Loading...

9 Alasan Menakjubkan Untuk Mengkonsumsi Kale

Penulis: Ulfah Rani Rubrik: Kesehatan

9 Alasan Menakjubkan Untuk Mengkonsumsi KaleTERUSKAN.COM – Kale merupakan sayuran hijau yang termasuk dalam keluarga Brassica, sama halnya dengan kubis serta brokoli.

Jenis sayuran ini sering disebut-sebut sebagai ratunya sayuran hijau, sebab memang ada begitu banyak alasan mengagumkan mengapa Anda harus mengkonsumsi kale secara teratur.

Kale adalah sayuran yang kaya akan nutrisi dengan beberapa manfaat kesehatan yang sangat penting. Kale dapat melakukan banyak keajaiban dan dapat memberi dampak positif bagi kesehatan tubuh Anda.

Loading...

Berikut adalah 9 alasan mengapa Anda harus mulai mengkonsumsi kale:

1. Rendah kalori

Kale kaya akan serat, tidak memiliki lemak dan rendah kalori.

Secangkir kale memiliki kandungan 5 gram serat, 40 kalori dan 0 gram lemak. Ini sangat baik untuk membantu meningkatkan proses pencernaan dan membuatnya jauh lebih efisien berkat kandungan serat yang tinggi.

Kale juga mampu menurunkan berat badan, jadi pastikan untuk menambahkan sayuran hijau ini ke dalam menu diet Anda. Di samping itu, kale juga dikemas dengan vitamin, nutrisi, folat dan magnesium.

2. Kaya akan kalsium

Manfaat kesehatan yang bisa Anda dapatkan dari kale adalah sayuran ini dapat memperkuat tulang dan mengurangi risiko osteoporosis. Kale dikatakan memiliki kandungan kalsium dengan jumlah yang lebih besar dibandingkan dengan susu.

Kale membantu mencegah kehilangan tulang dan menjaga tingkat metabolisme yang sehat dan lebih efisien. Untuk tulang kuat, pastikan mengkonsumsi kale secara teratur.

3. Membantu melawan kanker

Kale termasuk dalam jenis sayuran Brassica, jadi sama halnya dengan kubis dan brokoli, sayuran ini mengandung fitonutrien pelawan kanker di dalamnya.

Ini berarti bahwa kale dapat membantu Anda mencegah bahkan melawan kanker. Tentu saja ini dapat menjadi salah satu alasan kuat untuk mengkonsumsi lebih banyak kale.

4. Membantu membersihkan racun dari tubuh

Jika Anda sedang mencari pembersih alami untuk membuang racun dalam tubuh Anda, kale adalah salah satu pilihan terbaik. Kale juga dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta meningkatkan energi tubuh Anda.

Sayuran berdaun hijau ini penuh dengan vitamin dan menjadi sumber yang sangat baik dari Vitamin A, Vitamin C, dan Vitamin K, yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda.

5. Membantu melawan kanker ovarium

Kale kaya akan antioksidan yang disebut maempferol. Banyak peneliti menemukan bahwa maempferol berkhasiat untuk membantu melawan kanker ovarium. Jadi mengapa tidak mencegah kanker dengan mengkonsumsi sayuran berdaun hijau ini.

Jika kale bukan termasuk sayur favorit Anda, cobalah menambahkannya dalam sup atau omelet Anda guna menuai semua manfaatnya.

6. Mencegah penuaan

Apakah Anda tahu bahwa kale adalah salah satu makanan yang paling kuat untuk mencegah penuaan? Kale dikemas dengan antioksidan kuat serta vitamin dan mineral. Antioksidan dalam kale dapat membantu mencegah penuaan dan berbagai penyakit serius.

Jadi sesering mungkin tambahkan kale dalam menu harian Anda. Anda juga bisa membuat camilan keripik kale untuk melawan kerutan.

7. Baik untuk kesehatan mata

Tinggi akan kandungan karotenoid, kale adalah salah satu makanan terbaik yang mempu memberi dampak positif pada kesehatan mata Anda.

Konten vitamin A dalam sayuran kale cukup tinggi sehingga mampu membantu menjaga mata Anda dari gangguan optik yang mungkin menyerang di usia muda.

Jadi, jika Anda menginginkan kesehatan mata yang baik dan penglihatan yang jelas, pastikan untuk mengkonsumsi kale setiap hari.

8. Memberi kulit, kuku serta rambut yang sehat

Keseimbangan sempurna dari asam lemak omega-3 dan omega-6 dalam kale dapat membantu merawat tubuh Anda dan menjadikannya lebih kuat, indah dan sehat.

Kandungan nutrisi dalam kale sangat penting karena berkhasiat memberikan penampilan kulit yang indah sekaligus sehat.

Selain itu, jika Anda mengalami kerusakan rambut, cobalah membuat jus kale, ini akan membantu meningkatkan elastisitas rambut Anda.

9. Rasanya lezat

Kale dapat Anda olah menjadi sayuran yang nikmat, Anda bisa menambahkan perasan air lemon dan sedikit minyak zaitun ke dalamnya, beserta dengan sedikit garam laut.

Tempatkan daun kale segar pada sebuah loyang, panggang selama sekitar 10 menit dan menikmati kale sehat ini bersama dengan seluruh keluarga. Anda dapat menjadikannya snack atau makanan ringan di rumah Anda.

(photo: http://acenutrients.com/)