Loading...

6 Cara Memasukkan Biji-Bijian ke Menu Masakan Anda

Penulis: Mayrani Rubrik: Kesehatan, Resep

TERUSKAN.COM – Kacang-kacangan merupakan kegemaran banyak orang, dan telah direkomendasikan sebagai suplemen sehat dalam diet harian. Namun, karena banyak orang yang mengembangkan alergi pada kacang, kacang-kacangan mungkin tidak menjadi pilihan yang cocok untuk semua orang.

Jadi, mengapa tidak memasukkan biji ke dalam kebiasaan makan Anda. Biji pastinya lebih bergizi daripada kacang.

6 Cara Memasukkan Biji-Bijian ke Menu Masakan Anda

Biji Rami dalam Sereal

Loading...

“Kacang” Mede

Faktanya, mede adalah biji, bukan kacang. “Kacang” mede merupakan sumber antioksidan, dan mengandung mineral seperti tembaga dan fosfor.

1. Mede dalam kari

Umumnya, kacang mede panggang lezat jika dipadukan dengan kari India. Hanya menambahkan segenggam ke hidangan korma, atau aduk 1-2 genggam ke dalam beras Briyani Anda untuk menambah rasa lezat yang sehat.

2. Mede dengan sayur tumis

Banyak hidangan sayur tumis Cina menggabungkan kacang-kacangan sebagai bahan pelengkap. Berikut adalah resep sederhana dengan mede:

Bahan:

3 batang seledri, cincang diagonal
2 genggam kacang mede, panggang ringan
1 siung bawang putih, iris tipis
1 sdm minyak biji anggur
1 sdm saus tiram

Langkah-langkah:

Panaskan wajan, tambahkan minyak dan tumis irisan bawang putih hingga beraroma.
Tambahkan batang seledri cincang, dan aduk selama 3-5 menit. Tambahkan saus tiram dan aduk rata.

Terakhir, tambahkan kacang mede, dan tumis selama 2 menit sebelum disajikan.

Biji Rami

Keunikan gizi biji rami memiliki tiga aspek, dan ketiganya memainkan peran kunci dalam memberikan manfaat kesehatan yang luar biasa, yaitu kandungan asam lemak omega-3, lignan, dan kandungan getahnya yang merupakan gel pembentuk serat.

Biji rami kaya akan asam lemak omega-3. Jika diminum dalam jumlah moderat, ia baik untuk jantung. Selain itu, biji rami juga bekerja sebagai agen anti-inflamasi.

3. Biji rami dalam sereal atau yogurt

Efek gizi biji rami yang terbaik dinikmati dengan menggilingnya sebelum menambahkannya ke makanan Anda. Salah satu cara untuk menambahkannya ke diet Anda adalah menaburinya ke sereal atau yogurt Anda.

4. Biji rami panggang dalam smoothie buah

Cara lain untuk menikmati biji rami adalah menambahkannya ke dalam smoothie buah buatan Anda. Hanya baurkan beberapa biji rami untuk meningkatkan manfaat kesehatan.

Biji Wijen

Biji wijen juga mengandung tembaga dalam tingkat tinggi. Bahkan, ia memiliki tingkat yang lebih tinggi dari yang ditemukan dalam kacang mede.

Selain tembaga, biji wijen juga mengandung kalsium, besi, mangan, seng, magnesium, selenium. Banyak dari mineral ini memiliki peran penting dalam mineralisasi tulang, produksi sel darah merah, sintesis enzim, produksi hormon, serta pengaturan kegiatan otot jantung dan rangka.

Biji wijen sangat mudah digunakan sebagai bahan masakan, dan ia bekerja dengan sempurna sebagai hiasan.

5. Biji wijen dalam salad

Cara termudah untuk menikmati biji wijen adalah menaburinya di atas salad Anda. Atau, Anda dapat menambahkannya ke saus salad Anda.

6. Biji wijen pada hidangan daging

Cara lain untuk menikmatinya adalah dengan menambahkannya ke hidangan daging.

(photo: www.youqueen.com)