah makanan favorit Anda

Jika bisa, temukan masakan favorit dari negara Anda secara online. Tentu saja mungkin akan membutuhkan lebih banyak biaya. Ini adalah rasa dari rumah di mana pun Anda berada.

Selain itu, masakan favorit Anda mungkin disajikan di restoran di suatu tempat, carilah. Jika gagal, pergi ke toko dan beli beberapa bahan, undang beberapa teman-teman Anda, dan perkenalkan mereka pada masakan rumahan spektakuler dari negara Anda!

Dalam dunia yang semakin terhubung, di mana bepergian telah menjadi jauh lebih mudah, kesepian dan kecemasan dapat mengikuti ke manapun Anda pergi. Keluarlah dan coba lakukan beberapa langkah sederhana untuk membuat dimanapun Anda berada seperti home sweet home.

(photo: www.lifehack.org)